Connect with us

Ternak

CLM Dipo BF Depok: Cetak Anakan Trah Jawara, Generasi “Kuku Setan” Bakal Jadi Ancaman

KONBUR Tayang

:

Mr Rian dan Pakde Artomoro BF

Mencetak anakan  dari indukan pejantan jawara dengan cara menternakannya kini sudah banyak dilakukan para pemain murai batu. Dengan trah bagus yang mengalir dari sang induk diharapkan menciptakan generasi baru. Ini yang sudah dilakukan Mr Rian CLM Dipo BF bersama Artomoro BF Depok. Mereka menciptakan  basicblood dari Ramones.

Rekam jejak prestasi murai batu Ramones sejak ditangan Mr Rian lumayan panjang. Burung ini juga didapatnya dari seorang breeder di Majalengka Jawa Barat. Diusia 7 bulan Ramones  mengawali debut perdana nya disebuah lomba. Kemudian prestasinya terus berlanjutsepanjang musim lomba periode tahun 2015-2018  prestasinya terus mengkilap.

Absen ke lapangan, Mr Rian menggandeng Pakde Artomoro BF seorang breeder yang juga tetangga dekatnya untuk bersama-sama mengembangkan budidaya burung-burung andalannya di lapangan. Dipasangkan  dengan indukan betina dari King Oliver BF.

Murai Batu Ramones

Kini selain Ramones yang sudah beranak-pinak, juga ada gaco mantan jawara lapangan lainnya yang mengisi kandang ternaknya sebagian koleksi Kiano yang juga satu tim di CLM BF Dipo diantaranya ada Panglima Kumbang, Cabik, Bunaken dan lainnnya. Ternakannya memang tidak banyak,   sedikit yang penting menghasilkan anakan berkualitas.

Belasan ekor anakan generasi Ramones sebagian sudah tersebar ke kalangan peminatnya disejumlah kota. Ada yang menarik dari anakan-anakan Ramones ini. Semua anakan burungnya berkuku hitam,  mewarisi ciri fisik sang induk pejantannya. “Kecuali ada satu ekor anakan betina yang kukunya tidak hitam,” ungkapnya.

Karena anak-anakannya berkuku hitam semua, sang pemilik menjuluki salah satu anakan simpanannya dengan nama Kuset alias “Kuku Setan”.  Tampaknya, anak-anak generasi Ramones ini kelak bisa  menjadi ancaman baru dikelas murai batu.

Genearasi “Kuku Hitam”

Sudah hampir setahun Ramones mencetak genarasi anak-anakan. Tidak hanya tampilan fisik yang diturunkannya, kualitas materi lagunya juga sudah tampak ditampilkan salah satu anakannya. Sejak Ramones mabung beberapa waktu lalu, burung sempat istirahat dicabut dari kandang ternak, karena masa mabung.

Kini dia kembali masuk kandang penangkaran, dengan pasangan betina baru. Mr Rian berharap kedepanna indukan-indukan betinanya nanti yang dijadikan materi kandang ternaknya, semuanya sudah menggunakan trah anak-anak dari CLM Dipo BF. *agrobur4.

Ternak

Krespo BF Serang-Banten: Cetak Trotolan dan Pastol Murai Batu Istimewa Dari Trah Unggulan

Published

on

Bang Ucok Krespo BF

Hobi menggantang burung ke lapangan dan beternak murai batu bagi Bang Ucok pemilik Krespo BF, Serang Banten harus selaras dan seimbang. Karena kebanggaan  bagi seorang pemain burung murai batu adalah ketika dia sukses mengantarkan hasil ternakannya ketangga juara.

Tim Krespo BF Kompak dilapangan

Menampilkan burung hasil ternakan sendiri hingga prestasi merupakan obsesi Bang Ucok saat dia mengawali hobinya diburung. Untuk itu, sejak setahun lalu, bersamaan dimasa pandemi covid, karena aktivitasnya ke lomba terbatas,  dia lebih banyak di rumah  dan mulai mengembangkan budidaya penangkaran murai batunya.

Trotolan unggulan

Materi indukan pejantannya, tak lain burung-burung jawara unggulan andalannya yang selama ini dimainkannya di lomba diantaranya Marco, Raden, Demang, BJ dan lainnya. Bahkan, murai batu BJ sebelumnya adalah jagoan koleksi Babe Cucun dari B2C SF Jakarta.

Trotolan  Produk Krespo

Kandang ternaknya memang tidak sebanyak seperti para peternak murai pada umumnya, hanya 5 petak kandang. Baginya, sedikit yang penting fokus dan hasilnya berkualitas. Karena dalam beternak dia memang tidka mengejar kuantitas alias jumlahnya, tapi pencapaian kualitasnya.

Seperti targetnya, menghasilkan anakan-anakan terbaik dimasa depan. Oleh karena itu, meskipun trotolan dan pastolnya sudah semakin banyak, dia belum berniat untuk menjualnya. “Masih dicoba buat mainan sendiri,” ungkapnya.

Trotolan Krespo BF  Trah juara

Selain pejantan unggulan, indukan betinanya pun pilihan. Sebagian besar indukan-indukan betina berasal dari trah-trah peternak ternama, salah satu diantaranya Betina trah Jaguar dari Arco BF Serang, selain itu juga ada betina yang mengalir darah Begal dari SWD Klaten. Dan, juga  masih ada turunan Pelor Mas dari H Nendra Jakarta serta materi dari Mutiara BF Cileungsi.

Trotolan dalam pemasteran

Anakan burung-burung yang diternaknya, dibiarkan secara alami diasuh oleh indukannya hingga anakan sudah bisa mandiri diusia 25 hari hingga 30 hari. Dengan begitu kualitas anakan juga lebih bagus karena diasuh langsung oleh indukannya. Produknya mengunakan Ring Krespo BF dan APBN. Sekarang 2 ekor anakan trotolannya sedang “menimba ilmu” di V3 Bird School Mastering milik Rizal Serang Banten. *agrobur4.

Lanjutkan Membaca

Ternak

Andromeda BF Tangerang Selatan: Mengembangkan Indukan Murai Batu Trah Juara dan Ekor Panjang

Published

on

Steve Bersama Anakan Paroduk Penangkarannya

Saat ini sudah banyak penggemar maupun pemain lomba yang sukses budidaya penangkaran murai batu. Steve Vay RMI pemilik Andromeda Bird Farm salah satunya. Kicaumania dari Pamulang Tangerang Selatan ini, sudah sejak lama sukses mengembangkan penangkaran murai batu trah juara dan ekor panjang. Berikutnya ini gallery foto-foto indukan dan anakan-anakan terbaiknya.

Siap Mengawal Kedua Gaconya Ke Lapangan

Selain aktif ke lapangan dengan sederet murai batu andalannya. Steve juga mengembangkan peternakan murai batunya. Penangkarannya dimulai sejak tahun 2018. Tidak berlangsung lama, dia kena musibah, kebobolan, burungnya digondol maling tepatnya April 2019.

Panen dikandang Ternak

Tidak patah semangat, dia kembali eksis, kemudian mulai awal tahun 2020 dia mulai bangkit lagi. Materi-materi indukan yang diternaknya lebih bagus lagi.  Sampai saat ini, jumlah kandangnya memang tidak banyak hanya 8 petak kandang, khusus burung-burung trah juara dan ekor panjang. Sedikit yang penting menghasilkan anakan berkualitas.

Pasangan Blorok Siap Masuk Kandang terna

Ada 2 gaco handalnya saat ini yang sudah mencetak prestasi di arena lomba, yakni Metropolis dan Black Mortal keduanya merupakan andalan utamanya diatas gantangan bila turun ke lapangan.

Trah Ekor Panjang Pilihan

Bahkan Metropolis yang berkode ring APBN dan BnR ini tak lain hasil produksi ternakannya sendiri. Prestasinya sudah banyak disejumlah gelaran penting khususnya di Jabodetabek dan sekitarnya.

Indukan Jantan Unggulan

Setiap periode tertentu Steve selalu mengganti materi indukan-indukan terbaik dan terbaru  dengan tujuan meningkatkan kualitas produksinya. Kini, indukan-indukan jantan maupun betina Andromeda BF sebagian diantaranya sudah berganti materi-materi, tidak hanya berkualitas tapi juga jenis ekor panjang.

Panen Anakan

Beberapa diantaranya indukan dikandang ternaknya saat ini diisi indukan jantan berekor 27 cm x  betina 17 cm, 26 x 16 cm, 25 cm  x 15 cm, 24 cm x 14 cm dan 22 cm  x 14 cm.

Selain itu juga ada pejantan  Blorok Extrim  20 cm  x  betina Blorok Extrim  12  cm. Sementara, indukan-inudukan lainnya ekor standart tapi semuanya dari trah prestasi, burung orbitan sendiri diantaranya Dewa Ruci x RMC, Red Bul x RMC. Juga ada 17 F1 Larwo X 13 ( Ring RMC).

Trotolan Trah Dewa Ruci Jr

Karena anakannya terlahir dari indukan-indukan unggulan produknya juga laris manis. Pihaknya memang hanya menjual anakan atau usia trotolan. Ada juga lepas trotolan atau remaja dengan panjang 26 cm.

Semua trotolan yang keluar dari Andromeda BF sudah ada dasar lagu yang mumpuni karena Semua full master Burung hidup dan Elektronik , ga perlu sekolah maatering lagi.

Untuk pemesanan, itupun peminat harus bersabar antri menunggu giliran dan harus inden terlebih dahulu di nomor WA 081296664166. “Stok jantannya habis, harus pesan dulu,” ungkapnya diakhir obrolannya. *agrobur4.

Lanjutkan Membaca

Ternak

Mr Andri Raya BF-Breeder Murai Batu Bekasi: Prestasi Dilapangan, Sukses Di Kandang Ternak

Published

on

Mr Andri Hadi Gumilar

Hobi sebagai pemain dilapangan lomba dengan beternak (breeding) murai batu bagi Mr Andri  Hadi Gumilar harus selaras dan seimbang. Dari sejumlah burung gaconya tidak hanya prestasi diatas gantangan saat dimainkan ke lapangan, tapi dia juga sukses mengembangkannya lewat budidaya penangkaran. Berikut ini kisah suksesnya.

Murai Batu Kodrat

Mr Andri sejak muda menekuni hobinya diburung kicauan, khususya murai batu. Dimulai dengan bergabung bersama rekan seniornnya, Om Raya di Raya SF Bekasi. Bersama  Raya SF  namanya terus berkibar dengan seabrek prestasi burung amunisinya.

Murai Batu JM

Beberapa koleksi murai batunya saat ini ada JM, Kodrat, Kamerun dan lainnya. Rekam jejak prestasi ketiganya sudah tak terhingga. Khususnya Kamerun, murai batu ekor hitam yang  selalu naik podium juara, yang akhirnya dia take-overnya dari Om Raya.

Murai Batu Kamerun

Sedangkan murai batu JM pernah prestasi dieven Royal Cup, Jenderal Urip Cup, BnR Mutiara dan gelaran-gelaran bergengsi lainnya. Pun halnya dengan murai batu Kodrat, prestasinya juga tak kalah mengkilapnya, diantaranya di MJA Cup, BnR Vaganza, Jambu Cup Bekasi

Kamerun Jr

Nama Kodrat juga memang burung istimewa,  gayanya yang ngeshow kekinian, macul serta sujud sambil bawa materi lagu isiannya yang komplet, diselingi tembakan panjang-panjangnya. Aksi hebatnya  diatas gantangan acapkali jadi tontonan serta menarik perhatian juri dan penonton.

Camp Raya BF dengan

Tahun 2014 Mulai Ternak

Aktivitasnya dilomba memang tak pernah kendor. Selain aktif ke lapangan, kemudian sejak tahun 2014 dia juga mulai mencoba merintis bidang penangkaran murai batu. Kala itu dia menternakan sejumlah burung-burung jagoannya yang kerap moncer di lapangan, diantaranya Kodrat, JM, Kamerun dan lainnya.

Produk Raya BF

Trah-trah unggulan terbaik ini yang membuat produknya banyak diminati dan laris manis. Anakan trotolannya laku keras diburu kalangan murai mania Jabodetabek maupun luar kota. Tidak kurang dari 12 petak kandang pasangan murai batu produksi dikediamannya di kawasan Bekasi (WA 085710479996). Anak-anakannya menggunakan kode Ring Raya BF dan APBN.

Panen Anakan

Ya, buat Mr Andri menangkar murai itu harus total dengan materi indukan terbaik. Indukan pejantannya haruslah  burung unggulan yang prestasi digantangan dipasangkan dengan indukan-indukan betina pilihan dari trah peternak ternama. Agar kelak nantinya, menghasilkan anakan-anakan burung berkualitas unggul. Seperti yang sudah dibuktikannya saat ini. *agrobur4.

Mr Andri  bersama rekan Saat Juara

Lanjutkan Membaca
Advertisement banner

Copyright © 2019 Media Agrobur. Powered by agrobur.