Connect with us

Ternak

Bintang Arwana BF Karawang, Jawa Barat Breeder Murai Batu: Produk Anakannya Laris Manis, Trah Guncang Paling Diminati

KONBUR Tayang

:

media agrobur jawa barat breeding murai batu bintan arwana bf

Produk penangkaran murai batu Bintang Arwana Bird Farm Karawang belakangan ini semakin mengkilap saja pamornya. Anakannya laris manis, terutama yang terlahir dari kandang-kandang favorit trah-trah unggulan salah  satunya Guncang.

Aksi Murai Batu Guncang

Disela istirahat turun ke lapangan karena larangan pemerintah menghentikan segala aktivitas  lomba untuk semua even organiser dalam pencegahan penyebaran Covid 19, Bintang Arwana BF terus berbenah.  Diantaranya fokus membenahi materi indukan kandang ternaknya.

Murai Batu Bocah Sakti

Buah kesuksesan yang dari penangkaran milik Triyanto ini bukan diraihnya secara instan, Butuh proses dan perjalanan waktu yang lumayan panjang guna menampilkan produk-produknya dilevel papan atas murai batu tanah air.

Murai Batu Racun

Tujuh tahun silam, Triyanto yang sebelumnya dikenal sukses budidaya ikan arwana memulai hobinya diburung kicauan, khususnya murai batu. Disaat mengawali penangkaran murai batu, ketika  itu dia lebih mengandalkan sejumlah pejantan yang biasa dimainkannya di lapangan lomba, saat itu diantaranya ada Raja Cilik,  Samurai, Reinkarnasi dan lainnya.

Murai Raja Sakti

Untuk memperbaiki materi indukan pejantannya, dia juga menambah beberapa burung andalannya seperti Bomber, Raja Medan, Algojo, Dinamit dan Dewa.  Dengan menggunakan indukan pejantan dari jawara-jawara tersebut kini mengalirkan anakan-anakan unggulannya.

Murai Batu Reinkarnasi

Memasuki tahun 2019 produknya semakin melejit. Bahkan beberapa gaco andalannya banyak yang mengorbit di lomba berskala nasional. Yang fenomenal ketika dia sukses mengantarkan murai batu Guncang ketangga juara pertama dalam gelaran Presiden Cup 5 BnR di Jakarta. Ketika itu Guncang yang berkode ring BnR sukses meraih gelar dikelas utama yang berhadiah 1 unit mobil.

Murai Batu Maharaja

Padahal, saat itu burung tersebut merupakan salah satu materi indukan pejantan yang sedang diternakannya. Ya, burung tersebut memang berfungsi sebagai indukan pejantan dikandang ternak sekaligus jadi amunisi andalannya di lomba. “Selain diternakan juga bisa dimainkan di lapangan,” terang Triyanto.

Trotolan Bocah Sakti Jr

Untuk saat ini selain Guncang ada sejumlah amunisi andalannya dilomba maupun pejantan tangguhnya di kandang ternak diantaranya Bocah Sakti, Maharaja, Reinkarnasi, Raja Sakti, Racun, Athena dan lainnya.

Aksi Guncang Jr

Tidak kurang 14 petak kandang tertata rapih di kediamannya di  komplek perumahan Grand Taruma, Karawang, Jawa Barat. Penangkarannya tidak banyak, karena dia memang tidak mengejar kuantitas, tapi  lebih mengedepankan kualitas. Produk anakannya yang terbatas,  peminat harus inden terlebih dahulu.

Pasca Panen

Karena pejantannya indukan prestasi, untuk pasangan betinanya dia juga cukup selektif, bahkan agar menjaga kualitas anakannya nanti, sebagian indukan betinanya dia gunakan dari hasil breedingnya sendiri yang sudah jelas silsilah dan keturunannya.

Kandang ternak yang dibuat tertata rapih dan bersih, dari bahan baku rangka  alumunium berlapis kawat halus. Masing-masing petak lebar 1,2 meter x panjang 2 meter x tinggi 2,5 meter. Bagian teras yang tertutup dibagian atasnya.  Pasangan yang sudah terseleksi biasanya dilepas langsung di kandang dibiarkan berjodoh sendiri, namun tetap dalam pemantauannya. Bilamana indukan jantan galak betinanya  yang diganti.

Kotak sarang ditempatkan di setiap sudut kandang biasanya ada 2 kotak sarang sehingga burung bisa memilih sesuai dengan seleranya. Kandang berlantai tanah berpasir dilengkapi pepohonan kecil menggunakan pot, lengkap dengan bak mandi berisi air bersih. Rata-rata indukan bertelur 2-3 butir, sementara indukan mengeram, induk jantan biasanya dipersiapkannya ke lapangan lomba atau tetap dibiarkan di dalam kandang. Setelah mengeram, anakan menetas dibiarkan hingga mencapai umur 7 hari.

Anakan yang baru dipanen langsung dipasang ring, Bintang Arwana BF. Kemudian anakan dimasukan ke kandang pembesaran hingga memasuki umur  1,5 bulan selanjutnya dipisah satu persatu setiap kandangnya. Lantas berapa harga anakan kandang favorit khususnya anakan dari Guncang? Tidak kurang dari Rp 12,5 juta untuk seekor trotolannya, itupun peminat haru rela mengantri menunggu gilirannya.

Saat ini yang masih buka indenan selain anakan Guncang ada Reinkarnasi, dan Athena. “Yang lainnya masih antri banyak, jadi nggak terima dulu,” pungkasnya. Selain menjual anakan trotolan jantan buat kalangan pemain, Bintang Arwana BF juga menyediakan calon indukan betina buat para breeder. Calon-calon indukan betina produknya ini juga tak kalah laris manisnya. Agrobur

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.