Connect with us

Ternak

CLM Team Depok, Eksis Di Lomba Sukses Tangkarkan Murai Batu Trah Jawara

KONBUR Tayang

:

Edo CLM depok
Om Edo bersama murai batu Rasco

Bagi Mr Edward atau biasa disapa Om Edo dari Cluster Langkah Maju (CLM) Team sebagai penggemar burung kicauan dia tidak hanya eksis di lomba dengan murai batu koleksinya. Namun, dia juga berhasil mengembangkan burung jagoannya lewat budidaya penangkarannya.

Sudah hampir dua tahun Om Edo bersama para krunya aktif ke lapangan lomba. Sejumlah amunisinyapun kerap mewarnai tangga juara. Sejumlah amunisi murai batunya diantaranya ada nama-nama  Rasco, Rascal, Satria, Apollo, Rajo, Sator, Romeo dan lainnya. Selain itu masih ada belasan ekor burung murai batu koleksi andalannya.

Edo CLM depok
Kembiakan murai batu jawara lewat penangkaran

Untuk turun ke lapangan lomba  lomba CLM biasanya menggandeng Dipo Team yang dimotori Ryan dan Kiky, mereka bersinergi saling mengisi amunisi satu sama lain. “Bergantian lah, kalau koleksi murai kita lagi kurang maksimal kita naikan amunisi Dipo Team, dan begitu sebaliknya,” pungkas Mr Edo.

Yang menarik, tampaknya burung andalannya ini tidak hanya eksis di lapangan lomba, tapi juga sudah berhasil dikembangbiakan untuk mencetak trah juara. Seperti Rasco dan Rascal, keduanya sudah mencetak turunannya.  Mereka dipertemukan anakan Bintang Arwana BF.

Rascal sudah menghasilkan 3 ekor anakannya dari pasangan indukan betina dari Bintang Arwana BF Karawang. Pasangan betina Rascal merupakan anakan trah dari Bocah Sakti.

Sementara, pasangan Rasco trah dari murai Guncang jawara kelas utama Presiden Cup V juga dari Bintang Arwana BF. “Sementara pasangan betinanya sedang mengeram, jantannya kita mainkan ke lapangan,” jelas Om Edo.

Tampaknya, sistem model cabut dari kandang ternak untuk kemudian dilombakan tidak mengurangi kualitas burung tersebut. Karakter maupun birahinya justru lebih seimbang dan stabil, burung jadi lebih mapan saat digantangan.

Edo CLM depok
Murai Batu Rasco

Ini yang sudah dibuktikannya, sudah beberapa kali Rasco maupun Rascal tetap berprestasi diarena lomba meskipun sambil diternakan. Bahkan, Rasco belum lama meraih juara 1 disebuah even organiser independen RBF Enterprise Depok, setelah burung tersebut dicabut dari kandang ternak.

Untuk regenerasi amunisinya dimurai  batu selain menyiapkan hasil breedingnya sendiri, Mr Edo juga mengkoleksi trotolan maupunmurai batu muda hasil penangkar ternama. Rata-rata burung tersebut sudah banyak yang prestasi di lapangan meskipun masih berusia relatif muda.

Beberapa anakan yang dikoleksi dan sudah prestasi disaat burung memasuki usia dewasa diantaranya Romeo produk Mr G dari Kebumen Jawa Tengah. Selama ini dia memang menyimpan beberapa anakan dari produk Mr G.

Dan saat ini mereka siap menyongsong musim lomba tahun 2020 ini, terutama dikelas murai batu ring yang sudah sejak jauh-jauh hari dipersiapkannya. *agrobur4.

Advertisement

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.