Connect with us

Puter Pelung

Hobi Puter Pelung 2019 di Jawa Timur Makin Semarak, Daerah Rame-Rame Bikin Lomba, Juli dan Agustus Padat

KONBUR Tayang

:

Tahun 2019 hobi puter pelung di Jawa Timur makin semarak. Hal ini ditandai dengan banyaknya agenda lomba yang sudah mulai dipromosikan. Jika selama ini agenda lomba bisa dinikmati hanya satu bulan sekali, kini dalam satu bulan bisa tergelar dua sampai tiga kali. Untuk bulan Juli 2019, dari data yang masuk, ada lima gelaran yang siap dilaksanakan.

Walikota Surabaya Tri Rismaharini saat menjadi tamu kehormatn Lomba Puter Pelung

Even tersebut adalah Latber Ronggolawe, Minggu 07 Juli 2019 di Café Benggol Joyo Madiun, Arya Wiraraja Cup 1 Sumenep, Sabtu 13 Juli 2019 di lapangan Kartini Sumenep, Latpres Ngawi Ramah 1, Minggu 14 Juli 2019 di Gantangan PG Soedhono Geneng Ngawi, sekaligus pengukuhan P4SI Kabupaten Ngawi, Latpres Liga Jenggala II, Minggu 21 Juli 2019 di Lapangan Tumapel Sidoarjo.

Sementara untuk bulan Agustus 2019, sudah menunggu dua gelaran yakni Trunojoyo Cup 1 Sampang, Sabtu 03 Agustus 2019 di Lapangan BAT BC Sampang, Lapres Mojokerto bangkit Minggu, 04 Agustus 2019 di Balai Desa Pager Luyung Barat Gedeg Mojokerto dan Kapolres Bangkalan Cup, Minggu 18 Agustus 2019 di Lapangan Bajing 22 Lemah Dhuwur Bangkalan. Beberapa penyelenggara mengaku bahwa gelaran yang mereka adakan, semata-mata sebagai bentuk kecintaan terhadap hobi puter pelung.

Tri Rismaharini saat menghadiri Lomba Puter Walikota Surabaya Cup

Seperti penuturan Budi Amir, ketua kelompok penghobi puter pelung Pawitandirogo. “Komunitas puter pelung Pawitandirogo merupakan paguyuban yang beranggotakan penggema, pelestari puter yang beradal dari wilayah Kabupaten/Kota Madiun, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten magetan, Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Pacitan,” jelas Budi Amir.

Mereka saat ini sepakat menggelar kegiatan, baik berupa latber ataupun latber yang diatur secara bergiliran. Satu sama lain saling mendukung, sehingga setiap pelaksanaan kegiatan selalu berjalan sukses. “Untuk lomba kami sudah sepakat dengan masing-masing pengurus Paguyuban dan P4SI Madiun,” lanjut Budi Amir.

Gelaran Kapolres Bangkalan dan Trunojoyo Sampang

Adapun kegiatan yang menjadi agenda mereka adalah Latber Pepeje, Latber Ronggolawe, Latpres Pawitandirogo, Latpres Ngabuburit Ramadhan, Latpres Halal Bi Halal Kolaborasi, Lomba Nasional HUT P4SI Madiun, Liga Puter Jatim 4 P4I Madiun, Latpres Reog GRS P4SI Ponorogo, Lomba Puter Ngawi Ramah 1.

Suhairi Jokotole Bangkalan mengaku bahwa agenda Kapolres Bangkalan miliknya digelar dalam rangka menyemarakkan hobi puter pelung yang ada diwilayah tersebut. “Saya ingin menunjukkan bahwa perkembangan hobi puter pelung di Bangkalan berkembang pesat meski kami hadir belum lama ini,” jelas pengorbit Sri Rama, puter pelung berprestasi.

Gatot Dwiyono, pemilik gantangan Bajing 22 Bangkalan yang bakal dijadikan lokasi penyelenggaraan Kapolres Bangkalan Cup mengatakan bahwa gelaran tersebut sebagai bentuk keseriusan mania puter pelung di Bangkalan untuk menekuni hobi.”Kami adalah pemula, namun kami ingin membuktikan bahwa pemula juga bisa melakukan hal yang sama,” kata Gatot.

Even Arya Wiraraja Cup 1 Sumenep dan Latpres Liga Jenggala Sidoarjo

Imam Husen, mania asal Sumenep yang sudah beberapa kali sukses menggelar hajatan puter pelung mengaku akan terus menyemarakkan hobi puter pelung dengan kegiatan. “Alhamdulillah selama kami menggelar kegiatan puter pelung, baik latihan biasa, latber ataupun latpres selalu mendapatkan dukungan luar biasa. kami ingin Sumenep khususnya dan Madura pada umumnya bisa menyemarakkan hobi puter pelung,” papar Imam Husein.

Sumarno penyelenggara Mojokerto Bangkit mengaku hal yang sama. Menurutnya jika mau ramai, maka gelaran seperti latber, latpres harus bisa dilaksanakan. “Kalau hobi tidak diimbangi dengan kegiatan, maka rasanya kurang greget, makanya kami hadir dengan gelaran Mojopahit Cup sebagai bentuk bahwa Mojokerto menjadi bagian penyemarak hobi puter pelung,” ungkapnya.

Latber Ronggolawe jadi agenda rutin komunitas Pawitandirogo

Bambang Supriyanto, ketua P4SI Jawa Timur mengakui bahwa apa yang dirasakan saat ini berkat kerjasama yang baik antara pengurus tingkat provinsi dan kota atau kabupaten yang ada di Jawa Timur, serta dukungan dan keinginan yang kuat dari semua komunitas untuk membangkitkan hobi puter pelung.

“Alhamdulillah, saya pribadi merasa bersyukur bahwa rekan-rekan pengurus dan komunitas yang ada di Jawa Timur sangat mendukung dan tetap semangat menyemarakkan hobi puter pelung. Semarak hobi puter pelung di Jawa Timur adalah keberhasilan bersama. Kami sangat apresiasi dengan pihak-pihak yang selama ini terus berjuang,” tegas Bambang Supriyanto.

Latpres Ngawi Ramah 1, agenda perdana siap ramaikan Ngawi

Selama ini Pengurus di tingkat Provinsi terus berusaha menjalin komunikasi dengan daerah untuk terus mengetahui kondisi dan keinginan mereka. “Kami dari P4SI jawa Timur selalu berusaha mencari pemahanan puter pelung agar bisa sehati, tidak menang sendiri. Komunikasi terus kami lakukan agar kami bisa terus memantau perkembangan yang ada,” lanjut Bambang Supriyanto.

Evaluasi terhadarp perkembangan puter pelung, baik ternak ataupun faktor lain menjadi tugas yang selalu dilakukan pengurus dengan harapan perkembangan ini tetap berada pada jalur yang benar. Meningkatkan keberadaan juri, baik kuantitas ataupun kualitas juga menjadi tugas yang selalu mendapatkan perhatian, sehingga keberadaan juri yang semakin lama mengalami penambahan diimbangi oleh kualitas yang dimiliki.

Latpres Mojokerto Bangkit, siap bangkitkan mania puter di Mojokerto

Yang paling penting masih menurut Bambang Supriyanto adalah pengaturan jadwal kegiatan, baik latber, latpres ataupun liga. Padatnya kegiatan harus tetap diatur agar tidak saling berbenturan antara satu daerah dengan daerah lain. “Tahun depan kami dari P4SI jawa Timur akan menjadwal ulang kegiatan sehingga bisa lebih rapi dan teratur,” imbuhnya.

Advertisement

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.