Connect with us

Tips & Trik

Kiat Om Nano Rafles BC, Menampilkan Burung Ketangga Juara Dari Rawatan Sendiri

KONBUR Tayang

:

Om Nano Rafles BC Cibubur
Om Nano Jemur Sambil Dikrodong

Bagi Om Nano, memelihara burung merupakan bagian dari hobinya, disela kesibukannya. Bisa meraih prestasi itu menjadi kebanggannya, apalagi burung tersebut hasil rawatannya sendiri tanpa campur tangan joki atau perawat. Berikut ini kiatnya merawat burung murai batu dalam jumlah banyak, terutama dalam hal penjemurannya.

Diawal tahun 2003 namanya sempat melejit dengan dua koleksi anis merah andalannya Magnum dan Uzzi. Sempat absen ke lapangan cukup lama, kini dia mulai kembali kehobinya diburung kicauan. Namun kali ini dia fokus pada murai batu. Belasan ekor koleksinya memenuhi kediamannya di kawasan Raffles Hills Cibubur.

Bagaimana kiat Om Nano merawat hampir 17 ekor murai batu? Sebagai burung berkarakter fighter tentu tidak mudah mengkondisikan murai batu dalam satu rumah. “Ya pintar-pintar kita menyiasatinya, “ ungkapnya.

Rayakan kemenangan di BnR Depok

Dalam perawatan harian misalnya, karena disibukan rutinitas pekerjaan bagi Om Nano hanya ada 2 hari yang longgar untuk merawat total burung-burungnya, yakni Sabtu dan Minggu. “Kalau hari kerja, paling dari pagi hanya disiapin makanan dan ekstrafooding juga air minumnya aja yang bersih,” lanjutnya.

Untuk penjemuran, karea pagi harus berangkat ngantor, biasanya cukup Sabtu dan Minggu, dijemur sekaligus secara bersamaan. Untuk menghindari saling adu sesamanya, biasanya disiasati dengan cara jemur sambil krodong. Burung dijemur dalam keadaan dikrodong hanya bagian depannya dibuka sedikit, burung dijejer yang penting tidak saling melihat satu sama lainnya.

Penjemuran dilakukan 1-2 jam tergantung kondisi panasnya. Sebelumnya, krodong yang digunakan dibasahi terlebih dahulu. Dengan cara jemur krodong seperti ini paling tidak bisa mengurangi dan meredam emosi masing-masing burung tersebut.Burung juga jadi terbiasa dengan kondisi suhu panas.

Selesai dijemur burung kembali dimasukan ke dalam teras sambil diberi makan ekstrafooding jangkrik dengan porsi relatif biasanya pagi 5 ekor dan sore 5 ekor atau pagi 7  dan 7 sore tergantung masing-masing burungnya. Ditambah sesendok kroto segar.

Kemudian burung dikerodong untuk diistirahatkan sambil didampingi beberapa burung masterannya. Kini selain Princes ada beberapa gaco lainnya yang juga kerap juara diantaranya Pablo, Pokerm, Bomber, Sakera, Panjalu dan lainnya. *agrobur4.

Trending

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.