Connect with us

Derkuku

Duel Sapujagat Versus Presiden di Deku Mania Bali 2020, YNT Dominasi Juara

KONBUR Tayang

:

de
Lomba Besar Deku Mania Bali 2020 berlangusng ramai, Minggu (13/12) di Lapangan Sanur Denpasar.

SETELAH istirahat panjang dari gelaran lomba besar selama pandemi Covid-19, event bertajuk Lomba Besar Deku Mania Bali 2020 akhirnya digelar di pengujung tahun 2020, Minggu 13 Desember 2020 di Lapangan Sanur, Denpasar-Bali. Lomba yang diprakarsai PPDSI Bali ini menuai sukses baik secara kuantitas maupun kualitas.

Presiden versus Sapujagat terjadi di kelas senior

Secara kuantitas, seluruh tiket nyaris ludes terjual, dimana lomba tidak saja dihadiri deku mania Bali juga diluruk deku mania dari Jakarta, Yogyakarta, Kediri dan Jember, serta tak luput deku mania Lombok juga ikut berpartisipasi.

H Yusuf Haryanto menerima trofi setelah Presiden moncer

Hadirnya deku mania Jawa seperti H Yusuf Haryanto dengan ring YNT-nya yang sudah terbukti unggul di arena membuat tiga kelas yang disediakan panitia dilibas habis oleh gaco-gaco andalannya. Presiden, Pangeran dan Samudra sukses unggul di kelas senior, yunior dan pemula.

Sapujagat imbangi Presiden di kelas dewasa senior

Namun deku mania Bali tidak mau ketinggalan. Seperti di kelas dewasa senior, pertarungan sengit terjadi. Presiden yang menyandang gelar jawara nasional mendapat perlawanan sengit dari Sapujagat yang merupakan adik Presiden sendiri yang dari lain indukan betina. Sama-sama berusaha memamerkan kualitas suara terbaiknya, duel Presiden yang diimbangi Sapujagat debutan H Salim Andriyanto ini menjadi tontonan menarik para sesepuh derkuku Bali.

Para jawara di kelas dewasa senior

Di babak pertama dalam kondisi mendung yang menyelimuti angkasa, Presiden yang bertengger di nomor 22 hanya meraih bendera lima warna. Nilai yang sama juga disabet Sapujagat. Memasuki babak kedua Presiden semakin perfoma. Suara depan tengah dan ujungnya yang panjang selalu stabil dikeluarkan hingga menembus penilaian 6 warna. Sebaliknya Sapujagat sempat tertinggal.

Pangeran sabet juara di kelas dewasa yunior

Baru memasuki babak ketiga, Sapujagat tancap gas. Suaranya yang ciamik terus dikeluarkan hingga juri memberikan bendera 6 warna. Demikian juga Presiden yang kembali tampil apik dan mengumpulkan bendera enam warna dan berlanjut di babak keempat mempertahankan kualitas suaranya sehingga kembali meraih enam warna. Sebaliknya Sapujagat baru mendapat lima warna dan jelang akan naik keburu lomba berakhir. Presiden akhirnya bertengger di puncak dan Sapujagat memepet di posisi runner up.

Para jawara yunior

Di kelas dewasa yunior, Pangeran milik H Yusuf Haryanto yang berada di nomor 95 dari empat babak yang diikutinya berhasil mengantongi tiga kali lima warna dan di babak ketiga mendapat empat warna. Pangeran dipepet Komodor yang juga bergelang YNT  yang di babak pertama dan kedua hanya sanggup meraih empat warna tetapi di dua babak berikutnya justru melaju meraih lima warna.

Para jawara dewasa pemula

Di kelas pemula perolehan poin sangat ketat. Samudra milik H Yusuf Haryanto sukses meraih podium utama dengan empat kali meraih bendera empat warna. Nilai yang sama juga diraih Farida namun koordinator juri menempatkan di nomor dua karena beberapa pertimbangan di antaranya masalah irama lagu.

Samudra moncer di kelas dewasa pemula

Dengan demikian, dari tiga kelas yang disediakan, ring YNT Yogyakarta sukses memetik 9 poin dan di antaranya melibas habis posisi puncak.

Di akhir lomba, selain dimeriahkan burung lelangan juga ada doorprize utama sepeda motor yang disabet Ananda salah seorang deku mania Bali.

Doorprize sepeda motor

Ketua panitia Nyoman Sudiana mengucapkan terimakasih kepada seluruh deku mania yang sudah berkenan hadir memenuhi undangan panitia sehingga lomba berjalan meriah dan menjadi perhatian deku mania untuk melihat dan mendengar gaco-gaco lapangan yang selama ini malang-melintang di ajang lomba nasional.

Team Guyub Rukun, dominasi juara di Lomba Besar Deku Mania 2020

Terimakasih juga disampaikan kepada para juri yang bertugas yang sudah menunjukkan profesionalismenya dalam bertugas dan semangat untuk menyajikan lomba yang benar-benar fairplay. Demikian pula terimakasih kepada para sponsor sehingga tersedia doorprise utama sepeda motor yang menambah bergairah jalannya lomba serta dukungan burung lelangan untuk deku mania Bali yang disupoort beberapa peternak Bali dan Jawa.

Pada kesempatan itu, Nyoman Sudiana juga menyampaikan permohonan maaf jika selama penyelenggaraan lomba ada hal-hal yang kurang berkenan. (gde)

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.