Connect with us

Ternak

Krespo BF Serang-Banten: Cetak Trotolan dan Pastol Murai Batu Istimewa Dari Trah Unggulan

KONBUR Tayang

:

Bang Ucok Krespo BF

Hobi menggantang burung ke lapangan dan beternak murai batu bagi Bang Ucok pemilik Krespo BF, Serang Banten harus selaras dan seimbang. Karena kebanggaan  bagi seorang pemain burung murai batu adalah ketika dia sukses mengantarkan hasil ternakannya ketangga juara.

Tim Krespo BF Kompak dilapangan

Menampilkan burung hasil ternakan sendiri hingga prestasi merupakan obsesi Bang Ucok saat dia mengawali hobinya diburung. Untuk itu, sejak setahun lalu, bersamaan dimasa pandemi covid, karena aktivitasnya ke lomba terbatas,  dia lebih banyak di rumah  dan mulai mengembangkan budidaya penangkaran murai batunya.

Trotolan unggulan

Materi indukan pejantannya, tak lain burung-burung jawara unggulan andalannya yang selama ini dimainkannya di lomba diantaranya Marco, Raden, Demang, BJ dan lainnya. Bahkan, murai batu BJ sebelumnya adalah jagoan koleksi Babe Cucun dari B2C SF Jakarta.

Trotolan  Produk Krespo

Kandang ternaknya memang tidak sebanyak seperti para peternak murai pada umumnya, hanya 5 petak kandang. Baginya, sedikit yang penting fokus dan hasilnya berkualitas. Karena dalam beternak dia memang tidka mengejar kuantitas alias jumlahnya, tapi pencapaian kualitasnya.

Seperti targetnya, menghasilkan anakan-anakan terbaik dimasa depan. Oleh karena itu, meskipun trotolan dan pastolnya sudah semakin banyak, dia belum berniat untuk menjualnya. “Masih dicoba buat mainan sendiri,” ungkapnya.

Trotolan Krespo BF  Trah juara

Selain pejantan unggulan, indukan betinanya pun pilihan. Sebagian besar indukan-indukan betina berasal dari trah-trah peternak ternama, salah satu diantaranya Betina trah Jaguar dari Arco BF Serang, selain itu juga ada betina yang mengalir darah Begal dari SWD Klaten. Dan, juga  masih ada turunan Pelor Mas dari H Nendra Jakarta serta materi dari Mutiara BF Cileungsi.

Trotolan dalam pemasteran

Anakan burung-burung yang diternaknya, dibiarkan secara alami diasuh oleh indukannya hingga anakan sudah bisa mandiri diusia 25 hari hingga 30 hari. Dengan begitu kualitas anakan juga lebih bagus karena diasuh langsung oleh indukannya. Produknya mengunakan Ring Krespo BF dan APBN. Sekarang 2 ekor anakan trotolannya sedang “menimba ilmu” di V3 Bird School Mastering milik Rizal Serang Banten. *agrobur4.

Trending

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.