Connect with us

Tips & Trik

Kiat Mr Tirta Tangerang, Mengondisikan Anis Merah Kerispatih Stabil Di Jalur Juara

KONBUR Tayang

:

Anis Merah Kerispatih Mr Tirta
Mr.Tirta, Kerispatih stabil di jalur juara

Juara pertama berturut-turut   secara beruntun  dilintas EO ini yang sudah dibuktikan Anis Merah Kerispatih koleksi Mr Tirta dari Pandawa Kicau Tangerang. Sabtu (23/3) juara 1 dan 1 alias double winner dieven Spesial Kopdar Ciputat. kemudian keesokan harinya dieven Road To BIC di Samsat BSD, Minggu (24/3) kembali meraih kemenangan nyeri bahkan nyaris saja hattrick dengan perolehan juara 1, 1 dan 2.

Anis Merah Kerispatih Mr Tirta

Padahal, pekan sebelumnya dia juga sukses meraih gelar juara pertama didua gelaran berbeda dalam satu hari dieven Juri Eks PBI di lapangan G&T Pondok Cabe dan pagi harinya juara dieven berbeda, juga masih di Tangerang.

Keunggulannya tidak hanya kualitasnya yang istimewa, tapi stamina burung  berkode ring Pantas Tangerang dan Pandawa Kicau  ini juga memang memiliki stamina luar biasa. Bisa tturun satu hari didua even berbeda, bahkan bisa turun dua hari berturut-turut.

Dengan kualitas materinya yang lengkap  teler dengan gaya khas doyong rebah, sambil bawa isian kasar-kasar goyang kiri dan kanan. Durasinya juga selalu dituntaskan dari menit awal hingga akhir.

Kemenangan yang kerap diraihnya membuatnya berniat menurunkan dieven H Wibie Dwie Andriyas Cup 2 NzR Indonesia di lapangan Bedali, Lawang kota Malang, Minggu 28 Maret mendatang. Yang kebetulan dikota tersebut dikenal sebagai baromoternya anis merah. “Kalau kondisinya memungkinkan kita akan berangkat ke even di Malang,” pungkas Mr Tirta.

Lantas, bagaimana kiat Mr Tirta merawat keseharian sang gaco hingga stabil dijalur prestasi?

Dalam kesehariannya, Mr Tirta merawat sendiri kedua gaco andalannya dijenis anis merah. Khusus Kerispatih, perawatan dimulai dari hari Senin hingga Rabu, pakan cukup voer dan ditambah buah pisang kepok serta 2 ekor jangkrik dalam kesehariannya.

Memasuki hari Rabu malam, burung biasa dimandikan. Begitu juga memasuki hari Kamis dan Jumat, menu pakannya tetap sama tapi tanpa jangkrik.

Dihari Sabtu, pemberian jangkrik diberikan 2 ekor, selain pakan utama voer dan buah pisang. Menjelang keesokan lomba, burung dimandikan malam, sambil diberikan 3 ekor jangkrik. Keseharian full krodong.

Nah, memasuki hari H atau settingan dilapangan burung sudah tidak perlu mandi lagi, karena malamnya sudah mandi. Kebutuhan jemurnya nyaris tanpa jemur. “Memang tidak dibiasakan dijemur,” terangnya.

Dengan perawatan harian yang sederhana tersebut, prestasi Kerispatih nyaris tanpa ada lawan yang menandinginya untuk saat ini khususnya Jabodetabek atau blok barat. Dan, ketangguhannya bakal ditampilkannya  lagi dieven akbar di kota Malang. *agrobur4.

Tips & Trik

Mr Aris AW 99 BF Jakarta: Antarkan Murai Batu New Baxia Ketangga Juara, Berikut Ini Rahasia Perawatannya

Published

on

Murai Batu Baxia Aris AW 99 BF
Mr Aris AW 99 BF Jakarta

Mr Aris Widarto AW 99 BF semakin  eksis saja.  Yang paling gres, dia baru saja mengantarkan murai batu New Baxia gaco terbarunya ketangga juara dieven BnR Gandul Cinere, Depok, Sabtu (27/11) lalu. Digelaran tersebut sang gaco sukses mendulang gelar juara 1 dan 2 atau nyaris double winner.

Langkah Mr Aris AW 99 BF Jakarta semakin mantap dengan kehadiran amunisi terbarunya ini. Meskipun sebelumnya dia juga sudah banyak mencetak gelar juara bersama sejumlah murai batu andalannya diantaranya Naga Sakti, Asoka, Jaguar Jr dan koleksi-koleksi murai batu hebat lainnya.

Bersam Kru rayakan kemenangan New Baxia

Kemenangan Murai Batu New Baxia ini merupakan debut perdananya sejak burung tersebut ditransfer Mr Aris dari tangan Achong. Ditake-over dengan nilai mahar yang cukup fantastis,  padahal saat dia meminangnya kondisi burung dalam keadaan kurang kondisi ketika itu. Setelah beres mabung Baxia dimainkannya, dieven BnR Gandul Cinere dan sukses dengan  kemenangan gemilangnya.

Sejatinya, sebelum jatuh ketangan Achong, burung tersebut sempat dalam pantauannya. Namun sayangnya, ketika itu burung keburu dipinang rekan yang juga tetangga rumahnya ini. Dan, ternyata akhirnya Baxia menjadi miliknya.

Murai Batu New Baxia.

Dari rekam jejak prestasi dipemilik sebelumnya, burung ini memang tidak hanya stabil prestasinya, tapi juga mempunyai kualitas materi irama lagu yang mewah. Isiannya komplet, durasi kerjanya hebat. Volumenya tembus kasar-kasar saat buang tembakannya.

Diatas gantangan dia lebih dominan mengumbar isian tengkek, celilin, kolibri, ciblek, kenari, diselingi ngekek lovebird dan tonjolan cucak jenggot.  

Dalam perawatan kesehariannya, selain kroto segar berikut jangkrik masing-masing 10 ekor pagi dan 10 ekor disore hari. Selain itu mandi jemur rutin juga dilakukan setiap harinya.

Tidak cukup mengandalkan ekstra fooding serangga, secara kontinyu dia berikan beberapa tetes larutan FILTRO Multivitamin khusus segala jenis burung, yang membuat stamina burung tetap prima dan menambah power suara dan tenaga saat tampil diatas gantangan.

Produk FILTRO.

Kebetulan Mr Aris juga salah satu owner produk FILTRO Indonesia. “Dan memang kami sudah membuktikannya, semua koleksi burung murai batu saya menggunakan FILTRO  kondisi burung lebih maksimal, menaikan stamina dan mental tempurnya diatas gantangan,” pungkasnya.

Mr Aris memang tidak hanya sukses sebagai pemain, produsen FILTRO multivitamin dan segala jenis obar-obatan khusus burung, tapi juga sebelumnya sudah berhasil menjadi peternak (breeder) murai batu trah juara dengan anakan yang berkualitas lewat AW 99 BF didua lokasi terpisah selain di Jakarta juga di Jepara.

Dan sudah banyak produk AW 99 BF yang moncer dilapangan, salah satunya Jaguar Jr  burung muda yang sudah kenyang akan prestasi. *agrobur4.

Lanjutkan Membaca

Tips & Trik

Makin Stabil Prestasi CH Ken Samrok Moncer di Avatar Depok, Ini Dia Rahasianya

Published

on

CH Ken Samrok Dedy JP Hero SF
Kru JP Hero rayakan kemenangan Ken Samrok

Even bertajuk Anniversary M Ikhsan feat NzR di lapangan Avatar Enterprise Jl Tugu Raya  Depok, Sabtu (20/11)  kembali jadi ajang pembuktian kestabilan prestasi Cucak Hijau Ken Samrok. Burung koleksi Mr Dedy dari JP Hero SF ini kembali sukses menuai gelar juara pertama disalah satu kelas utama.

Burung ini prestasinya terus melejit belakangan ini, bahkan  hampir setiap minggu selalu juara.  Pekan sebelumnya, dia juga baru saja moncer dieven Anniversary CLM Dipo Depok lalu.

Mr Dedy merawat Ken Samrok

Sejak menyelesaikan masa mabungnya 1,5 bulan lalu prestasinya nyaris tak terbendung. Boleh dibilang paling stabil dijalur juara meskipun dilombakan nyaris setiap hari disejumlah gelaran yang ada di Jabodetabek dan sekitarnya. Lantas bagaimana kiat sang pemilik mengkondisikan burung gaconya ini bisa stabil dijalur juara?

Dalam perawatan kesehariannya lazimnya merawat cucak hijau pada umumnya, sederhana dan tidak ribet. Pagi setelah buka krodong burung dianginkan, kemudian diberi ekstra fooding jangkrik cukup 3 ekor dipagi hari dan 3 ekor lagi disore harinya sebagai tambahan selain menu utamanya pisang kepok.

“Kecuali di lapangan menjelang persiapan digantang ditambah setelan ulat hongkong, jumlahnya menyesuaikan dilihat dari  cuaca panas atau mendung (hujan) dan kondisi burung,” jelasnya.

Untuk jemurnya, dilakukan hanya sepintas saja. Yang paling diutamakan terutama mandi, wajib dilakuan setiap harinya, dengan menggunakan cepuk besar tempurung kelapa sebagai wadahnya. Beres mandi, kemudian dianginkan sebentar untuk selanjutnya diistirahatkan. Dalam kesehariannya Ken Samrok masuk ke kandang umbaran.

Ken Samrok memang burung istimewa, materi lagunya lengkap dengan tembakan-tembakan tengkek, kapas tembak dan celilin yang dibawakannya panjang-panjang. Durasinya juga bagus, dari awal hingga akhir dituntaskannya dengan baik. Gayanya kalau sudah ngetrok dengan membawa materi lagu isiannya sambil geser jalan kanan-kiri seperti halnya gaya main jenis burung kenari. *agrobur4.

Lanjutkan Membaca

Tips & Trik

Kiat Om Nano Rafles BC, Menampilkan Burung Ketangga Juara Dari Rawatan Sendiri

Published

on

Om Nano Rafles BC Cibubur
Om Nano Jemur Sambil Dikrodong

Bagi Om Nano, memelihara burung merupakan bagian dari hobinya, disela kesibukannya. Bisa meraih prestasi itu menjadi kebanggannya, apalagi burung tersebut hasil rawatannya sendiri tanpa campur tangan joki atau perawat. Berikut ini kiatnya merawat burung murai batu dalam jumlah banyak, terutama dalam hal penjemurannya.

Diawal tahun 2003 namanya sempat melejit dengan dua koleksi anis merah andalannya Magnum dan Uzzi. Sempat absen ke lapangan cukup lama, kini dia mulai kembali kehobinya diburung kicauan. Namun kali ini dia fokus pada murai batu. Belasan ekor koleksinya memenuhi kediamannya di kawasan Raffles Hills Cibubur.

Bagaimana kiat Om Nano merawat hampir 17 ekor murai batu? Sebagai burung berkarakter fighter tentu tidak mudah mengkondisikan murai batu dalam satu rumah. “Ya pintar-pintar kita menyiasatinya, “ ungkapnya.

Rayakan kemenangan di BnR Depok

Dalam perawatan harian misalnya, karena disibukan rutinitas pekerjaan bagi Om Nano hanya ada 2 hari yang longgar untuk merawat total burung-burungnya, yakni Sabtu dan Minggu. “Kalau hari kerja, paling dari pagi hanya disiapin makanan dan ekstrafooding juga air minumnya aja yang bersih,” lanjutnya.

Untuk penjemuran, karea pagi harus berangkat ngantor, biasanya cukup Sabtu dan Minggu, dijemur sekaligus secara bersamaan. Untuk menghindari saling adu sesamanya, biasanya disiasati dengan cara jemur sambil krodong. Burung dijemur dalam keadaan dikrodong hanya bagian depannya dibuka sedikit, burung dijejer yang penting tidak saling melihat satu sama lainnya.

Penjemuran dilakukan 1-2 jam tergantung kondisi panasnya. Sebelumnya, krodong yang digunakan dibasahi terlebih dahulu. Dengan cara jemur krodong seperti ini paling tidak bisa mengurangi dan meredam emosi masing-masing burung tersebut.Burung juga jadi terbiasa dengan kondisi suhu panas.

Selesai dijemur burung kembali dimasukan ke dalam teras sambil diberi makan ekstrafooding jangkrik dengan porsi relatif biasanya pagi 5 ekor dan sore 5 ekor atau pagi 7  dan 7 sore tergantung masing-masing burungnya. Ditambah sesendok kroto segar.

Kemudian burung dikerodong untuk diistirahatkan sambil didampingi beberapa burung masterannya. Kini selain Princes ada beberapa gaco lainnya yang juga kerap juara diantaranya Pablo, Pokerm, Bomber, Sakera, Panjalu dan lainnya. *agrobur4.

Lanjutkan Membaca
Advertisement banner

Copyright © 2019 Media Agrobur. Powered by agrobur.