Connect with us

Puter Pelung

Ir.Anjar Susatyo, Siap Eksis Menyemarakkan Hobi Puter Pelung Indonesia, Kini Resmi Jabat Ketua P5SI Cabang Priangan

KONBUR Tayang

:

Menekuni hobi puter pelung didapat secara kebetulan. Keisengan Ir.Anjar Susatyo menjelajah dunia maya, mengantarkannya pada komunitas puter pelung. Ketika itu Anjar Susatyo mengaku heran dengan suara puter pelung yang sempat didengarnya. “Yang saya tahu suara puter pelung itu biasa saja, tetapi ketika saya dengarkan dari beberapa orang di komunitas, suaranya kog beda,” jelasnya.

Ir.Anjar Susatyo (kiri) siap eksis menekuni hobi puter pelung

Rasa penasaran inilah yang akhirnya, semakin membawa Anjar Susatyo masuk lebih dalam pada komunitas tersebut. Tidak ingin rasa penasaran tersebut makin membuatnya bingung, akhinya Anjar memesan beberapa ekor dari komunitas yang kebetulan dijumpainya di media sosial.

Puter pelung trah Bonekamu, Hanan, PKJ, PS dan beberapa nama farm lain menjadi awal pembuka dirinya mengenal lebih dalam hobi puter pelung. “Ketika saya beli puter pelung pertama kali, sebenarnya saya tidak paham, namun saya tertarik dengan suaranya, bagi saya unik dan tidak seperti suara puter biasa,” terang Anjar Susatyo.

Selain Boyong Perwira, Anjar Susatyo jebol kandang Simon Perez BF

Diakui olehnya, semakin masuk ke dunia hobi puter pelung, ternyata semakin menarik. Puter pelung bisa dinikmati dan suaranya lebih unik. Bahkan ketika seringkali menjelajah ruang media sosial seputar hobi puter pelung, ada informasi menarik bahwa burung ini ternyata dilombakan. Saat itulah rasa ingin tahu dan penasaran semakin menjadi.

Hobi baru yang ditekuni, ternyata mendapatkan respon bagus dari rekan-rekan disekitar tempat tinggalnya. Mereka juga mulai tertarik dan menyatakan ingin menekuni hal yang sama. Sejak saat ini, Anjar memiliki komunitas penghobi puter pelung meski jumlahnya terbatas. Gayung bersambut, Anjar semakin menggila dalam menekuni hobi yang baru saya tahun ditekuninya.

Totalitasnya tidak perlu diragukan lagi dalam menekuni hobi

Perburuan puter pelung, kini tidak lagi sekedar menjadi anggungan dikediamannya, namun sudah diproyeksikan untuk mengisi arena lomba. “Meski saya belum paham betul, namun saya sudah bertekad untuk memiliki burung kelas lomba, yang penting niat saya untuk ikut lomba membawa burung-burung kelas lomba bisa terealisasi,” ungkapnya.

Apalagi tidak sedikit rekan-rekan sesama komunitas yang berusaha membantu dan mendukung hobi barunya, kiprah Anjar Susatyo makin menggila. Turun untuk pertamakalinya dalam gelaran lomba puter pelung Piala Wakil Gubernur DIY, Minggu 26 Januari 2020 lalu, Anjar langsung mentake over Perwira, puter pelung peraih juara tiga Kelas Utama, milik Simon Perez.

Ir.Anjar Susatyo resmi menjabat Ketua P5SI Cabang Priangan

Tidak itu saja, Anjar Susatyo juga menjebol dua indukan kandang Simon Perez Bird Farm Sleman Yogyakarta. “Saya hadir ke Yogyakarta ingin menikmati secara langsung lomba puter pelung, saya juga membawa 7 ekor puter pelung dari Pak Man (Simon Peres), diantaranya Perwira, dua pasang indukan hasil jebol kandang,” paparnya tanpa menyebut angka nominal.

Bahkan pada saat itu pula, Ir.Anjar Susatyo dikukuhkan oleh Acun Hadiwidjojo, Ketua Umum P5SI sebagai Ketua P5SI Cabang Priangan. “Saya sebenarnya belum siap jadi Ketua, apalagi usianya saya di hobi puter pelung baru satu tahun, namun amanah ini tidak mungkin saya tolak dan saya siap melaksanaknnya,” tegas pria yang juga menekuni hobi perkutut.

Pasca dilantik jadi Ketua P5SI Cabang Priangan, Anjar nampaknya makin menggila untuk terus memburu puter pelung kelas lomba. “Saat ini saya tidak bingung lagi untuk mendapatkan burung yang saya cari karena sudah banyak yang bantu, salah satunya Mas Ardhy. Saya harus segera tancap gas menekuni hobi puter pelung,” imbuhnya.

Koleksi puter pelung miliknya sudah mulai bertambah

            Dua tugas yakni sebagai penghobi dan juga Ketua P5SI Cabang Priangan, dinilai sebuah tantangan sekaligus amanah yang harus direalisasikan. Baginya tidak sulit karena bermodal sebagai mania perkutut yang sudah ditekuninya, Anjar Susatyo yakin bisa melakukan dengan target tepat sasaran dengan hasil memuaskan.

“Program saya kedepan adalah mensosialisasikan puter pelung kepada masyarakat, kemudian mengumpulkan pada penghobi, pengurus untuk melakukan penjadwalan agenda latihan, latber dan juga lomba. Mudah-mudahan agenda yang akan kami lakukan benar-benar bisa terwujud sesuai harapan,” harapnya.

Advertisement

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.