Connect with us

Derkuku

Laga Bintang dan LDB Seri-4 Digeber Mei Ini, Deku Mania Bali Siap Ramaikan

KONBUR Tayang

:

de
Para sesepuh deku mania Bali, siap berlaga di ajang LAGA BINTANG DERKUKU BALI

Badung, mediaagrobur.com – Mei bulan depan, suhu percaturan penggemar derkuku Bali bakal dibikin panas. Pasalnya di bulan tersebut akan diadakan dua event spektakuler yang sama-sama memicu dada deku mania Bali tambah berdetak kencang.

H Salim Andriyanto, Komang Prancis dan Kadir Van Vani sambut LAGA BINTANG DERKUKU BALI

Evet yang pertama bakal digelar Minggu, 9 Mei 2021 bertajuk ‘’Laga Bintang Derkuku Bali’’, spesial menghadirkan hanya 22 peserta, mengambil lokasi di gantangan Rimba BF. Peserta yang hadir diharapkan merupakan burung-burung yang sudah teruji di kelas senior dan junior atau gaco yang punya nyali besar untuk berhadapan dengan para jawara. ‘’Kami membatasi jumlah peserta agar juri yang bertugas bisa lebih fokus dan seksama menilai burung. Dan ini juga menjadi pembelajaran bagi peserta,’’ terang Ketua PPDSI Bali Hariyanto saat latihan bersama, Minggu (25/4) di markas Rimba BF, Canggu Badung.

Hendro Prayitno, owners Dragon BF pencetak trah Brojomusti

Tidak saja jumlah kontestan terbatas juga seluruh peserta tidak diizinkan berteriak. Di laga bintang ini, para jawara akan ‘dihakimi’ oleh dua juri untuk menentukan siapa yang bisa menduduki singasana dari gaco-gaco terbaik yang selama ini bersinar di arena lomba Bali dan nasional. Sebagai apresiasi, para pemenang akan mendapatkan piagam penghargaan eksklusif.

Nyoman Sudiana, pemilik Anugerah Dewata BF Kedewatan Ubud

Baru diluncurkan ide ini, langsung mendapat respons para sesepuh derkuku yang hadir di tempat latihan Rimba BF. Di antaranya Hendro Prayitno yang memastikan bakal menurunkan gaco andalannya. Tentunya Hariyanto yang menggagas Laga Bintang ini juga bakal menurunkan kekuatan penuh. ‘’Seluruh amunisi Tunggul Ametung BF bakal dikeluarkan,’’ ujarnya berjanji.

Hariyanto, Ketua PPDSI Bali

Nyoman Sudiana dari Anugerah Dewata BF, dr. Ardana dari Wiana BF, H Salim Andriyanto dari Maestro Bali, Wayan Suka dari Angling Dharma BF, Suripto dari JBT BF, Komang Prancis dari Rimba BF, H Anang dari AMG BF yang tidak hadir latihan karena kesibukan, termasuk Rais dari Sakti BF, Bagus Wirawan dari IBW BF, Agung Astawa pemain asal Puri Kerobokan juga siap untuk meramaikan Laga Bintang tersebut tentunya melalui gaco-gaco andalannya yang diikutkan ke arena. ‘’Kalau rata-rata bawa dua gaco terbaiknya maka 22 kerekan itu bakal penuh, dan saya siap turunkan yang terbaik,’’ papar Nyoman Sudiana, jauh-jauh datang dari Kedewatan Ubud.

dr. Ardhana, pemilik Wiana BF

Lebih dari itu, Laga Bintang ini juga menjadi ajang silaturahmi bagi deku mania Bali. Walaupun tidak membawa burung, tetap bisa hadir menikmati gaco-gaco terbaik Bali beradu lucky.

Wayan Suka, sesepuh derkuku Bali siap menerima tantangan

Untuk menyongsong ‘Laga Bintang Derkuku Bali’, tuan rumah Komang Prancis siap akan menata gantangan sehingga posisinya persegi empat untuk memudahkan gerak juri. Tercatat ada beberapa gaco yang sudah mencatatkan prestasi di arena lomba. Di antaranya Legendaris, Sapujagat, Eyang Brojo, Beli Bagus, Erdogan, Bintang Mataram, Sangkuriang, Selendang Merah, Prabu Siliwangi, King Dragon, Putra AMG, Nakula, termasuk juga Gajah Mada yang bakal siap turun di kandang sendiri, dll. Bahkan Komang Prancis, sang pemilik Gajah Mada siap bakal dibully sebagai ‘jago kandang’ jika Gajah Mada mau kerja dan menjadi pemenang. ‘’Mau bunyi saja sudah senang. Buat saya melihat teman-teman guyub dan selalu bercanda ria sudah puas,’’ ungkap Komang Prancis yang juga peternak cucak rowo terbesar di Bali.

Suripto, siap jadi kuda hitam

Setelah Laga Bintang, bakal dilanjutkan event Liga Derkuku Bali Seri IV yang akan digelar 23 Mei 2021 di Lapangan Semar Denpasar. ‘’Setelah merayakan Idul Fitri, dilanjutkan lomba burung lagi,’’ ujar Hariyanto.

Agung Astawa, tokoh Puri Kerobokan siap jadi penggembira

Dikatakan, Liga Derkuku Bali Seri IV ini digelar kolaborasi dari trio peternak Bali yakni Tunggul Ametung BF, Rimba BF, dan Sakti BF. Tiga peternak yang digawangi Hariyanto, Komang Prancis dan Rais Sugiyanto ini siap bakal menyuguhkan lomba yang benar-benar spektakuler. Tidak saja disediakan doorprize super menarik, menggunakan dua juri Jawa yang berstandar nasional, juga trofi dan ada piagam buat para pemenang.

Untuk LDB Seri IV ini, tidak saja mengundang deku mania Bali tetapi juga deku mania Jawa dan Lombok. Karena kerekan terbatas, Hariyanto memohon jika memesan tiket agar jauh-jauh hari.

H Anang, pemilik AMG BF Mahendradatta

Liga Derkuku Bali 2021, kata Ketua PPDSI Bali Hariyanto bakal digeber beberapa seri sampai akhir Desember untuk menentukan burung terbaik derkuku Bali 2021. Dengan harapan, dengan kompetisi yang terus bergulir akan menggairahkan peternak Bali sehingga lahir gaco-gaco terbaik yang bisa berkiprah di ajang nasional. (gde)

Advertisement

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.