Connect with us

Puter Pelung

Latber P4SI Bali Harmoni Berjalan Sukses, Sabda Pralina dan Taman Ayu Teratas

KONBUR Tayang

:

de
Penggemar puter pelung di Bali di latber Bali Harmoni

Denpasar, mediaagrobur.com – Latber Bali Harmoni yang dipakarsai PPPPSI Pengda Bali yang digelar di Gantangan Gunung Galunggung Ubung Kaja Denpasar, Minggu 21 Maret 2021 berjalan sukses. Sukses tidak saja dihadiri para sesepuh penggemar puter pelung, juga penilaian yang berjalan fairplay dan pelaksanaannya yang ketat menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

suasana lomba puter pelung di Bali

‘’Kami berkumpul di sini dengan jumlah peserta yang sangat terbatas ingin tetap menjaga tali silaturahmi, guyub rukun di antara penggemar puter pelung yang ada di Bali yang semakin hari semakin banyak. Di latihan bersama di tengah pandemi Covid ini kami menggelar laihan juga untuk meningkatkan imun tubuh dan tentunya menggairahkan penggemar puter pelung sehingga perekonomian bisa bergerak di antara penggemar dan peternak puter pelung,’’ terang Ketua Pengda P4SI Bali Made Tendha, SPd.

Ketua Pengda P4SI Made Tendha dan pemilik Gantangan Gunung Galunggung Mr. Kadek

Di latihan kedua selama pandemi Covid ini, tidak saja hadir sesepuh puter pelung seperti dr. Ardhana dari Wiana BF, Made Tendha, Wayan Suka, Mr. Rais, Subawa JMA pendatang baru Gus Weda yang lagi berkibar, juga Panglima Racun Barat Edy Cahyanto yang turut menikmati jalannya latihan. Bahkan sang Panglima berjanji gaco-gaco yang masih belia kini akan dipersiapkan untuk turun di event berikutnya. Sementara Panglima Racun Selatan Mbah Budi yang biasanya rajin menyambangi latber tidak bisa hadir karena ada hal penting yang tidak bisa ditinggalkan. Pesannya, jangan sampai kendor penggemar puter pelung, apalagi pariwisata Bali bakal segera dibuka.  

Para Jawara Madya

Dari empat babak penilaian yang dihakimi Agung Adiputra dan Ananda Sutama menetapkan Sabda Pralina menduduki peringkat pertama di kelas utama sedangkan Taman Ayu menduduki podium utama di kelas madya.

Para jawara utama

Sejak babak pertama dibuka tepat pukul 09.00 Wita sederet kontestan sudah menunjukkan kelihaiannya memanggung. Walau tidak sedikit yang ngepik-ngepik lantaran baru pertama kali diturunkan ke arena, namun seiring berjalannya waktu mulai akrab dengan lingkungan lapangan.

Menikmati anggungan puter pelung

Taman Ayu milik I Wayan Rukeg dari Sanur sejak start babak pertama sudah langsung tampil nagen di atas tangkringan. Beberapa kali Agung Adiputra menyambangi Taman Ayu karena suaranya yang menonjol dan kerja sepanjang penilaian. Taman Ayu pun menembus nilai 4 warna. Di babak kedua Taman Ayu sempat melorot sehingga hanya mentok tiga warna.

Panglima Racun Barat Edy Cahyanto beri dukungan buat Gus Weda

Tetapi usai istirahat makan siang, Taman Ayu kembali tampil perfoma sehingga bendera empat warna kembali ditancapkan. Bersamaan dengan itu, Bajra Sandi milik Gus Weda di gantangan 52 juga tampil ciamik. Begitu juga Yogi Suara milik Yogi di gantangan 43 yang sama-sama apik sehingga juga mengantongi 4 warna.

Di babak keempat, Taman Ayu lagi-lagi kurang kerja hanya meraih tiga warna, sementara Bajra Sandi makin mantap meraih empat warna mengantarkan menduduki peringkat kedua bersama Yogi Suara, Wirasableng, Serena Covit-19, dan Parikesit.

Sang jawara dari BCB dominasi juara

Sementara itu, Sabda Pralina yang diusung Gus Weda sejak babak pertama dimulai sudah menunjukkan karakternya yang kalem duduk di tangkringan sambil memanggung. Babak pertama langsung menyodok 4 warna bersama Janaka milik Sedhana BK. Di babak kedua Sabda Pralina yang di latber seri I menjadi bintang lapangan kembali mendapat nilai 4 warna. Begitu juga di babak ketiga Sabda Pralina semakin apik memainkan anggungannya.

Kali ini Janaka kembali mengejar yang diikuti Laksamana milik JMA BF. Dan kedua gaco ini bertahan memperoleh nilai 4 warna di babak keempat. Namun Sabda Pralina justru semakin melaju kencang di babak keempat dengan nilai lima warna sehingga menduduki peringkat pertama disusul Janaka di tempat kedua.

Siap laksanakan latber tiap Sabtu pagi

Latber P4SI bertajuk Bali Harmoni ini berjalan meriah dan penuh keakraban. Selain ditutup dengan undian doorprize sumbangan para penggemar puter pelung seperti sumbangan dari Wiana BF dll, juga ada lelang puter pelung dan diakhiri penyerahan trofi kepada para pemenang.

Ketua Pengda P4SI Bali Made Tendha menyampaikan di tengah penyelenggaraan vaksinasi massal yang sudah sampai ke tingkat masyarakat umum, sebagai pertanda bahwa aktivitas pelan-pelan akan dibuka agar perekonomian masyarakat kembali menggeliat. P4SI pun juga ikut menggairahkan para penggemarnya dengan menggelar latihan secara rutin di Gantangan Gunung Galunggung.

Rencannya P4SI membuka latihan setiap Sabtu pagi dan latber bersama akan digelar secara rutin pula dengan mengambil waktru sore atau petang hari. ‘’Harapan kami para penggemar bisa guyub untuk hadir sehingga penggemar puter pelung semakin banyak di Bali,’’ ungkap Made Tendha.

Made Tendha yang didampingi Ketua Pelaksana Agung Adiputra usai lomba mengucapkan terimakasih kepada seluruh penggemar puter pelung yang sudah berkenan hadir. Terimakasih juga disampaikan kepada para donator sehingga undian doorprize berjalan meriah. Permohonan maaf juga disampaikan jika dalam penyelenggaraan latber ada hal-hal yang kurang berkenan. (gde)

Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.