Connect with us

Puter Pelung

Bupati Sidoarjo Cup 2024 Bersama P5SI, Dibuka Langsung Sekda Fenny Apridawati, Bukti Eksistensi Hobi yang Belum Berakhir

KONBUR Tayang

:

Minggu 23 Juni 2024, lapangan parkir Transmart Sidoarjo yang berada di Jalan Raya Taman Tiara no.35 Nggrekmas Pagerwojo Kecamatan Buduran nampak lebih ramai dari biasanya. Yang paling menonjol adalah adanya kerumunan orang-orang disalah satu titik disekitar berdirinya tenda berukuran lumayan besar. Terlihat pula puluhan mania puter pelung hadir disana.

Sekda Sidoarjo Fenny Apridawati membuka langsung kegiatan lomba puter pelung

Mereka berada di lokasi bukan untuk menikmati suasana di salah satu pertokoan terbesar di Sidoarjo ataupun berbelanja, tetapi para mania ini hadir dalam rangka memenuhi undangan panitia Lomba Seni Suara Alam Puter Pelung Tingkat Nasional bertema Bupati Sidoarjo Cup 2024.

Kegiatan hasil kolaborasi yang di lakukan antara P5SI Pengwil Jawa Timur, P5SI Sidoarjo dan Dinas Pertanian dan Peternakan Pemkab Sidoarjo menjadi alasan mereka untuk berada disana. “Hari ini kami dari  P5SI Pengwil Jawa Timur bekerjasama dengan P5SI Sidoarjo dan dukung penuh oleh Dinas Pertanian dan Peternakan serta Pemkab Sidoarjo mengadakan acara lomba puter pelung bertema Bupati Sidoarjo Cup 2024,” terang Bambang Supriyanto

Ketua Pengwil P5SI Jawa Timur. Lebih lanjut disampaikan bahwa kegiatan ini adalah bentuk eksistensi hobi puter pelung dan organisasi yang menaunginya. Dinas Pertanian dan Peternakan yang menjadi mitra saat ini begitu intens memberikan perhatian dan dukungan. Terbukti dengan gelaran ini yang selalu hadir untuk menyapa mania puter pelung.

Fenny Apridawati memberikan penghargaan pada Juli peserta asal Candi Sidoarjo

“Terus terang bahwa mitra yang terjalin antara P5SI Pengwil Jawa Timur dan P5SI Sidoarjo dengan Dinas Peternakan dan Pertanian memberikan dampak yang luar biasa pada perkembangan hobi puter pelung,” ungkap mania yang juga Lurah disalah satu Kecamatan di Krian Sidoarjo. Mitra yang sudah terjalin selama dua tahun ini bertujuan untuk mengembangkan potensi yang ada di pada hobi puter pelung.

“Terus terang saat ini terjadi kelesuan hobi puter pelung, peternak terkena dampaknya, harga juga mengalami penurunan yang luar biasa,” sambung Bambang Supriyanto. Diharapkan dengan kerjasama inilah bisa membantu mengembalikan kondisi hobi puter pelung meski tidak seperti yang dulu. Dengan agenda rutin yang digelar, menjadi salah satu upaya untuk merealisasikan keinginan tersebut.

Masih menurut Bambang bahwa apa yang sudah dilakukan adalah proses untuk mengembalikan kondisi semula, lomba menjadi salah satu wadah untuk bisa mencapai harapan. Setidaknya dengan adanya agenda lomba, maka akan berdampak pada naiknya permintaan burung kelas lomba, sehingga peternak ada semangat untuk kembali fokus pada ternaknya agar bisa menghasilkan produk unggulan.

Suasana penjurian berlangsung seru dan lancar

“Kami dari P5SI Pengwil Jatim tidak punya target muluk-muluk untuk hobi puter pelung, namun setidaknya dengan sisa periode kepengurusan yang akan berakhir sampai tahun 2026, akan ada hasil yang bisa kami raih,” harap Bambang lagi. Tidak dapat dipungkiri bahwa peran Dinas Pertanian dan Peternakan memberikan dampak yang luar biasa. Support berupa tersedianya sarana dan prasarana menjadi bukti nyata dukungan tersebut.

Bahkan kerjasama yang terjalin ini sudah berjalan dua tahun lamanya. Ditambahkan pula bahwa lomba puter pelung sudah masuk agenda resmi Pemkab Sidoarjo. Kegiatan ini dibuka langsung Sekda Pemkab Sidoarjo yakni Fenny Apridawati. Pada kesempatan yang sama Sekda diberikan kesempatan untuk memilih sekian ekor puter pelung yang berada di atas gantangan.

Sambil berkeliling dari satu titik ke titik lainnya, Fenny Apridawati begitu menikmati suara anggung puter pelung. Meski merasa bingung dengan apa yang harus dipilih karena semua mengeluarkan suara indahnya, namun akhirnya pilihan dijatuhkan pada puter pelung milik Juli peserta asal Candi Sidoarjo. Gelaran ini membuktikan bahwa hobi puter pelung sampai sekarang belum berakhir dan menjadi awal untuk mengembalikan lagi hobi yang sempat terhenti.

Advertisement

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.