Connect with us

Ternak

CLM Dipo BF Depok: Cetak Anakan Trah Jawara, Generasi “Kuku Setan” Bakal Jadi Ancaman

KONBUR Tayang

:

Mr Rian dan Pakde Artomoro BF

Mencetak anakan  dari indukan pejantan jawara dengan cara menternakannya kini sudah banyak dilakukan para pemain murai batu. Dengan trah bagus yang mengalir dari sang induk diharapkan menciptakan generasi baru. Ini yang sudah dilakukan Mr Rian CLM Dipo BF bersama Artomoro BF Depok. Mereka menciptakan  basicblood dari Ramones.

Rekam jejak prestasi murai batu Ramones sejak ditangan Mr Rian lumayan panjang. Burung ini juga didapatnya dari seorang breeder di Majalengka Jawa Barat. Diusia 7 bulan Ramones  mengawali debut perdana nya disebuah lomba. Kemudian prestasinya terus berlanjutsepanjang musim lomba periode tahun 2015-2018  prestasinya terus mengkilap.

Absen ke lapangan, Mr Rian menggandeng Pakde Artomoro BF seorang breeder yang juga tetangga dekatnya untuk bersama-sama mengembangkan budidaya burung-burung andalannya di lapangan. Dipasangkan  dengan indukan betina dari King Oliver BF.

Murai Batu Ramones

Kini selain Ramones yang sudah beranak-pinak, juga ada gaco mantan jawara lapangan lainnya yang mengisi kandang ternaknya sebagian koleksi Kiano yang juga satu tim di CLM BF Dipo diantaranya ada Panglima Kumbang, Cabik, Bunaken dan lainnnya. Ternakannya memang tidak banyak,   sedikit yang penting menghasilkan anakan berkualitas.

Belasan ekor anakan generasi Ramones sebagian sudah tersebar ke kalangan peminatnya disejumlah kota. Ada yang menarik dari anakan-anakan Ramones ini. Semua anakan burungnya berkuku hitam,  mewarisi ciri fisik sang induk pejantannya. “Kecuali ada satu ekor anakan betina yang kukunya tidak hitam,” ungkapnya.

Karena anak-anakannya berkuku hitam semua, sang pemilik menjuluki salah satu anakan simpanannya dengan nama Kuset alias “Kuku Setan”.  Tampaknya, anak-anak generasi Ramones ini kelak bisa  menjadi ancaman baru dikelas murai batu.

Genearasi “Kuku Hitam”

Sudah hampir setahun Ramones mencetak genarasi anak-anakan. Tidak hanya tampilan fisik yang diturunkannya, kualitas materi lagunya juga sudah tampak ditampilkan salah satu anakannya. Sejak Ramones mabung beberapa waktu lalu, burung sempat istirahat dicabut dari kandang ternak, karena masa mabung.

Kini dia kembali masuk kandang penangkaran, dengan pasangan betina baru. Mr Rian berharap kedepanna indukan-indukan betinanya nanti yang dijadikan materi kandang ternaknya, semuanya sudah menggunakan trah anak-anak dari CLM Dipo BF. *agrobur4.

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.