Connect with us

Perkutut

Latber Perkutut Pengcam Kalisat Jamber Minggu (27/10): Upaya Untuk Memacu Semangat Kungmania Pemula

KONBUR Tayang

:

Latber Perkutut Pengcam Kalisat Jember
LATBER PERKUTUT KALISAT. Upaya untuk membangkitkan kugnmania pemula.

P3SI Pengda Jember lewat Pengurus Cabang-nya (Pengcam) terus berupaya untuk membangkitkan semangat kungmania pemula yang ada di pelosok Desa. Seperti yang dilakukan oleh Pengcam Kalisat, hari Minggu 27 Okotber 2019 kemarin. Setelah cukup lama tidak ada gelaran latber, karena memang tidak punya lapangan untuk melatih jago perkututnya.

Dengan dimotori langsung oleh Didik, selaku ketua paguyuban arisan perkutut dan sekaligus sebagai Kepala Desa Glagahwero Kalisat. Serta dibantu oleh beberapa tokoh perkutut, seperti Bang Idrus Kalisat, H.Wawan Sempolan. Dan dikawal oleh Nanang, salah satu Jurnas Jember yang siap memberi pembelajaran kepada pemula soal penilaian burung perkutut.

Latber Perkutut Pengcam Kalisat Jember
KELAS DEWASA BEBAS. Satu blok tidak penuh.

Dan atas kepedulian Kades Glagahwero yang merelakan sebagian tanahnya untuk ditempati arisan, kungmania pemula Kalisat sekarang sudah merasa lega. Karena mulai hari Minggu kemarin, kungmania pemula sudah bisa melatih jago perkututnya yang langsung dinilai tim juri.

Latber Perkutut Pengcam Kalisat Jember
KELAS PIYIK HANGING. Memanfaatkan kondisi yang ada.

“Alhamdulillah berkat kepedulian bapak Kades Glagahwero, kungmania Kalisat sekarang sudah punya tempat untuk melatih burungnya. Dan dengan menggelar latihan dinilai, selain ingin memberi pemahaman soal penilaian burung perkutut sesuai aturan P3SI. Juga untuk memacu semangat lewat suasan kompetisi seperti,” terang Nanang Jurnas.

Latber Perkutut Pengcam Kalisat Jember
SUASANA LATBER. Terlihat santai.

Karena dengan latihan dinilai, lanjut Nanang. Para pemula yang memang sebagian besar dari anggota kelompok arisan itu bisa cepat paham soal kualitas anggung burung perkutut. Mana burung perkutut yang punya suara bagus dan mana yang kurang sesuai pakem penilaian dengan melihat bendera koncer yang ditancapkan di masing-masing kerekan.

Latber Perkutut Pengcam Kalisat Jember
ARENA LATBER. Masih sangat Sederhana.

Ada dua kelas yang dibuka di latber Pengcam Kalisat kemarin, yaitu kelas dewasa bebas dan kelas piyik hanging. Dan meskipun dari dua kelas tersebut pesertanya tidak penuh, namun semangat para pemula ini perlu kita dukung bersama. Karena sejak peluit babak pertama sampai babak terakhir, mereka telihat fokus mendengarkan anggung gaconya sembari melihat nilai yang diberikan oleh juri.

Akhirnya untuk kelas dewasa, tim juri dan perumus hanya memilih 5 burung terbaik. Dimana untuk terbaik pertama direbut oleh PM milik Didik lalu Yudistira andalan Bang Idrus. Kemudian Wira Wiri milik Joko Bintang, Singo Joyo milik Didik dan Panji Laras andalan H.Tejo.

Latber Perkutut Pengcam Kalisat Jember
JUARA DEWASA BEBAS. PM berhasil menjadi yang terbaik pertama.

Begitu pula dengan kelas piyik hanging, 5 besar terbaik berhasil direbut oleh. Pertama Singo Joyo milik Didik, kedua Berlin andalan H.Wawan, ketiga Sahara milik Bang Idrus, keempat Semar Mesem milik Ely’s dan terakhir Apa Ya andalan Saiful.

Latber Perkutut Pengcam Kalisat Jember
JUARA PIYIK HANGING. Singo Joyo 2 mampu merebut podium pertama.

“Saya selaku penanggung jawab acara mengucapkan banyak terima kasih, atas dukungan dan partisipasi teman-teman kungmania. Dan mudah-mudahan dengan adanya tempat latihan yang masih sangat serderhana ini. Bisa memacu semangat para anggota arisan untuk meramaikan dunia perkutut di Kalisat. Sekali lagi terima kasih dan mohon ma’af kalau ada yang kurang,” tutur Didik sang Kades Glagahwero.   *agrobur2.

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.