Connect with us

Tips & Trik

Kiat Mr Edo Ijo Mania Club Depok, Tampilkan Belasan Ekor Cucak Hijau Prestasi Digantangan

KONBUR Tayang

:

Cucak Hijau Mr Edo IMC Depok
Mr Edo

Mr Edo Ijo Mania Club (IMC) Depok boleh dibilang penggemar cucak hijau sejati. Sejak 3 tahun silam dia konsisten main dijenis ini. Bahkan sudah belasan ekor cucak hijau koleksinya sukses meraih tangga prestasi di lapangan. Siapa saja burung gaco andalanya dan bagaimana kiatnya?   

Hingga saat ini tidak kurang 15 ekor cucak hijau jawara yang tengah dikondisikannya. Sejumlah nama yang sudah kenyang dengan seabrek prestasi diantaranya ada Dinamit, Patriot, Bandly, Tyson, Pesona, Boeing, dan lainnya. Mereka diturunkan setiap pekannya secara bergilirian.

Dikandang Harian, Siap diturunkan ke lapangan bergiliran

Dari sekian banyak amunisi burung cucak hijaunya dia juga merawat sendiri tanpa joki/perawat semua burung koleksinya ini. Menurutnya, yang penting kondisi burung sehat. “Kalau sudah sehat dan ini tampak dari cara mandi kesehariannya bagus dia pasti mau jalan di lapangan, “ terang  pria yang juga founder komunitas Ijo Mania Club  ini..   

Untuk memudahkan dan praktisnya, burung-burung cucak hijau tersebut disimpannya di sangkar harian digantung berjejer tapi masing-masing sangkar diberi penyekat. Kebutuhan mandi seperti bak kecil berisi air bersih menjadi sarana mandinya. “Biarkan burung mandi sendiri sesukanya, yang penting setiap harinya kita sediakan air bersih buat mandinya,” jelasnya.

Cucak Hijau Pesona warna eksotik

Burung-burung masteran seperti siri-siri, kolibri, cucak jenggot dan lainnya ditempatkan dalam satu rungan. Dilengkapi masteran Mp3 yang diputar nonstop sebagai master pendampingnya.

Kebutuhan pakan utama pisang kapok segar disediakan setiap pagi berikut ekstra fooding jangkrik masing-masing 5 ekor pagi hari dan 5 ekor sore harinya. Dijemur sepintas saja itupun kalau cuaca matahari sedang bagus.

Biasanya Mr Edo dari sekian banyak cucak hijaunya ini, selain membawa burung gaco andalan utamanya ke lapangan biasanya dia juga ditemani satu atau dua ekor cucak hijau lapisannya. Burung-burung lapis kedua ini sengaja rutin dibawa khususnya ke arena latberan sekalian mengasah mental dan jam terbangnya di atas gantangan.

Selama dua bulan kantongi puluhan thropy dan piagam

“Burung-burung lapisan kita pantau terus  dari beberapa even yang diikutinya mau jalan stabil atau tidak, minimal kita turunkan 5 kali dalam seminggu, selain penyesuaian di atas gantangan juga mempertajam mental fighter ketemu lawan-lawan barunya. Kalau selama turun dia kerja di lapangannya stabil berarti burung sudah  siap diturunkan di even-even lebih besar selanjutnya.

Ya, sebagian besar burung miliknya ini kerap diturunkan hingga puluhan kali dalam sebulan. Bahkan nyaris dua hari sekali turun ke lapangan. Cucak hijau Patriot misalnya, burung ini terbilang rajin menangguk kemenangan setiap turun digantangan.

Menurut Mr Edo,  Patriot dalam dua bulan terakhir ini sudah mengantongi lebih dari 20 thropi  juara (1,2 dan3) dari sejumlah even organiser yang diikutinya khususnya kawasan Depok dan Jabodetabek sekitarnya.

Lantas bagaimana kalau dari sekian banyak cucak hijaunya ini ada yang birahi? Solusinya cukup sederhana, masukan ke kandang umbar setiap harinya di umbaran di ruangan khusus. Cukup hanya mengkonsumsi pisang tanpa jangkrik. Sampai burung tersebut ke kondisi normal.

Dari sebanyak cucak hijau andalannya, Mr Edo juga menyimpan mascot andalannya, Pesona, seekor cucak hijau yang memiliki warna unik hijau kombinasi kuning dengan pertumbuhan bulunya yang eksotik. Selain cucak hijau dia juga memiiki 3 murai batu prestasi, salah satuya Katana. “Yang pasti, proses kerja keras tidak akan menghianati hasil,” pungkasnya.  *agrobur4.

Trending

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.