Connect with us

Ternak

Anakan Mahesa BSF makin Berkibar di Arena, Ditreatment Guru Master dari Ngeloloh

KONBUR Tayang

:

de
Cok Agung, sang pemilik Mahesa BSF

OBSESI dari seorang peternak murai batu yang berlatar belakang pemain sejati di arena lomba, selalu berharap anakan yang diretaskan mesti mampu menunjukkan kepiawaian bertarung di arena. Karena itu, Cok Agung, sang pemilik Mahesa BSF begitu selektif memilih materi indukan, hingga mentreatment anakan dari ngeloloh hingga trotolan dengan puluhan guru master.

‘’Anakan burung jawara yang cerdas jika sejak diloloh sudah mendengarkan suara master maka ketika dewasa lagu-lagu master itu akan melekat dan menjadi materi lagu ketiga bertemu lawan di arena. Sebaliknya jika anakan yang cerdas sejak diloloh tidak pernah mendengarkan suara master maka ketika dewasa cenderung akan membawakan lagu monoton,’’ terang Cok Agung Ubud ketika Agrobur menyambangi home base Mahesa BSF di Puri Pejengaji Tegallalang Ubud Gianyar, Bali.

Cok Agung, kandang murai batu dengan materi pejantan eks jawara dan betina trah jawara nasional

Itulah kenapa Cok Agung yang berkolaborasi dengan Mr. Baim BSF Bali selain begitu ketat memilih pejantan yang rata-rata mantan jawara di arena seperti Anoman, Bansos, Fabregas, Road Glade dll yang jumlahnya 25 pejantan dengan betina trah-trah jawara nasional, juga begitu fokus mentreatment anakan sejak diloloh hingga siap berpindah tangan. Karena, bagi Cok Agung, anakan Mahesa BSF sebelum berpindah ke pemain mesti ‘’bersekolah’’ dulu dengan guru-guru masternya.

Ada puluhan master yang menjadi guru lagu dari anakan Mahesa BSF, di antaranya cucak cungkok, konin, rambatan, gereja, kinoi, kapas tembak, cucak jenggot, kenari, sokok ontong, cucak ranti, platuk, tengkek buto, murai air, love bird, cendet, jalak suren bersuara cililin, selain ada master cililin dari sonic karena cicilin sulit hidup di daerah dingin. Master-master ini dikelompokkan di empat lokasi yang berjauhan.

Anakan trotolan ditreatment guru master

Anakan yang baru disapih diisolasi di ruang khusus hanya mendengarkan lagu-lagu dari suara sonix. Ketika sudah bisa makan mandiri di dalam sangkar, anakan yang seumuran mulai digandeng dengan master dalam satu lokasi. Dua anakan trotolan ditempel 2-3 master yang memiliki karakter suara ketukan yang lambat seperti rambatan, kinoi dan juga konin.

Ketika sudah mulai lepas trotol maka anakan dipindahkan di lokasi beberapa master dengan ketukan yang lebih cepat seperti platuk, cucak jenggot, kapas tembak, kenari, love bird, cililin dll. Begitu seterusnya anakan berpindah dari satu lokasi master ke lokasi master berikutnya.

Trotolan murai baru berpindah lokasi dengan tipikal master yang berbeda

Selain itu, treatment yang dilakukan di Mahesa BSF tidak pernah memancing anakan untuk berbunyi, terlebih lagi menggandeng sekedar melatih atau ngetes lagu. Hal ini dihindari agar tidak merusak pertumbuhan bulu. Bahkan, Cok Agung selalu wanti-wanti mengingatkan rekan yang meminang anakan Mahesa BSF untuk bersabar sejenak sampai bulu ekor benar-benar mentok baru dilatih ke lapangan.

Lagu master dengan tempo ketukan lebih cepat ditempel trotolan yang lebih tua

Namun anakan Mahesa BSF jarang sekali sampai lepas trotol bertahan di rumah. Karena rata-rata masih kondisi trotolan sudah dipinang penggemar murai batu. Tidak saja di lingkungan Ubud juga daerah lain bahkan tidak sedikit dipinang kicau mania Jawa.

Dari beberapa testimoni yang sudah merasakan sensasi bongkar lagu anakan Mahesa BSF, di antaranya juri (korlap) salah satu EO tertua di Bali yang sudah meminang empat ekor, tiga di antaranya moncer di arena. Belum lagi murai mania yang lain yang sudah membuktikan anakan Mahesa BSF yang juga saat transaksi seringkali diunggah di akun FB Mahesa Bird Farm.

Sengaja disimpan, dibuka langsung garang di depan agrobur

Mr. Baim yang sempat singgah di sela touring Harley Davidsonnya beberapa waktu lalu, mengaku salut dengan Cok Agung yang selain penghobi lomba juga menekuni ternak murai yang mampu menelorkan anakan-anakan yang bisa dipakai lomba. Langkah ini, kata Ketua PBI Cabang Denpasar ini, akan membantu pelestarian dimana masyarakat penghobi tidak perlu menangkap burung di alam dan cukup memanfaatkan hasil penangkaran.

‘’Inilah yang sesungguhnya haparan saya salama ini sebagai pemain ingin banyak muncul peternak yang andal yang mampu mengalihkan perhatian masyarakat untuk menangkap burung di alam. Selamat buat Mahesa, dan BSF siap mensupport terus,’’ ujar Mr. Baim. (gde)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ternak

Krespo BF Serang-Banten: Cetak Trotolan dan Pastol Murai Batu Istimewa Dari Trah Unggulan

Published

on

Bang Ucok Krespo BF

Hobi menggantang burung ke lapangan dan beternak murai batu bagi Bang Ucok pemilik Krespo BF, Serang Banten harus selaras dan seimbang. Karena kebanggaan  bagi seorang pemain burung murai batu adalah ketika dia sukses mengantarkan hasil ternakannya ketangga juara.

Tim Krespo BF Kompak dilapangan

Menampilkan burung hasil ternakan sendiri hingga prestasi merupakan obsesi Bang Ucok saat dia mengawali hobinya diburung. Untuk itu, sejak setahun lalu, bersamaan dimasa pandemi covid, karena aktivitasnya ke lomba terbatas,  dia lebih banyak di rumah  dan mulai mengembangkan budidaya penangkaran murai batunya.

Trotolan unggulan

Materi indukan pejantannya, tak lain burung-burung jawara unggulan andalannya yang selama ini dimainkannya di lomba diantaranya Marco, Raden, Demang, BJ dan lainnya. Bahkan, murai batu BJ sebelumnya adalah jagoan koleksi Babe Cucun dari B2C SF Jakarta.

Trotolan  Produk Krespo

Kandang ternaknya memang tidak sebanyak seperti para peternak murai pada umumnya, hanya 5 petak kandang. Baginya, sedikit yang penting fokus dan hasilnya berkualitas. Karena dalam beternak dia memang tidka mengejar kuantitas alias jumlahnya, tapi pencapaian kualitasnya.

Seperti targetnya, menghasilkan anakan-anakan terbaik dimasa depan. Oleh karena itu, meskipun trotolan dan pastolnya sudah semakin banyak, dia belum berniat untuk menjualnya. “Masih dicoba buat mainan sendiri,” ungkapnya.

Trotolan Krespo BF  Trah juara

Selain pejantan unggulan, indukan betinanya pun pilihan. Sebagian besar indukan-indukan betina berasal dari trah-trah peternak ternama, salah satu diantaranya Betina trah Jaguar dari Arco BF Serang, selain itu juga ada betina yang mengalir darah Begal dari SWD Klaten. Dan, juga  masih ada turunan Pelor Mas dari H Nendra Jakarta serta materi dari Mutiara BF Cileungsi.

Trotolan dalam pemasteran

Anakan burung-burung yang diternaknya, dibiarkan secara alami diasuh oleh indukannya hingga anakan sudah bisa mandiri diusia 25 hari hingga 30 hari. Dengan begitu kualitas anakan juga lebih bagus karena diasuh langsung oleh indukannya. Produknya mengunakan Ring Krespo BF dan APBN. Sekarang 2 ekor anakan trotolannya sedang “menimba ilmu” di V3 Bird School Mastering milik Rizal Serang Banten. *agrobur4.

Lanjutkan Membaca

Ternak

Andromeda BF Tangerang Selatan: Mengembangkan Indukan Murai Batu Trah Juara dan Ekor Panjang

Published

on

Steve Bersama Anakan Paroduk Penangkarannya

Saat ini sudah banyak penggemar maupun pemain lomba yang sukses budidaya penangkaran murai batu. Steve Vay RMI pemilik Andromeda Bird Farm salah satunya. Kicaumania dari Pamulang Tangerang Selatan ini, sudah sejak lama sukses mengembangkan penangkaran murai batu trah juara dan ekor panjang. Berikutnya ini gallery foto-foto indukan dan anakan-anakan terbaiknya.

Siap Mengawal Kedua Gaconya Ke Lapangan

Selain aktif ke lapangan dengan sederet murai batu andalannya. Steve juga mengembangkan peternakan murai batunya. Penangkarannya dimulai sejak tahun 2018. Tidak berlangsung lama, dia kena musibah, kebobolan, burungnya digondol maling tepatnya April 2019.

Panen dikandang Ternak

Tidak patah semangat, dia kembali eksis, kemudian mulai awal tahun 2020 dia mulai bangkit lagi. Materi-materi indukan yang diternaknya lebih bagus lagi.  Sampai saat ini, jumlah kandangnya memang tidak banyak hanya 8 petak kandang, khusus burung-burung trah juara dan ekor panjang. Sedikit yang penting menghasilkan anakan berkualitas.

Pasangan Blorok Siap Masuk Kandang terna

Ada 2 gaco handalnya saat ini yang sudah mencetak prestasi di arena lomba, yakni Metropolis dan Black Mortal keduanya merupakan andalan utamanya diatas gantangan bila turun ke lapangan.

Trah Ekor Panjang Pilihan

Bahkan Metropolis yang berkode ring APBN dan BnR ini tak lain hasil produksi ternakannya sendiri. Prestasinya sudah banyak disejumlah gelaran penting khususnya di Jabodetabek dan sekitarnya.

Indukan Jantan Unggulan

Setiap periode tertentu Steve selalu mengganti materi indukan-indukan terbaik dan terbaru  dengan tujuan meningkatkan kualitas produksinya. Kini, indukan-indukan jantan maupun betina Andromeda BF sebagian diantaranya sudah berganti materi-materi, tidak hanya berkualitas tapi juga jenis ekor panjang.

Panen Anakan

Beberapa diantaranya indukan dikandang ternaknya saat ini diisi indukan jantan berekor 27 cm x  betina 17 cm, 26 x 16 cm, 25 cm  x 15 cm, 24 cm x 14 cm dan 22 cm  x 14 cm.

Selain itu juga ada pejantan  Blorok Extrim  20 cm  x  betina Blorok Extrim  12  cm. Sementara, indukan-inudukan lainnya ekor standart tapi semuanya dari trah prestasi, burung orbitan sendiri diantaranya Dewa Ruci x RMC, Red Bul x RMC. Juga ada 17 F1 Larwo X 13 ( Ring RMC).

Trotolan Trah Dewa Ruci Jr

Karena anakannya terlahir dari indukan-indukan unggulan produknya juga laris manis. Pihaknya memang hanya menjual anakan atau usia trotolan. Ada juga lepas trotolan atau remaja dengan panjang 26 cm.

Semua trotolan yang keluar dari Andromeda BF sudah ada dasar lagu yang mumpuni karena Semua full master Burung hidup dan Elektronik , ga perlu sekolah maatering lagi.

Untuk pemesanan, itupun peminat harus bersabar antri menunggu giliran dan harus inden terlebih dahulu di nomor WA 081296664166. “Stok jantannya habis, harus pesan dulu,” ungkapnya diakhir obrolannya. *agrobur4.

Lanjutkan Membaca

Ternak

Mr Andri Raya BF-Breeder Murai Batu Bekasi: Prestasi Dilapangan, Sukses Di Kandang Ternak

Published

on

Mr Andri Hadi Gumilar

Hobi sebagai pemain dilapangan lomba dengan beternak (breeding) murai batu bagi Mr Andri  Hadi Gumilar harus selaras dan seimbang. Dari sejumlah burung gaconya tidak hanya prestasi diatas gantangan saat dimainkan ke lapangan, tapi dia juga sukses mengembangkannya lewat budidaya penangkaran. Berikut ini kisah suksesnya.

Murai Batu Kodrat

Mr Andri sejak muda menekuni hobinya diburung kicauan, khususya murai batu. Dimulai dengan bergabung bersama rekan seniornnya, Om Raya di Raya SF Bekasi. Bersama  Raya SF  namanya terus berkibar dengan seabrek prestasi burung amunisinya.

Murai Batu JM

Beberapa koleksi murai batunya saat ini ada JM, Kodrat, Kamerun dan lainnya. Rekam jejak prestasi ketiganya sudah tak terhingga. Khususnya Kamerun, murai batu ekor hitam yang  selalu naik podium juara, yang akhirnya dia take-overnya dari Om Raya.

Murai Batu Kamerun

Sedangkan murai batu JM pernah prestasi dieven Royal Cup, Jenderal Urip Cup, BnR Mutiara dan gelaran-gelaran bergengsi lainnya. Pun halnya dengan murai batu Kodrat, prestasinya juga tak kalah mengkilapnya, diantaranya di MJA Cup, BnR Vaganza, Jambu Cup Bekasi

Kamerun Jr

Nama Kodrat juga memang burung istimewa,  gayanya yang ngeshow kekinian, macul serta sujud sambil bawa materi lagu isiannya yang komplet, diselingi tembakan panjang-panjangnya. Aksi hebatnya  diatas gantangan acapkali jadi tontonan serta menarik perhatian juri dan penonton.

Camp Raya BF dengan

Tahun 2014 Mulai Ternak

Aktivitasnya dilomba memang tak pernah kendor. Selain aktif ke lapangan, kemudian sejak tahun 2014 dia juga mulai mencoba merintis bidang penangkaran murai batu. Kala itu dia menternakan sejumlah burung-burung jagoannya yang kerap moncer di lapangan, diantaranya Kodrat, JM, Kamerun dan lainnya.

Produk Raya BF

Trah-trah unggulan terbaik ini yang membuat produknya banyak diminati dan laris manis. Anakan trotolannya laku keras diburu kalangan murai mania Jabodetabek maupun luar kota. Tidak kurang dari 12 petak kandang pasangan murai batu produksi dikediamannya di kawasan Bekasi (WA 085710479996). Anak-anakannya menggunakan kode Ring Raya BF dan APBN.

Panen Anakan

Ya, buat Mr Andri menangkar murai itu harus total dengan materi indukan terbaik. Indukan pejantannya haruslah  burung unggulan yang prestasi digantangan dipasangkan dengan indukan-indukan betina pilihan dari trah peternak ternama. Agar kelak nantinya, menghasilkan anakan-anakan burung berkualitas unggul. Seperti yang sudah dibuktikannya saat ini. *agrobur4.

Mr Andri  bersama rekan Saat Juara

Lanjutkan Membaca
Advertisement banner

Copyright © 2019 Media Agrobur. Powered by agrobur.