Connect with us

Perkutut

Dewan Pengawas, Meski di Luar Ring, “Suaranya” Sangat Menentukan

KONBUR Tayang

:

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Dewan Pengawas menjadi pemandangan yang bisa dilihat dalam setiap gelaran konkurs yang terjadi di wilayah Bangkalan. Keberadaannya memang sudah mendapatkan lampu hijau dari Pengda P3SI Bangkalan, bahkan organisasi inilah yang memunculkan ide untuk menghadirkan Dewan Pengawas.

Ir.Moh.Arifin saat melaksanakan tugas sebagai Dewan Pengawas

Kini, keberadaanya semakin kuat ketika turun surat edaran P3SI Pusat. Namun demikian, Ir.Moh.Mahmud selaku Ketua Pengda P3SI Bangkalan menuturkan bahwa janganlah surat edaran tersebut ditanggapi negative thingking. “Anggap saja surat edaran tersebut sebagai cara untuk memacu kinerja kita lebih baik,” terang pemilik CTP Bird Farm.

Advertisement

Dewan Pengawas sendiri dihadirkan untuk memantau dan membuat catatan terhadap kinerja juri ketika terjadi protes yang dilancarkan peserta. Dewan Pengawas yang memiliki catatan khusus terhadap burung-burung yang bertarung di dalam lokasi, bisa memberikan penilaian apakah kinerja juri sudah betul-betul sesuai atau sebaliknya.

Dari sanalah akan ditentukan kenapa protes bisa terjadi, apakah murni kesalahan juri atau peserta yang memaksakan diri untuk mendapatkan nilai lebih meski tidak sesuai performa burung miliknya pada saat berada di atas kerekan atau gantangan. Catatan inilah yang akan menguak tabir kebenaran.

RB.Moh Halim Dewan Pengawas memiliki tanggung jawab besar

Akan ada sanksi yang bakal dijatuhkan ketika insiden itu terjadi karena disebabkan kesalahan dari juri ataupun peserta. “Sanksi yang jangan dijadikan terbatasnya ruang juri, anggap saja bahwa juri memiliki tugas mulia. Jangan punya pemikiran bahwa semua ini sangat merugikan, tapi jadikan pemacu untuk bisa lebih profesional,” tutur Ir.Mahmud.

Adapun mekanisme yang akan dilakukan ketika ada insiden, adalah pengurus dalam hal ini Ketua Pengda akan melihat kronologis kejadian, peserta dan juri akan dimintai pendapat terkait hal tersebut. Selanjutnya catatan Dewan Pengawas akan dijadikan acuan untuk menentukan keputusan.

Apakah peserta yang bersalah atau juri yang tidak mampu menjalankan amanah dengan baik. Hasil akhir, Pengda akan mengeluarkan surat sanksi kepada siapa akan diberikan. Kenyataan inilah yang membuat Dewan Pengawas merasa bahwa tugas yang diembannya tidaklah enteng meski tidak secara langsung menilai seluruh burung yang mengikuti agenda saat itu.

H.Astro mengaku bahwa Dewan Pengawas tugasnya berat

“Dewan Pengawas punya tanggungjawab penuh karena kalau ada apa-apa, maka Dewan Pengawas yang akan pertama kali dimintai pertanggungjawaban. Maka dari itu, ayo kita kerja dengan hati nurani,” ungkap mantan juri nasional asal Sumenep. Lebih lanjut dikatakan bahwa beban Dewan Pengawas lebih berat, setidaknya akan ada catatan ketika nantinya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Ir.Moh.Arifin yang juga ditunjuk menjadi Dewan Pengawas menuturkan bahwa kinerjanya jangan asal-asalan. “Dewan Pengawas harus teliti karena akan menjadi catatan khusus jika ada protes,” tegas mantan Ketua P4SI Bangkalan. H.Astro yang dipercaya menjadi Dewan Pengawas mengaku ada tantangan ketika harus ditugaskan.

“Jika selama ini saya menjadi juri hanya menilai satu blok, tapi saat ditunjuk jadi Dewan Pengawas, harus mengawasi jumlah blok yang ada, ini tentu jadi tantangan tersendiri,” kata juri asal Sampang. Dengan demikian mereka berharap agar ada aturan yang bisa menjadikan kinerja mereka benar-benar maksimal sehingga bisa meminimalisir kesalahan yang bakal terjadi.

Meski berada di luar ring, “suara” Dewan Pengawas menentukan

“Tugas Dewan Pengawas ada nilai plus, maka kami harus diberikan keleluasaan untuk masuk arena, karena burung-burung bagus kebanyakan ada di tengah,” usul Ir.Moh.Arifin,MM. Lebih lanjut dikatakan bahwa usai acara, juri dikumpulkan untuk melakukan evaluasi terkait dengan hasil yang sudah dilakukan. RB.Moh.Halim juga memiliki pemikiran yang bisa mempermudah tugas Dewan Pengawas.

“Seharusnya Dewan Pengawas memantau hanya 1 kelas saja sehingga hasilnya lebih maksimal. Barangkali hal ini bisa direalisasikan maka akan mempermudah kami dalam menjalankan tugas dengan baik,” harapnya. H.Astro pun memiliki masukan demi hasil yang sesuai keinginan bersama. “Carilah orang yang akan dijadikan Dewan Pengawas yang betul-betul mampu menjalankan tugas sehingga bisa memberikan manfaat,” usul H.Astro.

Advertisement
Advertisement

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.