Connect with us

Lomba

Dari Rakerda PBI Bali, Konservasi dan Penerapan Protokol Kesehatan menjadi Perhatian Utama

KONBUR Tayang

:

de
Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PBI Pengda Bali digelar Sabtu (21/11-2020) di Resto D’tukad Desa Budaya Kertalangu Kesiman Denpasar

DI tengah pandemi Covid-19, Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PBI Pengda Bali digelar Sabtu (21/11-2020) di Resto D’tukad Desa Budaya Kertalangu Kesiman Denpasar. Rakerda yang digelar ketat menerapkan protokol kesehatan menghasilkan beberapa keputusan penting jelang menyongsong aktivitas perburungan Tahun 2021 mendatang di tengah pandemi Covid-19. Hasil keputusannya yakni tetap berpegang teguh pada marwah PBI yakni konservasi, segala aktivitas PBI di lomba selalu menerapkan protokol kesehatan aman Covid-19, dan menetapkan jadwal lomba PBI tahun 2021.

Rakerda dihadiri Plt Ketua PBI Pengda Bali Santo Utoyo, Sekretaris Wahyudi, Ketua Bidang Organisasi Hariyono, Ketua Bidang Lomba Budi Dharma (Budi Deo), Bendahara Hery, pengurus Cabang PBI se-Bali, fungsionaris juri PBI, peninjau dari pemilik gantangan, wakil dari BC dan single fighter, serta peternak di antaranya D’Yan Samurai, yang jumlahnya terbatas.

Ketua Umum Pusat PBI H Bagiya Rakhmadi, SH, MM dalam sambutan yang dititipkan kepada Sekretaris PBI Bali Wahyudi menekankan bahwa sesuai dengan visi dan misi PBI di setiap program dan aktivitas yang dilakukan senantiasa meningkatkan kesadaran, pemberdayaan serta memberikan motivasi menumbuhkembangkan komitmen terhadap konservasi atau pelestarian.

Rahkmadi lanjut berharap PBI agar senantiasa berpartisipasi aktif dalam gerakan konservasi keanekaragaman burung dan ekosistemnya, melakukan penangkaran terutama jenis-jenis burung langka dan atau terancam punah dengan memberdayakan dan mengoptimalkan partisipasi komunitas atau masyarakat. Di samping itu mengendalikan pemanfaatan burung agar tercapai prinsip pemanfaatan yang berkelanjutan.

Di tengah masa pandemi Covid-19, Rahkmadi melalui Sekretaris PBI Bali Wahyudi juga mengingatkan pada segenap pengurus PBI dalam melakukan segala aktivitasnya agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan yang ketat aman Covid-19. Dengan senantiasa menerapkan protokol kesehatan tidak saja menjaga diri sendiri dari paparan virus Corona, juga menjaga keluarga dan orang yang ada di sekitar kita.

Rakerda PBI Pengda Bali dihadiri pengurus PBI se-Bali, wakil dari BC dan SF, pemilik gantangan dan peternak

Sementara itu, Plt Ketua PBI Pengda Bali Santo Utoyo dalam sambutannya juga menekankan bahwa konservasi sebagai visi utama dalam setiap langkah program PBI di masa depan. Baik secara terus-menerus mendorong upaya penangkaran oleh masyarakat luas sehingga bisa memenuhi kebutuhan perlombaan dan juga di setiap lomba burung yang bekerjasama dengan PBI untuk mensyaratkan pemanfaatan burung lomba dari hasil penangkaran. ‘’Kami bangga, lomba-lomba yang bekerjasama dengan PBI sudah mendominasi memanfaatkan ring silver PBI (dari hasil penangkaran-red),’’ ujar Santo Utoyo.

Santo lanjut mengimbuhkan di tengah pandemi Covid-19, segala aktivitas PBI khususnya saat melakukan aktivitasnya di arena lomba untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Di antaranya menggunakan masker yang benar, mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir atau menggunakan had sanitizer, dan selalu menjaga jarak aman adalah langkah yang mesti ditaati untuk ikut mencegah penyebaran virus Corona tidak semakin meluas dan tidak menjadikan lomba burung menjadi klaster baru.

Di akhir Rakerda, Ketua Bidang Lomba Budi Dharma bersama pengurus cabang menyusun jadwal lomba 2021. Tidak saja digelar lomba berskala nasional, regional, lokal dan juga lokal terkendali. Di antaranya sudah dipastikan bakal digelar Bali Santhi V yang akan dijadwalkan 4 April 2021 yang sempat tertunda tahun 2020 karena pandemi Covid, Kapolres Cup Jembrana, Piala Bupati Jembrana, Kapolres Gianyar, Piala Bupati Buleleng, Bali Fiesta dll. Selanjutnya digelar teknikel metting juri PBI dalam rangka Bali Fiesta yang digelar Minggu (22/11) di Gantangan D’tukad. (gde)

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.