Connect with us

Perkutut

Hero 7 Bintang BF Jember: Baru Seumur Jagung, Tapi Sudah Orbitkan Burung Kualitas Lomba

KONBUR Tayang

:

Tyok H7B BF Jember
HERU TYOK H7B BF JEMBER. Pilih jalan pintas demi mantapkan hasil berkualitas.

Hero 7 Bintang Bird Farm atau H7B BF Jember, namanya memang belum banyak dikenal oleh kung mania Indonesia. Maklum, farm milik Heru Tyok ini memang baru awal tahun 2020 kemarin resmi dirilis. Meskipun H7B BF sudah terdaftar di P3SI Pusat tahun 2018 lalu, dengan nomor Register: 2563/P3SI/2018.

Tapi siapa sangka, meskipun farm H7B ini boleng dibilang baru se-umur jagung. Namun beberapa kandang oplosan H7B BF, sudah mulai mengeluarkan piyik-piyik kualitas lomba. Salah satunya adalah Naruto, piyik yang lahir dari K-6 (ASP C7 X ASP C8). Meski baru pertama kali turun di lomba Jangkar, Situbondo, Naruto berhasil masuk juara 2.

DI MARKAS FORUNE BF. Heru Tyok dan Andi Susanto

Bahkan yang terbaru kemarin, Naruto yang memang betul-betul masih minim jam terbang. Namun jago muda asli ring H7B ini masih mampu menunjukkan mental dan kualitas anggungnya. Saat turun di lomba besar yang sangat bergengsi yaitu laga Lawang Sewu Cup Semarang, hari Sabtu (25/9) kemarin.

Tarung di kelas piyik hanging dan bersaing dengan lawan-lawan tangguh yang diusung oleh peternak-peternak top dari berbagai blok. Naruto yang dikawal langsung oleh H.Wawan, Alit Sidomukti dan Yudi. Masih bisa masuk juara 19, setelah berhasil meladeni gempuran piyik-piyik tangguh lainnya di 3 blok full.

YASIN PEMILIK SMS BF. Banyak membimbing Heru Tyok daalm mengembangkan farm H7B .

Dan keberhasilan Heru Tyok, sukses mengorbitkan oplosan kandang-kandangnya dalam waktu singkat itu bukan kebetulan. Tapi menurutnya, semua itu dilalui dengan proses panjang dengan perencanaan serta pertimbangan matang. Bahkan sebelum membangun kandang ternak, ia mengaku sudah lama belajar dari beberapa peternak besar tanah air.

“Betul, karena dasar saya memang hobi dan bukan hanya perkutut. Tapi sebelumnya, saya lama main merpati, ayam maupun burung kicauan. Dan diperkutut inilah, saya benar-benar serius belajar dari beberapa peternak yang sudah sukses. Dari sini saya banyak mendengar cerita, kalau perkutut ini penuh mesteri,” terang Heru Tyok yang akrab disapa Tyok.

REGISTER P3SI PUSAT. Bukti H7B BF serius mengembangkan burung perkutut.

Khususnya soal ternak atau menyilangkan dua indukan, lanjut Tyok. Karena meskipun dua indukan yang kita silangkan punya kualitas suara bagus, namun hasilnya belum tentu bagus. Apalagi indukan yang kita silangkan berbeda trah darah maupun karakternya. Jelas hasilnya jauh dari harapan, karena kualitas serta karakter suara piyik-piyiknya tidak akan merata.

“Itulah pengalaman yang saya dapat, saat saya silaturahim dari peternak yang satu ke peternak yang lain. Dan akhirnya, saya mendapat petunjuk serta bimbingan, dari beberapa peternak yang saya anggap sesuai dengan hati saya. Dan hasilnya seperti yang saya lakukan sekarang ini,” tambah Tyok.

KANDANG H7B BF JEMBER. Sederhana namun bersih.

Dan menurut pengkuan Tyok, peternak yang sudah berjasa mau membagi ilmu sola ternak. Serta rela memberi materi indukan bagus untuk kandang H7B BF. Adalah ASP BF Cianjur, farm milik H.Asep Kartaman dan Fortune BF Salatiga milik Andy Susanto.

“Betul, H.Asep Kartana selain banyak membimbing saya soal ternak. Beliau juga rela melepas beberapa pasang burung mewah dari kandang favoritnya untuk indukan di H7B. Begitu pula dengan mas Andi Fortune, juga banyak memberi ilmu soal ternak dan indukan kualitas untuk materi kandang,” tandas Tyok.

10 KANDANG FAVORIT H7B BF. Piyiknya sudah mulai orbir di lomba.

Dari H.Asep, Tyok mendapat sepasang indukan mewah dari Kandang Favorit ASP BF, yaitu K-C7 dan K-C8. Sedangkan dari Andi Fortune, pemilik H7B BF Jember ini mendapat sepasang indukan bagus, yaitu Fortune Kandang C-10, Kandang C-8 dan beberapa Kandang favorit lainnya.

Namun yang kalah pentingnya, lanjut pemilik H7B BF ini. Ia juga mengaku mendapat banyak petunjuk dan bimbingan langsung dari pemilik SMS BF Jember, yaitu Mohammad Yasin yang akrab disapa Sin. Terutama soal menyilang dua indukan yang pas, sesuai dengan trah darah dan karakter suaranya.

PIYIK RING H7B BF. Sementara Not For Sale.

“Betul, mas Yasin ini benar-benar jadi guru saya soal crossing dan masalah lainnya. Pasalnya, selain beliau paham soal selsilah burung atau trah darah dan karakter suaranya. Selain itu, beliau juga sangat sabar, telaten dan jeli melihat perkembangan indukan di kandang maupun hasil piyiknya. Apabila ada masalah di kandang, mas Yasin ini langsung tanggap dan memberi petunjuk yang harus saya lakukan. Ini sangat penting bagi saya, sebagai peternak pemula,” tutur Tyok.

Dengan mendapat bimbingan langsung dari pemilik farm SMS inilah. Akhirnya pemilik farm H7B Jember memilih jalan pintas untuk mengembangkan kandang ternaknya. Sehingga tak keliru kalau baru setahun, farm H7B sudah mengorbitkan piyik kualitas lomba.

H7B KANDANG-5 DAN K-6. Sudah terlihat kualitas piyiknya.

Dan sekarang di rumanya jalan S Parman IV/9 Jember, H7B BF sudah membangun sekitar 40 petak kandang. Namun menurut Tyok, yang isi sementara hanya 20 kandang. Karena 20 kandang sisanya, sengaja direncanakan untuk pengembangan trah-trah dari H7B sendiri.

“Benar dan piyik-piyik ring H7B yang keluar sekarang ini. Sebetulnya tidak saya lombakan dulu dan rencana saya tahun depan. Karena saya ingin fokus untuk mengembangkan trah sendiri. Sampai hasil piyiknya dari semua kandang, punya kualitas bagus dan merata. Namun ada beberapa teman yang memaksa dan bersedia merawat serta membawa ke lomba, seperti Naruto itu,”  bilang Tyok.

Dan lagi, lanjut Tyok. Saat ini, ia juga masih belum mau melepas piyik-piyiknya dulu. Meski sudah banyak kung mania Jember yang naksir dan ngebet ingin meminangnya. Bahkan ada yang berani mengajukan mahar fantastis, yaitu Rp 25 juta dari piyik H7B K-8. Dimana induk jantanya adalah H7B ring 103 hasil dari (ASP C7 X ASP C8), disilang dengan betina dari ASP  C7.

“Iya, sampai sekarang piyik-piyik ring H7B, sementara Not For Sale. Bukan maksud saya menolak rejeki, tentu tidak. Tapi saya ingin melihat perkembangan piyik-piyik H7B sampai dewasa dengan harapan tetap bagus. Karena terus terang, saya orangnya ingin yang sempurna. Biar tidak mengecewakan orang lain,” bilang Tyok lagi.

KANDANG PENGEMBANGAN. Diharap bisa mencetak burung-burung bagus.

Inilah beberapa Kandang H7B BF yang menurut Tyok, hasil piyiknya cukup merata dan bagus. Selain K-6 yang sudah mengorbikan Naruto, juga ada K-6 (Fortune C1 X ASP C8). Dan menurut Yasin pemilik SMS BF, piyik K-6 ini kualitasnya anggungnya bisa lebih bagus dari dari Naruto. Baik latar suaranya, ketukan tengahnya maupun buangan ujungnya.

Lalu ada K-1 (Fortune 1241 X RPM Hummer), ada K-2 (Fortune 1310 X Kho Kho (cucu Grace Kelly). K-3 (Fortune 1360 X H7B 032), K-4 (Fortune 1370 X H7B 026), K-7 (H7B 024 X H7B 010). Kemudian K-9 (Macan K10 X Fortune C2 1143) dan K-10 (Fortune 1287 X Fortune 1216).

“Semetara sepuluh kandang itu yang menurut saya hasilnya cukup bagus. Ya mudah-mudaha kedepan, kandang-kandang pengembangan H7B. Bisa mengeluarkan perkutut-perkutut kualitas bagus. Baru kalau sudah terbukti bagus, baik di lomba maupun untuk materi kadang. Kemudian ada yang minat ya monggo, ini bonus rejeki buat saya,” tutup Tyok, saat ditemui awak media ini di farmnya.  *agrobur2.

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.