Connect with us

Tips & Trik

Anis Kembang Resistor Koleksi Mr.Dito Surabaya: Dari Burung Prospekan Kini Jawara Disejumlah Even Besar, Ini Dia Rahasianya

KONBUR Tayang

:

Anis Kembang Resistor Koleksi Dito Surabaya
Mr.DITO BERSAMA RESISTOR. Butuh waktu 6 bulan untuk mengkondisikan di lapangan.

Blok barat dan timur masih tetap menjadi basis kekuatan anis kembang. Nama Resistor salah satu burung jawara yang  namanya tengah megorbit. Burung ini mengawali prestasinya dari  bawah, Kini dia jadi jawara disejumlah even besar.

Bagi Mr.Dito Lala Lili Squad Surabaya, dia butuh 6 bulan harus bersabar mengkondisikan koleksinya ini. Karena menurutnya ketika itu dia membeli burung prospekan suaranya tipis tidak pernah keluar isian. “Namun saat itu feeling saya ini burung bakal jadi bagus karena dasarnya punya bakat istimewa,” kenangnya.

Anis Kembang Resistor Koleksi Dito Surabaya
RESISTOR. Dari burung prospek/pasar.

Dan benar saja, setelah dirawat dengan penuh kesabaran, ketelatenan dan disiplin yang ketat akhirnya performa burung terus naik.  Materi lagunya mulai keluar saat dia sedang ngeroll, isian celilin, kapas tembak, colibri, cucak cungko,  dan lainnya kerap dibawakannya saat sedang ngeroll bawa lagu. Begitu juga kualitas volumenya terus meningat.

Beragam even-even pentingpun mulai dijajakinya. Dimulai juara 1 dieven Anniversary Puri Indah BC di Sidoarjo, Khofifah Cup meskipun masuk 10 besar dia mampu bersaing dengan jawara-jawara mapan ketika itu. Prestasinya terus berlanjut juara 1 di Anniversary Liar SF, juara 1 dua kali alias double winner di PBI Sidoarjo, juara 2 di Asia Cup Nganjuk, dan sejumlah even-even penting di Jawa Timur.

Anis Kembang Resistor Koleksi Dito Surabaya
Dicas Persiapan turun ke gantangan.

Kemudian, Mr.Dito mulai menjajal sang gaco ke even di blok barat, khususnya Jabodetabek. Awal November 2019 lalu dia membawa sang gaco ke even Kang Iwan Cup, kemudian berlanjut ke BnR Award. “Nah sejak turun dari situ burung ngga saya bawa lagi ke Surabaya, dipinjam teman-teman, katanya lumayan buat ‘ngamen’ hehe,” jelasnya.

Anis Kembang Resistor Koleksi Dito Surabaya

Prestasi Resistor sudah lumayan banyak, kehebatannya dibuktikannya selama berada di Jakarta, diantaranya juara 1 di Kang Iwan Cup Ragunan Jakarta, berlanjut juara 1 di Putra Jaya Cup Bekasi, juara 4 BnR Award Cibubur Jakarta dan juara 1 dan 4 Marmer Cup Radjawali Indonesia Jakarta, selanjutnya juara 2 dan 5 di Hello Kitty Bird Champion feat BIC di Cibubur Jakarta.

Anis Kembang Resistor Koleksi Dito Surabaya

Ya, siapa sangka, burung yang dirawatnya dari prospekan tersebut alias burung rumahan ini namanya kini terus berkibar. Setiap ke lapanganpun kini dia  sudah tidak pernah “kondangan” (istilah untuk burung yang tidak pernah juara) lagi, tapi dengan prestasinya ini sang pemilik sudah bisa nyobek amplop yang berisi hadiah.

Anis Kembang Resistor Koleksi Dito Surabaya

Pekan ini burung tersebut bakal diboyongnya kembali ke Surabaya. “Ya  sudah lebih sebulan burung di Jakarta, minggu depan sudah saya bawa lagi ke Surabaya buat persiapan di Bupati Sidoarjo Cup,” jelas Mr.Dito.

Anis Kembang Resistor Koleksi Dito Surabaya

Perawatan Harian Resistor

Lantas bagaimana kiat Mr Dito menangani burung kesayangannya ini dari mulai dasar belum pernah prestasi hingga bisa berjaya di gantangan? Tampaknya, selain kesabaran, ketelatenan dan kedisiplinannya mengantarkan koleksinya ini kepuncak prestasi.

Dalam hal keseharian, dia menerapkan aturan ketat mulai dari menyiapkan pakan utama, ekstrafooding hingga perlakuan kesehariannya. Untuk perawatan sehari-hari, sama halnya lazimnya anis kembang pada umumnya.  Pagi buka krodong dianginkan sebentar sambil diberikan ekstra fooding jangkrik sebanyak 3 ekor. Kemudian burung diistirahatkan full krodong.

Malam harinya mulai diberikan jangkrik dengan jumlah porsi 2 ekor, tapi ditambah  1 ekor cacing. Kembali burung diistirahatkan. Mandi jemur sekedarnya menjadi kebiasaan wajib.

Sedangkan memasuki persiapan menjelang turun ke lapangan atau lomba terutama di hari H-1 pagi diberikan 3 ekor jangkrik, malam harinya diberikan 2 ekor jangkrik plus  satu sendok kroto segar yang sudah dibersihkan. Dan memasuki hari-H dipagi hari sebelum dibawa ke lapangan, jangkrik 2 ekor.

Kemudian setelah di lapangan kembali diberikan 1 ekor jangkrik berikut 1 ekor cacing. Sementara kalau turun lebih dari 1 atau 2 sesi, penambahan jumlah ekstrafooding disesuaikan kondisi burung, kegalakan atau justru kurang ngotot.  Beberapa menit sebelum digantang, tak lupa burung dicas rame-rame dengan anis kembang lainnya. *agrobur4.

Tips & Trik

LA Bird Mastering Jakarta, Sekolahnya Murai Batu Calon Jawara Masa Depan

Published

on

Doki penanggungjawab LA Bird Mastering

Setiap pemilik burung, khususnya murai batu, pasti mendambakan burung kesayangannya bisa berprestasi dimasa depan.  Untuk itu, mereka juga selektif dalam memilih sekolah masteran buat calon jagoannya.  LA Bird Mastering salah satu jasa pemasteran paling recommended saat ini. Selain dilengkapi beraneka jenis burung masteran sebagai guru vokalnya, juga ditangani perawat profesional. Berikut ini  profilnya.

LA Bird Mastering yang berlokasi di Lenteng Agung Jakarta Selatan milik Mr Hendra SGN merupakan salah satu jasa pemasteran murai batu terbaik saat ini. Selain fasilitasnya mendukung, jenis burung masterannya juga lengkap. Ruangan penempatan  burung-burungnya nyaman dan bersih serta resik. Sanitasi udara setiap ruangan terjaga dan higienis, burung jadi sehat.

Mr Hendra SGN owner LA

Burung calon siswa yang masuk ke LA Bird Mastering berumur dikisaran 2-3 bulan atau usia trotolan. Ditangani para perawat handal, masing-masing burung ditempatkan dibeberapa ruangan dengan dilengkapi aneka jenis burung masteran.

Untuk perawatan harian anak-anak burung yang dididik di LA Bird Mastering dibantu 3 orang kru yang dikoordinir Doki. Mulai pemberian ekstrafooding secara kontinyu dengan setingan standar.

Perawatan harian

Mereka, yang merawat memang ahlinya dalam menangani burung murai batu. Kebutuhan  pakan mulai voer,  kroto segar bersih, jangkrik dan kebutuhan vitamin lainnya diganti setiap harinya, sehingga kesehatan burung terjaga.

Anak-anak burung juga sudah diajari masuk keramba dan belajar mandi sendiri didalam bak  mandi. Selain itu jemur sepintas dilakukan secara rutin.   Setelah lepas trotol burung juga dilatih dan diajari masuk ke kandang umbaran.

Ruangan bersih dan resik

“Disini anak-anak burung wajib belajar mandi sendiri, jadi nanti pemiliknya tidak perlu repot lagi mengajari mandinya, juga  sudah terlatih keluar masuk kandang umbaran,” jelas Doki.

Nama Mr Hendra SGN, pemilik LA Bird Mastering selama ini merupakan salah satu murai batu mania papan atas blok barat dengan sejumlah jawara terbaiknya, seperti Big Show, yang belum lama moncer dieven SMM Kediri, Ketu, Simbah Sujud, Rimba Sakti, Kapten Amerika, Kombes dan lainnya.

Dilengkapi Masteran

Tidak hanya eksis dilapangan sebagai player, sejak setahun silam kemudian dia juga sukses menternak sejumlah burung-burung terbaiknya dengan bendera SGN Bird Farm. Saat ini, lebih dari 26 petak kandang penangkaran murai batunya.

Karena menggunakan trah-trah indukan terbaik dan prestasi, produknya laku keras. Meskipun anakannya laris manis, dia juga masih menyimpan sejumlah trotolan lainnya yang kemudian ditempatkan di rumah khusus sebagai sarana pemasterannya.

Sejak itu, sambil memaster anak-anak burung koleksinya, sekalian dibuka jasa pemasteran untuk umum. Sejumlah kolega dan rekannya sesama pemaen murai mulai menitip dan menyekolahkan anakan murai batunya.

Anakan Si Mbah Sujud

Belum genap satu tahun sudah  lebih dari 40 ekor anakan siswa dari beberapa pemain murai  batui ternama disekolahkan disini. Diantaranya ring Bintang Arwana (BA) BF Karawang, Ken Murai Mania, Gani Bali, Trah Kawaguchi, dan lainnya.

Sementara lulusan di pemasteran LA Bird Mastering yang sudah tampil masih koleksi pribadinya, diantaranya ada Kapten Gading, Bongsor dan Ambon. Ketiganya ring SGN yang sudah moncer setelah dididik disini.

Lantas berapa biaya bulanannya setiap ekor siswa selama pemasterannya hingga selesai? Yang jelas sama dengan sekolah-sekolah masteran lainnya. Informasi lengkap LA Bird Mastering, Doki WA 081398142420. *agrobur4.

Lanjutkan Membaca

Tips & Trik

Voer Berbahan Rempah Pilihan, Bikin Burung Semangat Berkicau

Published

on

By

Voer merupakan salah satu kebutuhan utama bagi burung ocehan seperti Murai Batu, Cendet, Kacer Dll. Belakangan ini banyak sekali beredar di pasaran dengan berbagai macam merek. Baik itu produksi pabrik ataupun rumahan, tentunya tiap produk hadir dengan kualitas serta kandungan gizi yang cukup baik di dalamnya, seperti Well Good salah satu produk pendatang baru yang cukup diminati akhir akhir ini.

Voer Well Good. Taste Good

Selain berbahan dasar rempah rempah alami dengan kandungan protein sebesar 19%, Voer dengan lebel Well Good inipun sangat cocok dan baik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bagi burung kesayangan anda. Terbuat dari bahan bahan pilihan dengan kwalitas tinggi dengan perpaduan rempah rempah terbaik ini akan membuat burung anda makin semangat untuk berkicau.

Vit Well Done. Tingkatkan Stamina Burung Lomba.

Hal yang sering terjadi setelah mengkomsumsi Well Good secara rutin, biasanya burung akan cenderung mengurangi konsumsi EF nya baik itu berupa jangkrik ataupun ulat, hal itu terjadi karena asupan gizi yang dibutuhkan oleh burung sudah terpenuhi, selain itu Voer inipun juga berkhasiat untuk mengurangi tingket stress bagi burung kesayangan kita.

Voer Well Good. Packing Rapi Siap Dipasarkan

Menurut Welly D Champ atau yang akrab disapa dengan WW, sebelum edar dipasaran Well Good sudah melalui berbagai riset dan sudah ia buktikan di beberapa gaco miliknya termasuk Wort It salah satu gaco andalannya yang selalu tampil prima dan sukses menempati podium juara dibeberapa gelaran lomba bergengsi macam SMM.

Setelah rutin mengkonsumsi Well Good konsumsi EF yang biasa 5 ekor berkurang menjadi 3 ekor, tak hanya itu, burung terlihat lebih fit dan prima dengan bulu yang tampak mengkilat, mengingat kandungan minyak ikan yang terdapat di Well Good juga berperan sangat penting bagi bulu burung.

Tak hanya Voer, vitamin juga tampak berperan penting untuk burung kesayangan kita, salah satunya Vit Well Done yang di jual satu paket bareng voer Well Good. Kenapa harus Vit Well Done karena Vitamin ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan stamina apa lagi untuk burung lomba yang pastinya akan memerlukan energy lebih banyak, selain itu kandungan rempah rempah yang digunakan juga akan membuat burung lebih mudah on fire dalam segala cuaca ungkap Welly.

Penasaran dengan kandungan nutrisi dan khasiat Voer Well Good serta Vitamin Well Done, anda bisa langsung hubungi Arif Ambon : 0821-5290-4311, Britney dengan no Wa : 0851-0701-3388, Hadi Aves : 0813-3018-6666 dan Yuliandro di nomer : 0878-4019-5222

Lanjutkan Membaca

Tips & Trik

Murai Batu Jet Lee Milik Andri Pamulang, Stabil Prestasinya, Inilah Kunci Rawatannya

Published

on

Murai Batu Jet Lee Andri Pamulang
Andri Herrusta BF bersama Jet Lee

Nama murai batu Jet Lee kembali melejit dipentas lomba burung Jabodetabek. Kali ini dalam even Laskar Enterprise dengan juri Ronggolawe di Pasar Segar, Depok Minggu (11/4).  Padahal pekan sebelumnya dia juga sukses mengemas gelar juara pertama dikelas utama dalam even Imam Gendut Cup, Adam Enterprise BnR Tangsel.

Bukti kalau burung murai batu Jet Lee milik Andri dari Herrusta BF ini memang stabil prestasinya. Boleh dibilang Jet Lee tak lain burung terbaru kolkesi Andri. Belum genap sebulan ditangannya burung tersebut sudah banyak mendulang gelar juara.

Dengan ciri khasnya, gaya mainnya 4 titik saat dikepung  lawan-lawan sekelilingnya. Dengan kualitas  materi isiannya yang lengkap mulai lagu-lagu kecil hingga tonjolan kasar-kasar dan tembakan panjangnya. “Pokoknya semua suara burung isian ada di Jet Lee,” ujar Bobby perawatnya.

Rayakan kemenangan Jet Lee di Depok

Bagaimana perawatannya? Ternyata sederhana, standar dan tidak ribet.  Menurutnya burung tersebut tidak perlu rawatan khusus. Bahkan kesehariannya cukup dikandang harian tanpa umbaran.

Perawatan rutin harian, pagi buka krodong sambil dianginkan sebelum dijemur selain voer diberi esktrafooding jangkrik cukup 5 ekor tanpa kroto. “Kroto diberikan sehari mau lomba aja,” jelas  Bobby salah satu perawatnya.

Jemur secukupnya,  dingainkan tanpa perlu masuk keramba mandi. Karena mandi kesehariannya cukup di cepuk yang disediakan di kandang hariannya. “Perawatannya sederhana,” kata sang perawat.

Untuk saat ini Jet Lee masih menjadi andalan utama Andri yang juga sudah sukses sebagai breeder murai batu.  Dan burung ini dipersiapkannya digelaran-gelaran besar di Jabodetabek dan sekitarnya. *agrobur4.

Lanjutkan Membaca
Advertisement banner

Copyright © 2019 Media Agrobur. Powered by agrobur.