Connect with us

Tips & Trik

Kiat Mr Tirta Tangerang, Mengondisikan Anis Merah Kerispatih Stabil Di Jalur Juara

KONBUR Tayang

:

Anis Merah Kerispatih Mr Tirta
Mr.Tirta, Kerispatih stabil di jalur juara

Juara pertama berturut-turut   secara beruntun  dilintas EO ini yang sudah dibuktikan Anis Merah Kerispatih koleksi Mr Tirta dari Pandawa Kicau Tangerang. Sabtu (23/3) juara 1 dan 1 alias double winner dieven Spesial Kopdar Ciputat. kemudian keesokan harinya dieven Road To BIC di Samsat BSD, Minggu (24/3) kembali meraih kemenangan nyeri bahkan nyaris saja hattrick dengan perolehan juara 1, 1 dan 2.

Anis Merah Kerispatih Mr Tirta

Padahal, pekan sebelumnya dia juga sukses meraih gelar juara pertama didua gelaran berbeda dalam satu hari dieven Juri Eks PBI di lapangan G&T Pondok Cabe dan pagi harinya juara dieven berbeda, juga masih di Tangerang.

Keunggulannya tidak hanya kualitasnya yang istimewa, tapi stamina burung  berkode ring Pantas Tangerang dan Pandawa Kicau  ini juga memang memiliki stamina luar biasa. Bisa tturun satu hari didua even berbeda, bahkan bisa turun dua hari berturut-turut.

Dengan kualitas materinya yang lengkap  teler dengan gaya khas doyong rebah, sambil bawa isian kasar-kasar goyang kiri dan kanan. Durasinya juga selalu dituntaskan dari menit awal hingga akhir.

Kemenangan yang kerap diraihnya membuatnya berniat menurunkan dieven H Wibie Dwie Andriyas Cup 2 NzR Indonesia di lapangan Bedali, Lawang kota Malang, Minggu 28 Maret mendatang. Yang kebetulan dikota tersebut dikenal sebagai baromoternya anis merah. “Kalau kondisinya memungkinkan kita akan berangkat ke even di Malang,” pungkas Mr Tirta.

Lantas, bagaimana kiat Mr Tirta merawat keseharian sang gaco hingga stabil dijalur prestasi?

Dalam kesehariannya, Mr Tirta merawat sendiri kedua gaco andalannya dijenis anis merah. Khusus Kerispatih, perawatan dimulai dari hari Senin hingga Rabu, pakan cukup voer dan ditambah buah pisang kepok serta 2 ekor jangkrik dalam kesehariannya.

Memasuki hari Rabu malam, burung biasa dimandikan. Begitu juga memasuki hari Kamis dan Jumat, menu pakannya tetap sama tapi tanpa jangkrik.

Dihari Sabtu, pemberian jangkrik diberikan 2 ekor, selain pakan utama voer dan buah pisang. Menjelang keesokan lomba, burung dimandikan malam, sambil diberikan 3 ekor jangkrik. Keseharian full krodong.

Nah, memasuki hari H atau settingan dilapangan burung sudah tidak perlu mandi lagi, karena malamnya sudah mandi. Kebutuhan jemurnya nyaris tanpa jemur. “Memang tidak dibiasakan dijemur,” terangnya.

Dengan perawatan harian yang sederhana tersebut, prestasi Kerispatih nyaris tanpa ada lawan yang menandinginya untuk saat ini khususnya Jabodetabek atau blok barat. Dan, ketangguhannya bakal ditampilkannya  lagi dieven akbar di kota Malang. *agrobur4.

Trending

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.