Connect with us

Lomba

BnR Bali Rombak Manajemen, Jadi Tiga Wilayah Songsong Perburungan Bali Lebih Baik 2021

KONBUR Tayang

:

de
Pengurus BnR Bali

MENYONGSONG perburungan tahun 2021, BnR Bali melakukan perombakan manajemen demi mendukung kegiataan BnR tahun 2021 di tengah pandemi Covid-19. Perombakan manajemen ini dilakukan saat gelar Rapat Kerja Daerah BnR Bali, Sabtu malam, 26 Desember 2020 di D’tukad Resto Desa Budaya Kertalangu Denpasar.

Rakerda BnR Bali, menuju BnR lebih baik dan solid

Rakerda 2020-2021 ini dipimpin langsung Ketua BnR Bali Ratu Bagus Bali didampingi Wakil Ketua Ajik Saudara dihadiri seluruh pengurus BnR di Bali dan seluruh anggota divisi juri, berlangsung kekeluargaan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Ratu Bagus pimpin rakerda

Ketua BnR Bali Ratu Bagus Bali di depan seluruh keluarga besar BnR Bali menyampaikan gelar rakerda ini menjadi momen penting untuk melakukan pembenahan di tubuh BnR. Tidak saja melakukan evaluasi secara menyeluruh baik kegiatan yang sudah dilakukan di tahun 2020 juga di tubuh BnR sendiri. Berpijak dari hasil evaluasi ini kemudian merancang bangun BnR ke depan lebih baik. Khususnya kegiatan BnR di tahun 2021 yang menghadapi tantangan cukup berat di tengah pandemi Covid-19. ‘’Kami menata organisasi BnR di Bali ini dengan manajemen yang terstruktur agar ke dalam kami lebih solid demi melancarkan kegiatan yang akan dilakukan,’’ terang Ratu Bagus Bali yang juga aktif sebagai Ketua INKAI Kabupaten Klungkung.

Ratu Bagus Bali

Dari hasil Rakerda yang berlangsung secara musyawarah mufakat dengan asas kekeluargaan ini memutuskan bahwa tidak ada lagi BnR Antiprei, BnR Pinggiran, BnR Denpasar, BnR Badung atau BnR Singaraja Buleleng. Namun yang ada sekarang adalah BnR Bali Wilayah Barat, BnR Bali Wilayah Timur dan BnR Bali Wilayah Utara yang masing-masing memiliki hirarki pengurus yang bertanggung jawab kepada pimpinan BnR Bali.

Ajik Saudara

BnR Bali Wilayah Barat yang mewilayahi Denpasar, Badung, Tabanan dan Jembrana ditetapkan sebagai Ketua Wilayah Ajik Zogol, Ketua Divisi Juri Arif Budi,  Korlap 1 Mr. Hendra, Korlap 2 Mr. Didik dan Korlap Pembantu Mr. Dawan.

Arief Budi

BnR Bali Wilayah Timur yang mewilayahi Gianyar, Bangli, Klungkung, dan Karangasem ditetapkan sebagai Ketua Wilayah Ketut Sukartawan, Ketua Divisi Juri Mr. Swet, Korlap 1 Mr. Salam, Korlap 2 Agung Indra, dan Korlap Pembantu Ngurah Nick.

Gst Gede

BnR  Bali Wilayah Utara ditetapkan sebagai Ketua Divisi Juri Mr. Cumix, Korlap Utama Mr. Andi dan Korlap Pembantu Mr. Mentik. ‘’Perubahan manajemen ini dilakukan untuk mendukung kegiatan BnR di Bali lebih terorganisir menuju BnR ke depan yang lebih baik,’’ ujar Ratu Bagus Bali seraya menyampaikan dirinya sebagai ketua BnR Bali bertanggung jawab atas segala aktivitas yang dilakukan BnR di masing-masing wilayah.

Mc Swet

Dalam Rakerda ini juga dibahas mekanisme lomba di tahun 2021, tidak saja mekanisme antar-wilayah BnR juga di antara EO yang ada di Bali yang sama-sama memegang jadwal lomba. BnR Bali memiliki mekanisme lomba berskala standar, event cup dan berskala besar yang diukur dari jumlah tiket terbesar. Jadwal lomba BnR juga mengikuti jadwal Paguyuban GBKK (Gianyar Bangli KLungkung Karangasem) untuk menjaga tidak terjadi benturan jadwal di wilayah Bali Timur.

Ajik Zogol

Pembahasan yang tak kalah penting adalah tentang penjurian dimana BnR Pusat dan juga BnR Bali melalui Ratu Bagus Bali menekankan betapa pentingnya menjaga nama besar BnR dengan perilaku juri yang bertugas bersikap professional dan mengedepankan kejujuran.

Artawan

Ratu Bagus menyampaikan rambu-rambu juri BnR dalam menunaikan tugas di antaranya tidak dibolehkan menggantang burung milik sendiri baik digantang sendiri maupun menyuruh orang lain pada event EO sendiri (BnR), juri atau bersama korlap dengan sengaja mengkondisikan atau menjuarakan burung tertentu walau kenyataan di lapangan kurang kerja dari kontestan yang lain.

Jika terbukti melalui investigasi yang dilakukan pihak internal maka juri yang bersangkutan akan dilaporkan ke BnR Pusat (Bang Boy-red). Jika terbukti maka sanksi skorsing bisa dilakukan baik kepada juri maupun korlap.

Fyan Belvin

Di akhir Rakerda, Ratu Bagus Bali juga menyampaikan bahwa sebaik atau sepintar juri akan ada sisi kesalahan begitu juga seburuk-buruknya juri pasti ada sisi kebaikannya. Karena itu, penataan manajemen dan mekanisme penjurian yang dibangun BnR ke depan sebagai jalan menuju penjurian BnR yang lebih baik, senantiasa menjunjung tinggi fairplay.

Dex Chok

Ratu Bagus Bali kemudian mengakhiri pertemuan dengan menegaskan bahwa rapor merah yang sudah ditorehkan juri BnR selama 2020 pada hari ini dihapus dan kini memasuki lembaran baru, menyongsong BnR yang lebih baik dan bermartabat. Selamat Tahun Baru 2021.

Susunan Pengurus BnR Bali Tahun 2021:

Ketua Umum : Ratu Bagus Bali

Ketua Harian : Ajik Saudara

Sekretaris : Rafly Irul

Bendahara: Sopian Hadi

BnR Bali Wilayah Barat :

Ketua EO/Pelaksana : Ajik Sogol

Ketua Divisi Juri : Arief Budi

Korlap1 : Hendra

Korlap2 : Didik

Korlap Pembantu : Dawan

BnR Bali Wilayah Timur :

Ketua EO/Pelaksana : Ketut Sukartawan

Ketua Divisi Juri : Mc Swet

Korlap1 : Mr. Salam

Korlap2 : Agung Indra

Korlap Pembantu : Nick Ngurah

BnR Bali Wilayah Utara :

Ketua Pelaksana/Juri : Cumik

Korlap : Mr. Andik

Korlap Pembantu: Mentik

Ketua BnR Wilayah :

Ketua BnR Klungkung: Fyan Belvin

Ketua BnR Gianyar : Mc. Swet

Ketua BnR Karangasem : Gst Gede

Ketua BnR Denpasar : Ajik Saudara

Ketua BnR Badung : Satria

Ketua BnR Tabanan: Ajik Sogol

Ketua BnR Singaraja: Cumik

(gde)

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.