Connect with us

Tips & Trik

Bagaimana Harun Sparatis SF Jakarta Mencetak Kenari Jawara, Ini Dia Tipsnya

KONBUR Tayang

:

Kenari Leonadis Harus Jakarta
Mr Harun bersama Leonidas

Sampai saat ini  Harun Sparatis SF Jakarta masih konsisten main dijenis kenari. Sudah banyak burung-burung yang mengorbit lewat tangan dinginnya.  Setelah sukses mengantarkan Leonidas, Mustika Jr, dan B-RV ketiganya jenis kenari standar ketangga juara, kini dia juga eksis dijenis Yorshire (YS) dan Rasmi.

Sepanjang musim lomba 2020 tahun lalu,  Harun lebih eksis dan dikenal sebagai pemilik kenari standar kecil jawara, salah satunya lewat aksi-aksi Leonidas yang sudah mengantongi puluhan gelar juara pertama baik dieven regional hingga level nasional.

Kenari Leonidas Jawara andalan dikenari standar

Memasuki awal tahun 2021 ini burung jenis F1 Belgie Bossu (BB) warna bon kuning andalannya ini mabung. “Sekarang baru rapih, mulai minggu depan sudah siap lagi turun ke lapangan.” jelasnya.

Nah, selama sang gaco mabung, kini dia mencoba menampilkan dua gaco rawatannya, prestasi yang paling gres dia baru saja mengantarkan Bulls Jepang kepodium juara pertama dalam even Battle Canary Championship LMN Sangkar Cup di Prasetya Pondok Gede Bekasi, Minggu (28/2) lalu.

Bulls Jepang YS Lokal Andalannya

Burung jenis Yorkshire lokal warna kuning ini kini menjadi amunisi andalan Sparatis SF khususnya dikelas YS. Selain Bulls Jepang, sejatinya dia juga sudah sukses mengorbitkan Gajayana jenis Rasmi (persilangan yorkshire dari Inggris dan kenari giboso dari Spanyol).    dengan warna yang sama. Keduanya sama-sama burung memiliki materi berkualitas istimewa.

Lalu, bagaimana kiat Harun mengkondisikan belasan ekor kenari dikediamannya hingga mencapai prestasi? Baginya merawat kenari tidaklah terlalu ribet. Dimusim hujan seperti ini, ketika burung tidak dijemur pagi burung cukup dicas atau dijejer ditempel sesama kenari lainnya. Ditempatkan dilantai berderet dengan kenari sejenis. tanpa penyekat

Burung dibiarkan bunyi sesukanya, sambil dianginkan, cara ini agar burung lebih mapan terhadap burung sejenis disekitarnya yang sama-sama bunyi bersamaan. Sekaligus menjadi cara efektif membuang atau mengendalikan birahinya. Meskipun menjelang lomba, perlakuannya sama, setiap pagi burung dijejer bersebelahan sambil bunyi satu sama lain.

Gajayana Jenis Rasmi

Dengan begitu menurutnya bisa terpantau, burung siap tidaknya ditampilkan ke lapangan keesokan harinya. “Kalau bunyinya sudah anteng, duduk rapih tidak nabrak-nabrak dengan sebelahnya, berarti burung sudah siap,” ungkap Harun dikediamannya kawasan Cijantung Jakarta Timur.

Kebutuhan mandinya cukup disediakan cepuk, dalam kondisi musim hujan biarkan burung mandi sendiri. Untuk sayuran diberikan secara bergiliran sayur daun pakcoy, sawi hijau, jagung diberikan bergantian. Kecuali untuk mendongkrak birahi, ditambah telur puyuh rebus.

Bila ada panas matahari, dijemur sebentar terutama sebelum pukul 09.00 WIB. Selesai ditempel dengan sesama kenari lainnya, siang harinya burung dikrodong untuk diistirahatkan. Kecuali burung yang siap dilombakan, sesekali diumbar, penempatannya dilakukan secara bergiliran dengan kenari lainnya. *agrobur4.

Trending

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.