Connect with us

Perkutut

Latber Tunggul Ametung Cup, Jenderal dan Erdogan jadi Bintang Lapangan

KONBUR Tayang

:

de
Jawara kelas Dewasa Bebas

Denpasar, mediaagrobur.com –  Memasuki musim lomba tahun 2021 yang masih dalam suasana pandemi Covid-19, Latber Tunggul Ametung Cup 2021 digelar, Minggu 21 Februari 2021 di Lapangan Semar Denpasar. Latber digelar ketat menerapkan protokol kesehatan.

Teknikel meeting dan diklat juri sebelum gelaran Tunggul Ametung Cup

Untuk memberikan penilaian yang terbaik, sehari sebelumnya panitia melaksanakan  teknikel metting juri sekaligus digelar diklat juri muda dengan narasumber Johny Idris. Salah seorang  juri muda Erland seusai diklat menerima sertifikat dari Ketua Pengwil P3SI Bali Budi Dharma. Dalam kesempatan itu, Budi Dharma mengingatkan bahwa sebagai juri bukan hanya mengasah kemampuan atau skill tetapi juga menjaga etika dan moral tidak saja di lapangan tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari, yang akan mempengaruhi kinerja di lapangan.

Latihan berhadiah dengan tetap ikuti protokol kesehatan

Herlan Susilo sebagai penasehat Korwil P3SI dalam kesempatan tersebut juga mengingatkan kepada juri muda bahwa yang menilai juri bukan juri itu sendiri tetapi yang menilai adalah peserta. Karena itu menjadilah juri yang diharapkan oleh peserta di Bali.

Erdogan milik H Anang AMG, melejit di kelas Dewasa Bebas

Minggu pagi, juri-juri muda itu di antaranya mendapat kesempatan untuk bertugas bersama juri-juri senior untuk menghasilkan sebuah hasil lomba yang bermutu. Seperti harapan dari ketua panitia Hariyanto, agar juri bekerja maksimal dan tidak mengecewakan pemain.

H Anang AMG diguyur air oleh H Achamad Thosan, tetap tersenyum

Alhasil dari tiga kelas yang dibuka baik kelas dewasa bebas, piyik yunior dan piyik hanging, tidak ada komplin dari peserta. Dari babak ke babak penilaian berjalan lancar, tiap bendera yang ditancapkan sesuai dengan kualitas suara dan kerjanya.

Pemilik Mama menerima medali dan piala setelah sebagai runner up di kelas Dewasa Bebas

Dari event Tunggul Ametung Cup 2021 ini Erdogan, Jenderal dan Laksamana sukses menjadi bintang lapangan. Erdogan milik H Anang AMG bergelang Arista sukses memetik kemenangan di podium utama kelas dewasa bebas setelah sukses menyabet dua kali berturut-turut bendera tiga warna di babak pertama dan kedua. Erdogan bersaing dengan Mama bergelang Sapta Pesona  milik Suparlan yang sempat sekali mendapat tiga warna di babak pertama. Sedangkan di posisi ketiga disabet Putra Mahkota bergelang Maestro Bali milik Suryanto setelah tampil ciamik sepanjang empat babak.

Jawara di kelas Dewasa Bebas

Di kelas piyik yunior, Jenderal yang baru beberapa pekan di Bali, sukses menampilkan suara emasnya. Jenderal bergelang Kramat BF ini berhasil menembus tiga warna hitam di babak pertama. Di babak kedua Jenderal kembali menunjukkan perfomanya dengan menyabet bendera tiga warna. Debutan Hariyanto Buser ini akhirnya menduduki podium utama. Di posisi kedua disabet Joko Tingkir milik Suparlan setelah beberapa kali mengantongi tiga warna.

Jenderal milik Hariyanto sukses meraih tiga warna hitam dan menduduki podium utama kelas Piyik Yunior

Masih ada gaco yang berhasil meraih tiga warna, yakni Nada Cinta yang diusung H Achmad Thosan bergelang PA BF. Nada Cinta bertengger di posisi ketiga setelah babak pertama dan kedua menembus penilaian tiga warna.

Nada Cinta yang diasuh H Achmad Thosan sabet posisi ketiga Piyik Yunior

Di laga piyik hanging, pertarungan berlangsung ketat. Debutan Jagasatru BF bergelang Sogek sukses memetik kemenangan setelah bersaing sengit dengan Joko Tarub bergelang Sapta Pesona dan Alam Surgawi bercincin JBM. Ada juga Melodi Cinta debutan H Achmad Thosan yang juga tampil apik menduduki posisi keempat.

Laksamana raih kemenangan di Piyik Hanging

Seperti biasa, tradisi penyiraman air dilakukan kepada pemilik burung yang gacoannya berhasil menduduki podium utama. H Anang AMG, Hariyanto, dan Jagasatru BF tak luput diguyur air mineral. Namun mereka tetap tersenyum lega menikmati tubuh basah untuk tetap membangun guyub rukun bersama kung mania.

Jawara Piyik Hanging

Ketua panitia Hariyanto menyampaikan terimakasih kepada seluruh kicau mania yang sudah berkenan hadir mengikuti latihan berhadiah Tunggul Ametung Cup 2021 dan sudah mengikuti protokol kesehatan, baik memakai masker yang benar, mencuci tangan dengan sabun yang sudah disiapkan panitia dan mengatur jarak aman selama latihan.

Terimakasih juga disampaikan kepada seluruh juri yang bertugas yang sudah memberikan penilaian terbaiknya. ‘’Kami mewakili panitia juga memohon maaf jika selama latihan ada hal-hal yang kurang berkenan,’’ pungkas Hariyanto. (gde)

Advertisement

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.