Connect with us

Perkutut

Gelaran Liga Hanging Peternak Sampang 2022 Selalu Membludak dan Meriah, Ini Pengakuan Ketua Pengda dan Ketua Liga

KONBUR Tayang

:

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Liga Hanging Peternak Sampang 2022 sudah berjalan 5 putaran. Rabu, 10 Agustus 2022 akan menjadi agenda keenam. Pelaksanaan demi pelaksanaan, selalu menuai hasil yang menggembirakan. Peserta yang berhasil dihadirkan minim berjumlah 4 blok. Angka yang terbilang sukses dalam sebuah even untuk kelas yang hanya membuka Piyik Hanging saja.

Ketua Pengda Sampang (empat kanan) sukses hadirkan Liga Hanging

Selain membludaknya jumlah kung mania, banyaknya doorprize menjadi hal yang selalu terlihat dalam setiap gelaran. Ada puluhan item doorprize yang berhasil dikumpulkan penyelenggara/panitia. Bisa dikatakan setiap peserta memiliki peluang yang besar untuk membawa pulang doorprize yang selalu terpampang jelas di atas panggung.

Advertisement

Belum lagi hadiah yang bisa dibawa pulang peserta yang dinyatakan sebagai juara, semakin menambah lengkap oleh-oleh kung mania ketika meninggalkan arena liga. Kemewahan tersebut sangat kontras jika dilihat dari bandrol tiket yang dipasang. Setiap peserta hanya dibebankan tiket Rp 50 ribu sebagai syarat untuk menjadi peserta.

Ketua Liga Sampang (kanan berdiri) sukses mainkan peran

Hanya dengan mengeluarkan uang sejumlah Rp 50 ribu, mereka bisa mendapatkan kesempatan untuk pamer orbitan, bersilaturrahmi dengan sesama kung mania, makan dan minum yang disediakan panitia plus suguhan makanan khas bernama kolopendem serta peluang membawa pulang hadiah juara dan juga doorprize.

Pemandangan seperti ini selalu tersajikan dalam setiap liga. Mengapa kondisi seperti ini bisa terjadi. Zainul Ghaffar, Ketua P3SI Pengda Sampang mengaku bahwa kunci sukses semua itu adalah hanya bermodal kekompakan dan saling mensupport satu sama lain, bukan hanya dari kung mania perorangan, tetapi juga dari team.

Dukungan dari tokoh dan senior perkutut Sampang begitu luar biasa

“Alhamdulillah kung mania di Sampang kini kompak dan saling memberikan support pada yang lain ketika ada kegiatan, mereka dengan semangat dan tidak terpaksa memberikan dukungan penuh untuk mensukseskan kegiatan yang ada di Sampang. Terus terang saya sangat terharu sekaligus bangga dengan kondisi seperti ini,” terang Zainul Ghaffar.

Lebih lanjut disampaikan bahwa Pengda Sampang juga memberikan peran kepada setiap kegiatan yang akan digelar. “Meski mereka sanggup untuk menggelar kegiatan sendiri, namun Pengda tidak tinggal diam, kami tetap memback-up setiap kegiatan, terutama ketika mereka mengalami kesulitan,” ungkap pemilik PGM Bird Farm.

Panitia Liga Perkutut Sampang selalu all out dalam menggelar acara

Menurut Zainul Ghaffar, setiap kegiatan pasti akan menemui sesuatu yang tidak selamanya enak, terkadang ada hal-hal yang membutuhkan perhatian dan bantuan dari Pengda, semisal perijinan dan hal-hal yang mungkin membuat penyelenggara berat untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan liga hanging.

“Saya sampaikan kepada seluruh Pengcam yang akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Liga Hanging, jika ada masalah dengan perijinan atau beban tidak mampu menyediakan doorprize dan hadiah, maka segera koordinasi dengan Pengda Sampang, kami siap membantu menyelesaikan masalah tersebut,” pesan Ketua P3SI Pengda Sampang.

Peran juri menjadi salah satu kunci sukses gelaran Liga Hanging Peternak Sampang

Ahmad Mauluddin, Ketua Liga Hanging Peternak Sampang 2022 mengatakan hal yang sama. “Kekompakan dan gotong royong jadi kunci sukses antar kung mania Sampang, makanya setiap gelaran selalu semarak dan ramai,” jelas Ahmad Mauluddin. Disampaikan bahwa kalau sudah mau mengadakan lomba, setiap penyelenggara ingin memberikan yang terbaik kepada peserta.

“Saya salut dengan kung mania di Sampang, setiap mereka akan menggelar kegiatan seperti Liga Hanging, mereka  tidak ingin mengecewakan peserta dan selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Apapun akan mereka lakukan agar kegiatan yang dibuat tidak sampai membuat malu,” ungkap juri nasional Sampang.

Seluruh elemen perkutut memberikan dukungan penuh pada sukses liga

Masih menurut Ahmad Mauluddin bahwa banyaknya jumlah doorprize yang diberikan bukan karena ada dana khusus yang sudah dialokasikan untuk kegiatan tersebut. “Selama yang saya tahu, setiap kegiatan liga hanging tidak ada pendaaan khusus, tidak ada bos, jadi semua ditanggung bersama-sama,” sambung Ahmad Mauluddin lagi.

Dengan kemewahan yang berhasil mereka hadirkan, dipastikan tidak memberikan keuntungan. “Kalau dikatakan rugi pasti jelas, tapi bagi mereka itu tidak ada masalah. Penggemar di Sampang jumlahnya banyak dan mereka kompak untuk urunan, yang penting lomba sukses, jangan sampai membuat malu penyelenggara,” tambah Ahmad Mauluddin lagi..

Hiburan rakyat menjadi salah satu agenda yang dihadirkan

Bahkan sejak awal mereka tahu kalau kegiatan yang mereka gelar akan menuai rugi. Tetapi mereka tetap semangat. Selama ini dooprize yang tersedia dalam setiap kegiatan berasal dari dukungan para peternak dan kung mania. Mereka menyumbang doorprize dengan sendirinya. Penyelengara tidak pernah narget untuk sumbangan tapi spontanitas.

Kenyataan itulah yang membuat apapaun yang berat, maka akan terasa ringan karena dilakukan secara sukarela. Mereka kerja gotong royong, tidak ada yang dibayar. Malam menjelang pelaksanaan ada acara kumpul-kumpul atau selamatan. Ahmad Mauluddin juga mengatakan bahwa dengan tiket hanya Rp 50 ribu, mana mungkin bisa cukup.

Doorprize melimpah jadi daya tarik yang disediakan dalam setiap gelaran

Belum lagi uang tiket tersebut akan dipotong 10 ribu untuk hadiah diakhir liga. Support yang diberikan Ketua Pengda Sampang juga menjadi salah satu factor yang menjadikan setiap kegiatan berlangsung semarak dan heboh. “Saya akui, bahwa Ketua pengda selalu ada dan hadir, ketika ada masalah pasti dibantu oleh ketua,” ungkap Ahmad Mauluddin.

Hal lain yang saat ini terjadi dalam organisasi bernama P3SI Pengda Sampang adalah semua pengurus digerakkan. Tupoksi pengurus difungsikan. Makanya semua merasa diperhatikan. Apapun yang berat kalau kita gotong royong, maka semua akan ringan. Selain dari pengda, ada support yang diberikan oleh setiap Pengcam.

Trending

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.