Connect with us

Ternak

Indo BF Cikarang: Indukannya Trah Jawara, Produktifitas Tinggi Dengan Cara Berpoligami

KONBUR Tayang

:

Indo BF Cikarang
Trotolan Produk Indo BF

Mengawali hobi sebagai pemain dilapangan lomba, kemudian  beternak  murai batu menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan dikalangan komunitas kicaumania. Ini yang sudah sejak lama dikembangkan Indo Bird Farm, peternak murai batu ternama dari Cikarang Jawa Barat. Menggunakan materi indukan trah-trah jawara, sukses mencetak anakan unggulan, produktifitasnya  tinggi dengan cara poligami.

Om Ugo bersama Om Herry IP

Peternakan murai batu Indo BF  mulai berdiri ditahun 2013 di Perumahan Taman Sentosa . Blok I 7 No 39   Pasir Sari, Cikarang Selatan, Jawa Barat  (WA 081318183066).  Penangkaran ini dikelola  Om Ir Indarjo, Om Andi Han dan Om Ugo. Jumlah peternakan murai batunya memang hanya 12 petak kandang. Itupun dengan cara model poligami.

Indukan Pejantan Poligami

Indukan terbatas yang penting fokus pada kualitas.   Produksinya mengalir deras nyaris tanpa henti, produktifitasnya yang tinggi juga sebanding dengan kualitas anakan yang dihasilkan. Karena menggunakan pasangan indukan trah unggulan terbaik.

Pasangan Indukan Unggulan

Anak-anak burungnya sudah banyak moncer dilapangan baik ditangan Om Ugo sendiri maupun dikalangan para pelanggannya yang sudah tersebar disejumlah kota. Nama-nama anakan produk Indo BF yang sudah tampil diantaranya ada Susu Jahe (SJ) Densus 88 dan Lawu di Lamongan.

Kandang Ternak

Boleh jadi anakannya banyak yangprestasi di atas gantangan, karena indukan terutama pejantannya rata-rata burung bekas juara dilapangan. Diantaranya adalah Petir (burung ini juara 1 Walikota Bekasi dikelas utama) dan masuk diposisi runner-up diBMW Cup Ancol, dan menempati peringkat juara disejumlah even nasional lainnya.

Ruang Trotolan Belajar Makan Voer

Selain itu, indukan jantan istimewa lainnya juga ada Lorenzo (dieven Jakarta Cup ke 3) juga juara runner-up digelaran Bintang Jagad Cup masuk posisi kedua. Nama pejantan lainnya juga ada jawara legendaris Viking yang pernah berjaya saat ditangan Ansel Pejaten 45 SF. Burung tersebut pemenang disalah satu gelaran Presiden Cup, Valentine Jogja dan even nasional lainnya. Kini burung tersebut sudah masuk dikandang ternak dan beranak pinak di Indo BF.

Produksi Vitamin Untuk Breeding dan obat burung sakit

Pejantan berikutnya juga ada Cadas, Mat Sohor, Maestro, Prabu, Mandalika, Bison, Jagger SWD dan lainnya. Trah-trah indukan pejantan juara ini sudah berhasil mencetak anakan-anakan unggulan dikandang Indo BF.

Trotolan Unggulan.

Lantas, berapa banderol atau harga anakan trotolan burung berkode ring Indo BF ini? Untuk harga relatif tergantung kualitas anakan dan materi pasangan indukannya. Harga trotolan jantan dikisaran Rp 4 juta hingga Rp 8 juta.

Pastol Masa Depan

Selain menangkar murai batu Indo BF juga memproduksi multivitamin dan obat-obatan khusus burung dan unggas, seperti Indo Vit dan Mineral Expres perpaduan kombinasi terbaik untuk meningkatkan jumlah telur, kualitas telur dan mencegah indukan dan trotol sakit.

Selain Breeding Murai Juga Budidaya peternakan Ayam

Dengan menggunakan produk-produk tersebut Penjodohannya mudah, indukan bertelur lancar. Daya tetas tinggi, indukan dan trotolannya sehat. Selain itu juga masih ada produk untuk obat-obatan lainnya Indo Tuntas, Berantas dan Indovitpro. *agrobur4.

Om Ugo bersama Om Giri Prakosa

Ternak

Nur BF Tangerang: Kembangkan Seri F 3, Lahirkan Anakan Murai Jawara Berkarakter Tempur dan Berdurasi

Published

on

Breeding Murai Nur BF Tangerang
Nur Ketika Antarkan Leak Juara di KMM

Di kalangan komunitas murai batu mania Jabodetabek khususnya di Tangerang siapa yang tak kenal Nur BF. Anakannya sudah banyak moncer diberbagai even organiser (EO), bahkan tidak hanya di Jabodetabek tapi juga disejumlah kota bahkan lintas pulau.

Untuk meningkatkan kualitas produknya dia lebih fokus mencetak burung murai batu seri F3 (Filial 3) atau generasi ketiga. Hasilnya sudah banyak mencetak burung jawara. Dan, produknya ini spesial burung berkarakter tempur berdurasi. Siapa saja anakan-anakannya yang sudah prestasi?

Indukan Pejantan Kakaroto bersama pasangannya

Tahun 2014 silam, Nur  Syaidin M mencoba merintis penangkaran murai batunya dikediamannya Jl Dipatiukur, Kp Uwung Hilir, Rt 01 Rw 10, Cibodas Tangerang, Banten. Mengawalinya sebagai seorang pemain murai, dia mencoba mengembangkan peternakan murai batu andalannya ketika itu hanya satu pasang.

Indukan Jlamprong

Seiring berjalanannya waktu, produksinya terus berkembang biak. Permintaan para pelanggannya terus mengalir deras. Saat ini total kandang Nur BF berjumlah 20 petak kandang. Menggunakan trah-trah terbaik dari sejumlah indukan jawaranya diantara ada Bimo, Jlamprong. Cakil, Seblak. Kakaroto, Razor, Bledek, Achiles, dan lainnya menjadi materi indukan kandang ternaknya.

Kandang Ternak Nur BF

Pejantan-pejantan tersebut dikembangkan dan dipasangkan dengan betina-betina pilihan dari para peternak ternama lainnya. Diantaranya beberapa indukan-indukan betina trah Pelor dan Jagger dari N 27 BF Jakarta milik H Nendra. “Tapi untuk saat ini sebagian besar indukan betinanya sudah dari hasil ternakan sendiri,” jelasnya.

Leak Andalannya

Kandang-kandang peternakannya, dibuat sebagaimana lazimnya peternak murai batu pada umumnya. Dibuat berejer dengan petakan mengganukan ram kawat halus bagian depan terbuka. Indukan produksi, anakannya dipanen ketika sudah menginjak umur 7-9 hari. Anakan-anakan tersebut diloloh pemilik hingga anakan mandiri, sudah bisa makan sendiri.

Diusia pasca panen itu juga sekaligus dilakukan pemasangan ring kode pemilik Nur BF atau juga APBN maupun PBI. Ring anakan biasanya sesuai pemesanan, tergantung permintaan mereka pesan bisa APBN maupun PBI, kami lengkapi dengan sertifikatnya,” ungkap Nur.

Anakan Bledek

Produk anakannya laku keras. Padahal banderolnya cukup lumayan, harga trotolan dikisaran Rp 5 juta hingga Rp 8 juta untuk seekor trotolannya. Tergantung materi  pasangan indukannya.  Intinya, harga sepadan dengan kualitas burungnya.

Anak-anakan burungnya banyak dibeli kalangan pelanggannya tidak hanya di Jabodetabek saja, tapi sudah tersebar disejumlah kota tanah air. Diantaranya ada The Rock yang saat ini moncer di Jember. Kemudian juga ada di Surabaya, Lombok dan Bangka anak-anak dari Ferari dan Baloteli.

Anakan Pasca Panen

Saat ini, Nur menyimpan jagoan andalannya yang sedang moencorong prestasinya, yaitu Leak anakan dari Bimo Jr. Tidak hanya juara dieven skala regional tapi juga nasional. Bahkan, burung tersebut juga sukses menjadi pemenang  juara pertama dieven spesialis murai batu diacara Kopdar KMM 4 dan KMM 5.

Sejatinya turunan Bimo Jr juga ada yang moncer selain Leak, yakni Mahaguru yang kini ada ditangan kicaumania Bogor.  Nama anakan Nur BF  lainnya yang  juga prestasi ada  King Kaisar anak dari Baloteli Jr, K Senopati  trah Cakil Jr,  Zipper turunan dari Joko Kendil Jr, Precil anak  dari Seblak Jr dan anakan-anakan prestasi lainnya. *agrobur4.

Lanjutkan Membaca

Ternak

Krespo BF Serang-Banten: Cetak Trotolan dan Pastol Murai Batu Istimewa Dari Trah Unggulan

Published

on

Bang Ucok Krespo BF

Hobi menggantang burung ke lapangan dan beternak murai batu bagi Bang Ucok pemilik Krespo BF, Serang Banten harus selaras dan seimbang. Karena kebanggaan  bagi seorang pemain burung murai batu adalah ketika dia sukses mengantarkan hasil ternakannya ketangga juara.

Tim Krespo BF Kompak dilapangan

Menampilkan burung hasil ternakan sendiri hingga prestasi merupakan obsesi Bang Ucok saat dia mengawali hobinya diburung. Untuk itu, sejak setahun lalu, bersamaan dimasa pandemi covid, karena aktivitasnya ke lomba terbatas,  dia lebih banyak di rumah  dan mulai mengembangkan budidaya penangkaran murai batunya.

Trotolan unggulan

Materi indukan pejantannya, tak lain burung-burung jawara unggulan andalannya yang selama ini dimainkannya di lomba diantaranya Marco, Raden, Demang, BJ dan lainnya. Bahkan, murai batu BJ sebelumnya adalah jagoan koleksi Babe Cucun dari B2C SF Jakarta.

Trotolan  Produk Krespo

Kandang ternaknya memang tidak sebanyak seperti para peternak murai pada umumnya, hanya 5 petak kandang. Baginya, sedikit yang penting fokus dan hasilnya berkualitas. Karena dalam beternak dia memang tidka mengejar kuantitas alias jumlahnya, tapi pencapaian kualitasnya.

Seperti targetnya, menghasilkan anakan-anakan terbaik dimasa depan. Oleh karena itu, meskipun trotolan dan pastolnya sudah semakin banyak, dia belum berniat untuk menjualnya. “Masih dicoba buat mainan sendiri,” ungkapnya.

Trotolan Krespo BF  Trah juara

Selain pejantan unggulan, indukan betinanya pun pilihan. Sebagian besar indukan-indukan betina berasal dari trah-trah peternak ternama, salah satu diantaranya Betina trah Jaguar dari Arco BF Serang, selain itu juga ada betina yang mengalir darah Begal dari SWD Klaten. Dan, juga  masih ada turunan Pelor Mas dari H Nendra Jakarta serta materi dari Mutiara BF Cileungsi.

Trotolan dalam pemasteran

Anakan burung-burung yang diternaknya, dibiarkan secara alami diasuh oleh indukannya hingga anakan sudah bisa mandiri diusia 25 hari hingga 30 hari. Dengan begitu kualitas anakan juga lebih bagus karena diasuh langsung oleh indukannya. Produknya mengunakan Ring Krespo BF dan APBN. Sekarang 2 ekor anakan trotolannya sedang “menimba ilmu” di V3 Bird School Mastering milik Rizal Serang Banten. *agrobur4.

Lanjutkan Membaca

Ternak

Andromeda BF Tangerang Selatan: Mengembangkan Indukan Murai Batu Trah Juara dan Ekor Panjang

Published

on

Steve Bersama Anakan Paroduk Penangkarannya

Saat ini sudah banyak penggemar maupun pemain lomba yang sukses budidaya penangkaran murai batu. Steve Vay RMI pemilik Andromeda Bird Farm salah satunya. Kicaumania dari Pamulang Tangerang Selatan ini, sudah sejak lama sukses mengembangkan penangkaran murai batu trah juara dan ekor panjang. Berikutnya ini gallery foto-foto indukan dan anakan-anakan terbaiknya.

Siap Mengawal Kedua Gaconya Ke Lapangan

Selain aktif ke lapangan dengan sederet murai batu andalannya. Steve juga mengembangkan peternakan murai batunya. Penangkarannya dimulai sejak tahun 2018. Tidak berlangsung lama, dia kena musibah, kebobolan, burungnya digondol maling tepatnya April 2019.

Panen dikandang Ternak

Tidak patah semangat, dia kembali eksis, kemudian mulai awal tahun 2020 dia mulai bangkit lagi. Materi-materi indukan yang diternaknya lebih bagus lagi.  Sampai saat ini, jumlah kandangnya memang tidak banyak hanya 8 petak kandang, khusus burung-burung trah juara dan ekor panjang. Sedikit yang penting menghasilkan anakan berkualitas.

Pasangan Blorok Siap Masuk Kandang terna

Ada 2 gaco handalnya saat ini yang sudah mencetak prestasi di arena lomba, yakni Metropolis dan Black Mortal keduanya merupakan andalan utamanya diatas gantangan bila turun ke lapangan.

Trah Ekor Panjang Pilihan

Bahkan Metropolis yang berkode ring APBN dan BnR ini tak lain hasil produksi ternakannya sendiri. Prestasinya sudah banyak disejumlah gelaran penting khususnya di Jabodetabek dan sekitarnya.

Indukan Jantan Unggulan

Setiap periode tertentu Steve selalu mengganti materi indukan-indukan terbaik dan terbaru  dengan tujuan meningkatkan kualitas produksinya. Kini, indukan-indukan jantan maupun betina Andromeda BF sebagian diantaranya sudah berganti materi-materi, tidak hanya berkualitas tapi juga jenis ekor panjang.

Panen Anakan

Beberapa diantaranya indukan dikandang ternaknya saat ini diisi indukan jantan berekor 27 cm x  betina 17 cm, 26 x 16 cm, 25 cm  x 15 cm, 24 cm x 14 cm dan 22 cm  x 14 cm.

Selain itu juga ada pejantan  Blorok Extrim  20 cm  x  betina Blorok Extrim  12  cm. Sementara, indukan-inudukan lainnya ekor standart tapi semuanya dari trah prestasi, burung orbitan sendiri diantaranya Dewa Ruci x RMC, Red Bul x RMC. Juga ada 17 F1 Larwo X 13 ( Ring RMC).

Trotolan Trah Dewa Ruci Jr

Karena anakannya terlahir dari indukan-indukan unggulan produknya juga laris manis. Pihaknya memang hanya menjual anakan atau usia trotolan. Ada juga lepas trotolan atau remaja dengan panjang 26 cm.

Semua trotolan yang keluar dari Andromeda BF sudah ada dasar lagu yang mumpuni karena Semua full master Burung hidup dan Elektronik , ga perlu sekolah maatering lagi.

Untuk pemesanan, itupun peminat harus bersabar antri menunggu giliran dan harus inden terlebih dahulu di nomor WA 081296664166. “Stok jantannya habis, harus pesan dulu,” ungkapnya diakhir obrolannya. *agrobur4.

Lanjutkan Membaca
Advertisement banner

Copyright © 2019 Media Agrobur. Powered by agrobur.