Connect with us

Lomba

Gelaran M4 Taruna Jaya BC Jember: Ijo Jamrud Hattrick, Seru di Kelas Lovebird dan Tino Tolak Tawaran 20 Jeti

KONBUR Tayang

:

Gelaran M4 Taruna Jaya BC Jember
GELARAN M4 TARUNA JAYA BC. Banyak melahirkan burung-burung hebat

Gelaran M4 Taruna Jaya BC Jember, hari Minggu 25 Agustus 2019 kemarin. Selain ramai dibanjiri kicaumania arus bawah (akar rumput). Ajang ini juga benar-benar menyajikan persaingan seru, khususnya di dua kelas yang banyak dibanjiri kicaumania/peserta, yaitu kelas Love Bird (LB) dewasa dan kelas Cucak Hijau (CH).

Gelaran M4 Taruna Jaya BC Jember
KRU PANITIA TIKET. Dengan ramah melayani pendaftaran.

Tapi bukan berarti kelas-kelas lainnya kurang menarik, tentu tidak. Kelas burung lainnya, seperti LB baby, LB Paud, Murai Batu (MB), Sogon dan Konin, persaingannya juga cukup seru. Dengan dikawal oleh tim juri Taruna Jaya yang punya tanggunggung jawab besar untuk menjalankan lomba fair play. Ajang itu pun berlangsung lancar tanpa ada kendala apapun.

Gelaran M4 Taruna Jaya BC Jember
TIM JURI TARUNA JAYA. Sukses mengawal M4 tanpa ada kendala

“Betul, meski tim juri yang bertugas kali ini hanya 6 orang serta dibantu 1 korlap. Tapi alhamdulillah, berkat kerja keras dan kekompakan mereka. Serta kerja lurus tidak neko-neko dan tidak milihat burung itu milik siapa. Dari awal sampai akhir, acara berjalan lancar dan kondusif. Terima kasih kepada semua peserta atas kerjasamanya untuk tidak berteriak,” tutur Mr.Giarto, selaku komandan Taruna Jaya BC.

Gelaran M4 Taruna Jaya BC Jember
JUARA LB DEWASA. Persaingan seru Miracle, Tino dan GJ.

Kerja all out tim juri Taruna Jaya yang cukup tegas, adil dan fair play memang terlihat sejak sesi awal lomba. Terbukti tepat pukul 11.00 WIB sesi LB Paud-A yang jadi pembuka lomba, berlangsung fair play dimana Juliet andalan Mr.Pandhu Ansor berhasil merebut podium pertamannya.

Gelaran M4 Taruna Jaya BC Jember
JUARA LB DEWASA A. Dimenangkan oleh GJ, Potre Koning dan Sadis

Tapi di tiga sesi LB Paud berikutnya, selain ada Maya milik Mr.Yuli yang berhasil mencuri juara 1 LB Paud-B. Juga ada Indonesia, besutan Mr.Yus yang mampu memboyong dua tropy juara 1 kelas LB Paud C dan D. Dan berkat prestasinya itu, Indonesia dinobatkan sebagai burung terbaik kelas LB Paud oleh panitia.

Gelaran M4 Taruna Jaya BC Jember
LOVE TERBAIK DEWASA. Direbut oleh GJ

Sedangkan untuk tiga sesi kelas LB Baby yang juga cukupketat persaingannya. Akhirnya juri memilih Brio milik Mr.Tekno sebagai juara 1 di kelas LB Baby-A dan Djalal andalan Mr.Zahir sebagai juara 1 LB Baby B. Serta Buroq milik Mr.Muklis, selain mengunci juara LB Baby C. Buroq juga dipilih sebagai burung terbaik LB Baby.

Gelaran M4 Taruna Jaya BC Jember
JUARA LB BABY A. Berhasil direbut oleh Brio

Dan persaingan paling seru dan panas terjadi di kelas LB dewasa yang memainkan 3 sesi. Karena selain jago-jago kualitas pada turun, seperti ada Tole milik Mr.Sahrul, ada Potre Koning  milik Mr.Syamsuri, ada Miracle milik Mr.Cin Han. Serta ada dua pendatang baru yang durasi kekeannya juga tak bisa diremehkan. Yaitu G J milik Mr.Ceso dan Tino milik Mr.Yudik yang sama-sama berjenis lutino mata merah.

Gelaran M4 Taruna Jaya BC Jember
LB BABY TERBAIK. Sukses diboyong oleh Buroq

Disesi pertama LB dewasa A, pertarungan seru antara  Potre Koning, Sadis, Dewi, Tino, Bocor Alus dan G J. Adu kekean panjang saling bersautan terdengar ramai, sejak awal gaco-gaco tersebut di gantang. Dan tim juri tetapfokus memantau dan sekaligus menghitung panjang durasi kekean dari masing-masing burung yang berlaga.

Gelaran M4 Taruna Jaya BC Jember
LB PAUD TERBAIK. Milik Indonesia andalan Mr.Yus

Namun akhirnya G J, besutan anyar milik Mr.Ceso itu mampu tampil mewah dengan sering melepas kekean panjangnya. Dan berhasil mengumpulkan total nilai tertinggi, G J bukan saja berhasil merebut tropy juara 1 kelas LB dewasa A. Tapi andalan Mr.Ceso itu juga sukses memboyong tropy LB dewasa terbaik.

Gelaran M4 Taruna Jaya BC Jember
JUARA CUCAK HIJAU B. Provokator berhasil naik podium utama

Sedangkan Miracle andalan Mr.Cin Han, meski terlambat hadir dan lagnsung main di sesi ke dua yaitu LB dewasa B. Jago yang memang punya kualitas serta kekean panjangnya, juga mampu mencuri podium satu. Dan untuk sesi LB dewasa C, giliran Tole milik Mr.Sahrul yang berhasil mengunci tropy juara satunya.

Gelaran M4 Taruna Jaya BC Jember
CUCAK HIJAU TERBAIK. Jamrud sukses hattrick

Sementara Tino, meski saat itu hanya masuk juara 7 dan juara 2, karena kerjanya yang memang kurang maksimal. Namun saat melepas durasi kekeannya yang superpanjang itu, Tino mampu mencuri perhatian juri maupun penonton. Bahkan saat itu juga, ada kicaumania yang berani mengajukan tawaran Rp 20 jeti ke Mr.Yudik, namun tawaran itu ditolak halus oleh Mr.Yudik.

Gelaran M4 Taruna Jaya BC Jember
JUARA MURAI BATU A: Digaet oleh Serdadu

“Ia gimana, selain saya masih eman untuk melepas. Maharnya juga masih belum sesuai dengan keinginan saya, ya untuk sementara Tino tak buat main dulu. Tapi kalau ada yang mau melamar dan maharnya cocok, tetap saya lepas,” kata Mr.Yudik.

Gelaran M4 Taruna Jaya BC Jember
MURAI BATU TERBAIK. Sukses diboyong oleh Osaka

Dan selain kelas LB yang memang seru persaingannya, kelas Cucak Hijau juga tak kalah menarik. Bahkan dari 4 sesi yang dimainkan, semuanya nyaris berlangsung ketat. Di sesi pertama CH A, Jamrud milik Mr.Hosnan nampak tampil ngotot untuk mengimbangi gempuran Rawit andalan Mr.Siri, Limbat milik Mr.Zen, Provokator andlan Mr.Jais serta gaco-gaco lainnya.

Gelaran M4 Taruna Jaya BC Jember
JUARA SOGON A. Berhasil diembat oleh Garuda

Namun berkat kerja stabil satu titik, dengan sering melepas rollingan lagu mewah dengan gaya ngentrok dan jambul plus didukung power suara lantang. Jamrud betul-betul mampu menunjukkan kualitasnya dihadapan tim juri. Bahkan besutan Mr.Hosnan ini bukan hanya mampu memborong 3 juara 1 (hattrick). Tapi Jamrud juga berhasil menjadi Cucak Hijau terbaik.

Gelaran M4 Taruna Jaya BC Jember
SOGON TERBAIK. Garuda milik Mr.Marfins

Sedangkan Provokator milik Mr.Jais yang sebetulnya juga punya kualitas rollingan lagu mewah. Hari itu harus puas dengan merebut juara 1, 4 dan 2. “Ya itulah burung, kadang tampil bagus dan kadang kurang perfom. Tapi saya puas, karena Provokator masih bisa membawa pulang tropy juara,” kata Mr.Jais.

Gelaran M4 Taruna Jaya BC Jember
JUARA KONIN. Mampu diborong oleh Provokator

Selanjutnya untuk dua sesi Murai Batu (MB), masing-masing tropy juara satunya berhasil direbut oleh Serdadu milik Mr.Yanto serta Osaka andalan Mr.Sobri. Tapi untuk gelar MB terbaik kali ini behasil diboyong oleh Osaka. Dan untuk 2 sesi Kacer, tropy juara satunya digaet oleh Manohara andalan Mr.Hadi Kios dan K Conk milik Mr.Jabrik.

Gelaran M4 Taruna Jaya BC Jember
TIM MLC JEMBER. Masih tetap eksis di love bird

Kemudian untuk 3 sesi kelas Sogon, juara satunya direbut oleh 3 gaco yang berbeda, yaitu ada Garuda milik Mr.Marfins ada Merdeka andalan Mr.Yoyok dan ada Jaran Goyang milik Mr.Pri Dolbek. Namun gelar Sogon terbaik berhasil diboyong oleh Merdeka milik Mr.Marfins. Untuk nominasi juara selengkanpanya, bisa dilihat di box daftar juara.

Gelaran M4 Taruna Jaya BC Jember
TIM JURI. Mampu kerja all out, kompak tanpa ada muatan apapun

“Sekali lagi saya selaku penanggung jawab acara ini, mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan dan kehadirtan semua kicaumania arus bawah. Dan tak lupa saya bersama semua kru panitia serta tim juri mohon ma’af, bila masih ada kekurangan. Kita bertemu kembali di agenda rutin seperti biasanya dan M4 setiap akhir bulan,” tutup Mr.Giarto yang sering memberi bonus kejutan disetiap gelarannya. *agrobur2.

Trending

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.