Connect with us

Lomba

Gantangan Masterpiece Arena BSD Tangerang, Jadi Panggung Termegah Kicaumania Nusantara

KONBUR Tayang

:

Gantangan Masterpriece Arena BSD Tangerang
MASTERPIECE ARENA. Bakal jadi panggung termegah kicaumania nusantara.

Gairah lomba burung kicauan tampaknya bakal mencapai puncaknya memasuki awal tahun 2022 mendatang. Sejumlah even organiser (EO) sudah saling mengagendakan jadual lomba masing-masing. Namun, pilihan tetap jatuh ditangan peserta, EO mana yang layak dan pantas diikuti yang bisa memuaskannya?

Di Jabodetabek ada lapangan anyar yang baru saja dirampungkan pengerjaannya. Gantangannya sungguh megah, Masterpiece Arena. Sebuah lapangan gantangan yang didesain dengan konsep teknolgi modern.

Panggung Gantangan Dikelilingi Pagar Pembatas.

Bak sebuah panggung pertunjukan, arena lomba burung yang awalnya khusus untuk murai batu dibuat atas ide dan gagasan orisinal Mr Farid Bintaro selaku owner (pemilik) bersama Ir Wahyu Eko Budi Utomo atau kerap disapa Wahyu Barometer, sebagai konsultannya.

Berlokasi di area parkir Samsat BSD, Tangerang Selatan memang dibuat model gantangan minimalis. Berkapasitas tidak lebih dari 25 gantangan. Panggung setinggi 60 cm dari permukaan tanah ini tampak semakin megah dengan didukung seperangkat peralatan canggih.

Persiapan untuk Kursi Peserta.

Lalu, bagaimana dalam menjaga obyektivitas dan menjunjung fair play dalam penilaian? Tenang saja, panitia sudah menyiapkan gantangan ini  dengan dilengkapi kamera CCTV disetiap sudut-sudutnya. Tujuannya untuk meminimalisir celah kecurangan bilamana ada oknum juri yang bermain.

Apabila ada ketidakpuasan peserta bisa diklarifikasi dari hasil rekaman CCTV tadi, lengkap dengan audio visualnya. “Semua data peserta burung ada dipanitia, jadi kalau ada yang kurang puas, silahkan hubungi panitia. Khusus untuk para juara lima besar bisa melihat hasilnya dari rekaman ini. Pokoknya kami selalu berusaha menyajikan yang terbaik,” jelas Ir Wahyu.

Gantangan juga model electrik, akan menutup sendiri sesuai waktu yang ditentukan pihak panitia.   Cara kerja gantangan elektrik ini, diatas gantangan sesuai nomor ada alat yang bisa buka tutup secara otomatis, yang dikendalikan dengan remote diatur oleh timer.

Mr Farid Bintaro (owner).

Setelah ada aba-aba  Gate akan tertutup secara otomatis dalam hitungan 5 detik. Jika  peserta belum atau menunda-nunda menggantang setelah Gate tertutup burung kontestan yang bersangkutan otomatis terdiskualifikasi.

Adapun fungsi dan tujuannya menggunakan Gantangan Electrik ini agar peserta tepat waktu saat mulai menggantang. Dan, bilamana peserta telat gantang sesuai waktu yang ditentukan, maka gantangan akan menutup secara otomatis. Karena sudah tidak ada celah gantangan lagi untuk menggantang. Tujuannya agar peserta tepat waktu saat menggantang, tidak saling menunggu

Untuk kenyamanan peserta, panitia sudah menyiapkan kursi khusus. Peserta tinggal duduk manis mendengarkan burung karena dalam aturan lomba di lapangan Masterpiece Arena ini peserta dilarang teriak.

Sejatinya lapangan Masterpiece Arena ini tidak hanya untuk lapangan murai batu, tapi juga untuk semua jenis burung. Karena nantinya pengelola akan menyediakan fasilitas ini bagi setiap EO yang ingin menyewa dan menggunakan lapangan ini. Tapi dengan aturan main yang sudah ditetapkan manajemen Master Piece Arena.

Ir Wahyu (konsultan).

Masih menurut Wahyu,  Masterpiece Arena juga akan merekrut dan mencetak juri sendiri. Membangun sebuah SDM juri yang bekerja secara professional. Saat ini pihaknya tengah persiapan rekrutmennya. Penugasannya disesuaikan dengan kualifikasi berdasarkan kemampuan skil masing-masing  juri. Berdasarkan tingkatan, misalnya, Grade A khusus bertugas dieven-even skala nasional, sementara Grade B lomba regional dan Grade C untuk gelaran lokalan dan sebagainya.

Namun demikian, tidak tertutup kemungkinan seorang juri yang berkualifikasi  Grade C bisa langsung naik kejenjang berikutnya karena prestasinya, begitu juga sebaliknya. Semua tergantung kinerja juri, bila ada pelanggaran berat, konsekuensinya ya dikeluarkan atau pemecatan.

Pakem penilaian tetap mengacu pada penilaian pakem Pelestari Burung Indonesia (PBI).  “Karena pakem ini merupakan yang terbaik,  yang dinilai adalah  kualitas burung,” pungkasnya diakhir obrolannya.

Yang jelas, panggung Masterpiece Arena bakal menjadi sarana ajang tontonan yang menarik dan menghibur kicaumania nusantara diawal tahun 2022 mendatang. Burung-burung, khususnya, murai batu terbaik lintas blok bakal bermain disini. Seperti tagline nya, Barometer Burung Berkualitas! *agrobur4.

Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.