Connect with us

Ternak

Arkha BF, Pencetak Murai Batu Unggulan Dari Kota Serang Banten

KONBUR Tayang

:

Arkha BF Om Dedi Vera Banten
Om Dedi Vera Pemilik Arkha BF Serang.

Untuk wilayah blok barat,  kota Serang, Banten dan sekitarnya sudah sejak lama dikenal sentranya peternak murai batu unggulan. Tidak hanya jumlah peternak yang terus meningkat, produk kualitas anakannya juga dikenal cukup hebat-hebat. Arkha Bird Farm salah satunya. Penangkaran murai batu milik Om Dedi Vera ini, merupakan salah satu peternak terbaik saat ini dikota tersebut. Berikut ini profilnya.

Tahun 2015silam merupakan awal mulanya Om Dedi Vera mengawali hobinya diburung. Dimasa itu, dia eksis main dijenis lovebird, maklum saja, persaingan dikelas tersebut dimasa itu memang terbilang sengit.

Ring Arkha.

Seiring berjalannya waktu, tepatnya ditahun 2018 Om Dedi mencoba main dijenis murai batu. Untuk amunisi gaco andalannya ketika itu dia memilik Mr Boll,  seekor burung non ring asli hutan asal Medan yang menjadi gaco unggulannya ketika itu. Sejumlah prestasi gemilang sudah banyak diraihnya.

Pasca Panen Anakan

Tidak hanya cukup itu saja,  dia juga terus menambah amunisi murai batu koleksinya buat kelomba sebagai pelapis Mr Boll. “Tidak terasa semakin lama burung bertambah banyak, akhirnya atas anjuran perawat saya,  sebagian untuk diternakan,” kenangnya.

Sertifikat Anakan Produk Arkha BF.

Singkat cerita, dimulailah 4 kandang ternak yang dibangunnya dilantai atas kediamannya di Serang. Awalnya memang tidak banyak, karena hanya burung-burung prestasi eks lapangan yang diternakan. Sebagai seorang peternak pemula, rintangan dan kegagalan kerap menghadangnya. Tapi dia tidak putus asa, terus bertahan dengan ketelatenan dan kesabarannya. “Dari 4 kandang waktu itu hanya setengahnya yang produksi, ya namanya juga masih belajar, “ ungkapnya.

Akhirnya, ditahun 2020 dia lebih serius beternak murai batu dengan bendera Arkha BF. Om Dedi juga kembali belanja puluhan pasang indukan-indukan terbaik dari peternak rekanannya. Hingga saat ini total berjumlah 24 kandang. Dan kini bertambah lagi, yang baru dibangunnya 7 petak kandang. Kesabaran dan ketelatenannya akhirnya berbuah manis, produknya berkembang tanpa henti.

Bersama Pelanggannya.

Namun, kesibukannya sebagai usahawan dibidang Kids Toy  Shop alias industry mainan anak-anak, membuatnya tidak ada waktu luang untuk mengurusi peternakannya yang ketika itu juga terus berkembang. Akhirnya, kandang peternakan Arkha BF ditempatkan ke kediaman perawatnya kawasan Taman Kopassus Serang Banten.

Karena menggunakan materi-materi indukan pilihan unggulan, khususnya pejantan bekas burung lapangan yang dikembangkan dengan betina-betina terbaik pilihan, sudah banyak mencetak anakan-anak istimewa. Produktivitasnya juga mengalir deras, rata-rata setiap pasang indukan mencetak dan menetaskan 2 bahkan 4 ekor anakan.  Kalaupun berhenti produksi biasanya menjelang masa mabung.

Produksi Pakan Lovebird dan Kenari.

Menurutnya, dari puluhan ekor anakan produk Arkha BF yang sudah tersebar ke sejumlah pembeinya sudah ada produknya yang tampil juara dieven-even di Jakarta. Boleh jadi, karena  trah indukan yang digunakan sebagian besar materinya berkualitas.

Om Dedi Vera dengan produk Arkha BF.

Ada yang menarik dari penjualan anakan-anakan ring Arkha BF ini belangan ini, selama bulan-bulan promosi dia menjual anakan yang masih berusia lolohan dikisaran 2-4 minggu dengan harga hanya Rp 1 juta setiap ekornya. “Bulan ini terakhir promo diakhir tahun 2021. Pokoknya mau jantan atau betina harganya sama, dijual disaat umur anakan masih diloloh,” jelasnya.

Kalau diharga normal, dia menjual anakan trotolan yang sudah makan sendiri dikisaran paling murah Rp 2,5 juta seekor. Harga yang ekonomis untuk seekor produk dari trah burung unggulan. Om Dedi juga tidak hanya sukses mengembangkan penangkaran murai batu berikut Bird Shopnya, juga pakan khusus lovebird dan kenari. Dia juga sukses mengusung even bergengsi tahunan kota Serang bersama BnR Banten yang bertajuk Arkha Cup 1 dan 2 serta yang ketiganya digelar awal tahun 2022 mendatang. *agrobur4

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.