Connect with us

Puter Pelung

Jelang Lomba Puter Pelung Piala Dan Denpom V/I Madiun, Ajang Silaturrahmi dan Pembuktian Amunisi Terbaik di Lokasi Netral

KONBUR Tayang

:

Dalam rangka HUT TNI yang ke-74, P4SI Cabang Madiun akan menggelar Lomba Puter Pelung Tingkat Nasional Piala Dan Denpom V/I Cup 2019. Menempati lokasi di Detasemen Polisi Militer V/I Madiun, jalan Mayjend Panjaitan no. 16 Madiun, even akan digelar pada Minggu 13 Oktober 2019 mulai jam 09.00 wib sampai selesai.

Dan Denpom V/I Madiun bersama panitia, siap menggelar lomba

Menurut Budi Yudiarto, selaku Ketua Pelaksana kegiatan menuturkan bahwa acara ini dilaksanakan karena adanya arahan dan petunjuk Dan Denpom V/ I Madiun Letkol.CPM. Didik Hariyadi, dalam rangka menyemarakkan hari jadi TNI ke – 74 di Kota Madiun, sebagai bentuk upaya menjaga budaya kearifan lokal dan burung warisan leluhur.

”Alhamdulillah kegiatan ini mendapatkan dukungan penuh dari Bapak Dan Denpom V/I Madiun, sehingga kami berani untuk menggelar acara,” jelas Budi Yudiarto. Tujuan lain dari penyelenggaraan ini adalah semata-mata bahwa memelihara, menjaga, melestarikan burung puter yang bersuara indah perlu merumuskan nilai keindahannya.

Hal ini dilakukan untuk membandingkan, merawat dengan baik serta memilih dan menjodohkannya sehingga menghasilkan keturunan yang baik dan berkualitas. Semua itu hanya didapat melalui adanya perlombaan, latber, latpres, liga puter lomba nasional. Artinya bahwa kegiatan tersebut akan menjadi acuan tingkat keberhasilan sebuah hobi.

Ditambahkan oleh Budi Yudiarto bahwa Lomba  Seni Suara Alam Burung Puter ini tak lain merupakan salah satu program Organisasi P4SI yang tercantum dalam AD/ART yang bentuknya bertujuan untuk mewujudkan kebersamaan dalam melestarikan Burung Puter. Seni Suara Alam Burung Puter adalah kebudayaan asli Indonesia serta untuk meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan.

Lomba Puter Pelung Piala Dan Denpom V/I Madiun, ajang bergengsi penuh aksi

Ditinjau dari pariwisata dan budaya, Seni Suara Alam Burung Puter dapat menambah/ menjadikan salah satu wahana Pariwisata serta dapat mengenalkan potensi wisata yang ada di daerah kepada penggemar puter ( peserta lomba ), dimana peserta lomba diikuti dari berbagai kota diIndonesia.

Ditinjau dari persatuan dan kesatuan bangsa, pada latihan dan konkurs ini akan berkumpul seluruh masyarakat khususnya penggemar/pelestari yang saling berkenalan, bertukar pendapat sehingga terciptakan suatu masyarakat yang cinta damai tanpa memandang golongan, agama serta suku.

Bisa dikatakan pula bahwa ajang ini adalah sebagai wahana silaturahmi dan meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan antar komunitas dan penggemar burung di Indonesia, lebih mengenal dan mendalami nilai luhur kebudayaan asli bangsa Indonesia serta mendukung program Pemerintah memajukan sektor Pariwisata.

Juga menumbuhkan rasa sayang, melindungi serta melestarikan burung puter dari bumi nusantara, mengarahkan dan mengisi kegiatan positif dibidang perkembangan ekonomi social budaya serta persatuan dan kesatuan bangsa. Kegiatan kali ini akan melombakan tiga kelas yakni Kelas Utama, Kelas Madya dan laga Bintang (BOB).

Selain Dan Denpom V/I Madiun, Walikota Madiun akan hadir untuk memberikan perhatian pada acara ini. Guna memperlancar acara, panitia akan mendatangkan juri-juri nasional dan juri-juri senior dari Jawa Timur dan Jawa Tengah. Menurut Budi Yudiarto, juri yang akan diturunkan diharapkan bisa menjadi juru vonis yang adil tanpa membeda-bedakan.

“Saya sudah berkoordiansi dengan beberapa pihak terkait sehubungan dengan pemanggilan juri, saya ingin juri yang akan kami pakai benar-benar bisa diandalkan, professional, tidak berpihak pada salah satu peserta sehingga pelaksanaan acara tidak sampai tercoreng oleh ulah juri yang tidak bisa berperilaku fair play.

Juri P4SI jawa Timur yang bakal diturunkan dalam acara

Karena yang pasti, juri menjadi salah satu acuan keberhasilan dan kesuksesan sebuah penyelenggaraan lomba, seperti halnya lomba puter pelung. Untuk lebih memberikan semangat kepada peserta, panitia akan menyediakan doorprize berupa 2 unit sepeda, mesin cuci, TV LED 14’, kompor gas, rice cooker, kipas angina, setrika, ayam pelung, ayam ketawa, burung puter dan hadiah menarik lainnya.

Yang pasti, Lomba Puter Pelung memperebutkan Piala Dan Denpom V/I Madiun ini selain sebagai ajang silaturrahm, juga untuk membuktikan amunisi siapa yang benar-benar layak menyandang predikat terbaik. Pihak Denpom juga sudah siap mengamankan lokasi, sehingga juri tidak perlu takut untuk menjalankan tugasnya dengan baik dan benar.

“Kami dari panitia dan dibantu Denpom V/I Madiun siap memberikan pengamanan terbaik untuk seluruh juri dan peserta. tidak perlu ragu untuk melakukan tindakan benar karena kami akan memberikan perlindungan,” jelas Budi Yudiarto. Lebih lanjut dikatakan bahwa agar pelaksanaan acara bisa sesuai keinginan maka dukungan dan kerjasama dari semua pihak sangat diharapkan.

“Kami menyadari bahwa tanpa dukungan masyarakat terutama instansi yang terkait, unsur pengusaha swasta dan lembaga-lembaga lainnya, maka kegiatan pelaksana Lomba Puter Pelung Tingkat Nasional Piala Dan Denpom V/ I Cup Tahun 2019, tidak akan dapat terlaksana dengan baik. Karenanya kami mohon dukungan dan partisipasinya guna suksesnya acara ini,” harap Budi Yudiarto.

Trending

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.