Connect with us

Perkutut

Latber Kemerdekaan RI ke-77 SJN Cup Talango Sumenep, Juri Memilih Melodi Cinta, Raja Bendrong dan Fida 1 Jadi Pemenang Podium Pertama

KONBUR Tayang

:

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Geliat hobi perkutut di Talango, sebuah kepulauan di Kabupaten Sumenep Madura, kembali bergeliat. Kegiatan demi kegiatan menjadi agenda yang mereka gelar. Kondisi ini menjadi sinyal bahwa hobi perkutut disana, sampai saat ini masih terus eksis walapun berada di luar daratan Kabupaten Sumenep.

Ainur Rafik, Ketua Pengcam Talango

Ainur Rafik, selaku Ketua Pengcam Talango mengakui bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk terus mengeksiskan hobi perkutut. “Saya ingin Talango tetap ada kegiatan biar masyarakat dan teman-teman disini terus semangat untuk main perkutut. Kalau tidak ada kegiatan, mana mungkin hobi akan ada,” terang Ainur Rafik.  

Meski tidak bisa menyelenggarakan even pada hari Minggu, karena padatnya jadwal acara, mereka memilih hari kerja untuk kegiatan yang akan digelar. Seperti dalam Latber SJN Cup yang diselenggarakan pada Selasa, 23 Agustus 2022. Menempati lokasi di Lapangan Cabbiye Talango, acara ini membuka tiga kelas yakni Dewasa Bebas, Piyik Yunior dan Piyik Hanging.

H.Dul Syafik (kanan) sukses orbitkan Melodi CInta

Jumlah blok yang dibuka untuk masing-masing kelas berisi 1 blok saja. “Saat ini kami hanya mampu menyediakan 1 blok untuk tiap kelas. Mudah-mudahan ke depan jumlah blok bisa bertambah lagi dan banyak peserta yang bisa diundang, sehingga tidak hanya dari Talango saja yang hadir,” harap pria yang akran dipanggil Rafik.

Ditambahkan juga olehnya bahwa untuk kegiatan kecil seperti latber SJN, maka tidak mungkin bisa dilakukan hari Minggu karena akan berbenturan dengan kegiatan lain yang sudah terjadwal sebelumnya. “Saat ini jadwal kegiatan untuk hari Minggu rame, makanya kami adakan di hari Selasa karena jurinya juga bisa hadir di luar hari Minggu,” terang Ainur Rafik.

Kades Kholis sukses antara Raja Bendrong ke podium pertama

Namun yang pasti hari apapun kegiatan, bagi kung mania setempat tidak masalah. Yang penting mereka bisa tetap menyalurkan hobi perkututnya. “Alhamdulillah dukungan tetap besar dari rekan-rekan peserta, sehingga kelas yang kami buka, semua penuh oleh kehadiran burung-burung dari beberapa daerah,” sambungnya lagi.

Tiket yang disediakan panitia, ludes terjual dan tidak menyisakan satu lembarpun. Sementara itu dari dalam lapangan, diinformasikan bahwa pertarungan antar peserta berlangsung seru dan penuh aksi dramatis. Kualitas burung terbilang berada dalam tingkatan yang bagus. Terbukti dari raihan bendera tiga warna lebih untuk beberapa peserta.

Jumadin Naga Biru (dua kiri) bersama Team Jago Kapok Kalianget

“Saya lihat kualitas burung bagus-bagus, terutama untuk Kelas Piyik Yunior, ada yang sampai dapat tiga warna hitam. Ini menandakan bahwa kualitas burung saat ini sudah mengalami peningkatan yang luar biasa,” jelas Jumadin, peserta asal Kalianget. Empat babak penjurian yang dilangsungkan, berjalan tanpa hambatan.

Penetapan podium juara akhirnya dilakukan diakhir acara. Untuk podium pertama Kelas Dewasa Bebas, dimenangkan oleh Melodi Cinta amunisi anyar H.Dul Syafik Dasuk Sumenep, perkutut ternakan WAN yang menempati nomor kerekan 40. Pertarungan yang dilakukan untuk menghadapi lawan, akhirnya membuahkan hasil.

Peserta yagn sukses meraih podium juara di kelasnya

“Melodi Cinta adalah burung andalan saya yang baru. Alhamdulillah sekarang bisa mendapatkan juara satu di Kelas Dewasa Bebas. Mudah-mudahan bisa terus menang dan juara untuk lomba selanjutnya,” harap H.Dul Syafik. Menyusul diurutan kedua Putri AD orbitan Sudaryp Sumenep ring Berma yang dikerek pada nomor 18 dan tempat ketiga ada LA amunisi Kades Ikram Cbbiya ternakan Jawi yang menempati nomor kerekan 23.

Suasana penjurian di Kelas Piyik Hanging

Di Kelas Piyik Yunior, tiga podium teratas yakni pertama, kedua dan ketiga disapu bersih oleh produk SKAD, masing-masing adalah Raja Bendrong andalan Kades Kholis Dasuk yang menempati nomor kerekan 54 pada podium pertama, podium kedua diraih oleh Sahrini amunisi H.Masdar Poteran pada kerekan nomor 90 dan urutan ketida ada Mutiara Indah orbitan Arnawito Talango pada kerekan nomor 96.

Di Kelas Piyik Hangin, juara pertama direbut oleh Fida 1 orbitan Nito Lenteng, ternakan JAS yang digantang pada nomor 29, urutan kedua Arven amunisi K.Zainul A Kalianget, produk ternak Karunia yang menempati nomor kerekan 44 dan tempat ketiga ada Kolesom andalan Yono Cabbiya ring SJN yang berada di nomor 46. Diakhir acara, panitia mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah mendukung dan meminta ma’af jika ada hal-hal yang kurang berkenan.

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.