Connect with us

Perkutut

Ini Dia Jebolan WI Bird Farm Depok, Prestasinya Yang Banyak Mencorong Diawal Tahun 2021

KONBUR Tayang

:

WI Bird Farm Depok
H. Iwan saat bersama H Roni pemilik Roma BF Depok
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Nama WI Bird Farm milik H Iwan Wirawan sampai saat ini menjadi salah satu peternak perkutut  terbaik tanah air yang sudah banyak mencetak burung juara mulai level lokal, regional hingga nasional Liga Perkutut Indonesia (LPI). Diawal musim lomba tahun  ini sudah menampilkan  sejumlah burung  istimewa dipodium juara. Siapa dan  dari kandang mana saja?

Selamat Datang di WI BF

Diawal  musim lomba tahun 2021 ini sudah banyak produk WI BF yang mencorong disejumlah konkurs. Yang paling gres, dia baru saja meluncurkan anak burung ditangga juara di hari yang sama dalam even dan lokasi berbeda yakni  gelaran Pengda  P3SI Jakarta Timur Cup, Minggu 14 Maret 2021 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan gelaran lainnya Mbah Kramat Cup di Pemalang.

Diajang Pengda Jakarta Timur Cup yang digelar di TMII dia sukses mengantarkan gaconya S3 masuk diurutan ketiga kelas Piyik Yunior. S3 sendiri tak lain anak dari salah satu kandang WI K 222 bermaterikan  (WI B6 x WI B14).

H. Iwan dengan para tamu dari berbagai kota.

Sedangkan digelaran  Pemalang justru lebih mendominasi, diantarnya lewat Golden Boy milik Totok Bandung yang memenangi juara 1 dikelas Piyik Yunior. Burung tersebut terlahir dari kandang WI KB2. Selain itu digelaran tersebut juga ada Jaka Tingkir milik H Salas Pemalang yang meraih juara 1 dikelas Piyik Hanging.  Jaka Tingkir jebolanWI BF kandang D14 (WIB14 x WI 9A).

Sedangan produk WI BF lainnya yang juga moncer di ajang Pemalang tersebut ada Pandan Mas milik Ghorad dari Kebumen  yang menempati juara tiga besar dikelas Dewasa Bebas. Keluaran WI K3 (Nada 39B x Grand 17A).  

Dengan sederet produk yang dimunculkannya ditangga juara, membuktikan keluaran WI BF  bakal semakin mencorong ditahun ini. Peternakan yang dirintisnya mulai  ditahun 2000, meskipun sejatinya awal ketertarikan H Iwan pada perkutut dimulai ditahun 1998.  Memasuki tahun 2005 dikembangkan menjadi 27 kandang. Sejak itu popularitas WI BF terus berkibar. Dan, jumlah kandangnya terus bertambah hingga saat ini.

Bersantai di Gazebo sambil kerek burung

Ketika itu pengembangan kandang favoritnya dimulai dari anak Misteri Bahari TGM, kemudian berlanjut  burung Tengku TP 222 dan TP 222222 lalu MLT 02 dan sekarang MLT6A . Dan Igona 9 dan Igona 15.  “Dari materi-materi tersebut sudah banyak keluar burung istimewa, dan juara diberbagai lomba,” ungkapnya.

Sejumlah produk WI sudah menduduki peringkat juara diberbagai mulai even lokal, regional, nasional maupun LPI dan Liga Batavia. Juara LPI, ketika itu sejumlah burung jawaranya diantaranya ada B3, Bodong, Hamdan juga pernah masuk di LPI, juga ada Songgolangit, Tengku, Arimbi jempol 3,  Misteri Cinta. Juga Banyu Langit dan Angsana.

Ruang untuk memantau piyik-piyik WI.

Sampai saat ini, diatas lahan seluas 690m2 tidak kurang dari 81 petak kandang berdiri megah di kawasan Jalan Nurul Iman No 180, Dongkal (depan Palm Garden), Sukatani, Depok Jawa Barat (WA 0818850699) .

Suasana peternakan WI BF sangat resik dan asri. Selain dilengkapi tiang gantangan buat burung dewasa dam hanging piyikan dilengkapi gazebo tamu sambil bersantai mengerek burung. Sementara  bangunan 2 lantai diperuntukan sebagai sarana memantau burung dilantai dua tersedia 2 kamar tidur khusus tamu.

H. Iwan saat menerima thropi juara di Liga Batavia.

Memasuki tahun 2021  ini H Iwan bersama WI BF targetnya tidak muluk muluk dalam beternak,  sesuai komitmennya adalah melahirkan burung terbaik dengan irama suara berkualitas. “Karena, ciri khas produk WI adalah kualitas iramanya,” pungkasnya.

Yang jelas saat ini selain materi-materi indukan istimewa lainnya, juga ada 2 kandang terfavorit di WI BF diantaranya kandang 9A (MLT N66A x WI K7) dan Kandang B 14 (Igona 15 x WI B8). Intinya jebolan WI B 14 dan WI 9A dari trah keduanya kini banyak melahirkan burung juara dimusim lomba tahun ini.  *agrobur4.

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.