Connect with us

Profil

Jagakarsa Team Jakarta, 16 Tahun Eksis Sebagai Komunitas Kicaumania Yang Kompak dan Solid

KONBUR Tayang

:

Jagakarsa Team Jakarta
Pengurus dan Anggota Jagakarsa Team

Menjaga keutuhan dan kekompakan antar personal dalam sebuah tim sebuah hobi burung tidaklah mudah. Namun, lain halnya dengan Jagakarsa Team. Sudah 16 tahun tim ini menjadi sebuah komunitas yang guyub rukun dalam kebersamaannya. Apa saja kebersamaan mereka dalam menjaga kekompakannya, sehingga tetap eksis di komunitas kicaumania?

Memulai dari sebuah hobi burung diawal tahun 2004 silam, komunitas kicaumania yang sebagian besar saat itu berdomisili di kawasan Jagakarsa Jakarta Selatan mulai dirintis oleh Yusbani alias Iyunk dan kawan-kawan.

Jagakarsa Team Jakarta
Salah satu kegiatan kumpul bareng menjaga kekompakan

Kicaumania kawakan ini menggalang rekan sesama penghobi menjadi sebuah tim bernama Jagakarsa Team sesuai nama wilayah tempat mereka berdomisili. Seiring perjalanan waktu, banyak simpatisan yang akhirnya tergabung didalam wadah tersebut, yang tidak hanya diwilayah itu saja tapi juga kicaumania diluar Jagakrsa turut bergabung di dalamnya. Nama Jagakarsa Team pun menjadi sebuah tim yang besar dan tangguh serta paling eksis di Jabodetabek.

Mereka tidak hanya sebagai peserta lomba saja, sejumlah even nasional pernah digarapnya dengan sejumlah even organiser dimasa itu.

Kini, tak terasa sudah belasan tahun tim yang saat ini digawangi Bambang Baguna. Sepanjang rentang waktu tersebut beberapa kali bergonta-ganti anggota maupun pengurus dan ketuanya.  Lebih dari 30an anggota tetap yang saat ini tercatat sebagai anggotanya.“Alhamdulillah sampai saat ini kami tetap kompak bersatu,” ungkap Bambang Baguna.

Banyak cara untuk menjaga hubungan kekompakan tim tersebut. Selain berkomunikasi lewat grup dimedia sosial pertemuan berkala berupa arisan dan sejenisnya rutin dilakukannya. Dan yang paling menarik, pertemuannya di lapangan mereka kerap turut berpartisipasi dengan penyelenggara lomba, membuka satu kelas khusus, kegiatan ini  biasanya dilakukan secara berkala  3 atau 6 bulan sekali bekerjasama dengan EO terutama yang ada diseputar Jakarta Selatan dan sekitarnya.

Jagakarsa Team Jakarta
Agung CN pemilik Murai Batu Top Gun menerima penghargaan dari ketua Jagakarsa

Mereka membuka 1 kelas khusus Murai Batu Jagakarsa. Karena sebagian besar personal tim ini dikenal lebih dominan main dijenis murai batu. Peserta dikelas ini hanya  diikuti  kalangan  intern anggota tim. Kelas khusus ini  hanya diperuntukan bagi anggota Jagakarsa Team.  “Dengan tujuan selain mempererat hubungan pertemanan sesama anggota juga turut meramaikan EO tersebut,” lanjutnya.

Kelas spesial kali ini digelar dieven The Champions Murai Batu Independen yang digelar New Ciganjur Enterprise di lapangan. Jalan Brigif Raya, Pos Pemadam Kebakaran, Ciganjur Jakarta Selatan, Minggu (1/2/2020).

Digelaran kelas khusus Jagakarsa Team tersebut juara pertama dimenangkan Top Gun koleksi Agung CN. Burung jawara lawas milik Agung ini memang dikenal tangguh dan memiliki kualitas materi irama lagu yang mewah. Sementara juara keduanya diraih Tibra kepunyaan Bambang Baguna. Burung hasil breeding sendiri ini juga kategori burung  terbaik yang sudah mencetak beragam prestasi dilevel nasinal. Keduanya sukses sebagai juara diantara lebih dari 30an burung peserta anggota dari tim Jagakarsa yang turun hari itu.  *agrobur4.

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.