Connect with us

Ternak

Arco-Kapuk BF Serang Banten: Banyak Mencetak Murai Batu Hebat, Ini Dia Kiat Suksesnya

KONBUR Tayang

:

Breeding Murai Batu Arco-Kapuk BF Serang Banten,
ARCO-KAPUK BF. Sering mencetak jago-jago murai batu hebat

Satu dekade eksis sebagai penangkar murai batu dengan kualitas produk terbaik ini yang terus dipertahankan Arco-Kapuk Bird Farm, Serang Banten. Produknya tetap bertahan sebagai salah satu penangkar ternama dengan produk terbaiknya.

Sudah banyak burung hebat berkode ring Arco-Kapuk BF merajai ditangga jawara diberbagai even khususnya di Jabodetabek dan sekitarnya. Penangkaran yang didirikan Darlian sejak sepuluh tahun silam ini sudah sejak lama  mendominasi urutan juara di lapangan lomba khususnya dimurai batu ring.

Breeding Murai Batu Arco-Kapuk BF Serang Banten,
Darlian bersama keluarga di depan kandang ternak

Arco-Kapuk BF juga sempat menjadi barometernya penangkaran murai batu terutama wilayah blok barat. Penangkarannya diawalinya hanya menangkar beberapa pasang indukan saja, menggunakan kandang sederhana disamping kediamannya di Jalan. Baladika I, Kp. Guruguy (Belakang Masjid) Rt 01/01, Taktakan, Serang Barat, Banten. (WA 089694022889).

Seiring perjalananan waktu  namanya terus mencuat, terutama sejak beberapa anakannya tampil juara dikalangan pelanggannya. Arco BF pun semakin berkibar sejak Edy Kapuk, kicaumania asal Jakarta Barat turut bergabung yang kemudian mereka berkongsi mengembangkannya menjadi Arco-Kapuk BF.

 Sejak produknya banyak yang tampil di lomba, permintaan terus mengalir deras.  Untuk memenuhi permintaan pasar yang semakin tinggi, diapun menambah materi indukan-indukan terutama pejantan unggulan. Dia juga bekerjasama dengan Edy Kapuk Jakarta. Kebetulan Edy Kapuk saat itu aktif sebagai pemain lomba dan memiliki koleksi murai batu jawara. Sebagian indukan kami menggunakan pejantan juara dari Edy Kapuk.

Breeding Murai Batu Arco-Kapuk BF Serang Banten,
Anakan Trotolan Pilihan

Basic materi indukan pejantennya beberapa diantara indukan pejantan yang ada di Arco-Kapuk BF diantaranya nama-nama Golden Boy, Raja Rimba, Teroris, Mataram, Kudeta, Kaisar, Matahari, Angry Bird, Neymar, Zeus, Jaguar, Siliwangi, Jarum dan lain-lainnya. Sebagian pejantan itu lama indukan, dan sudah banyak menghasilkan anakan juara.

Di atas lahan lebih dari 2000m2 kandang ternaknya berdiri megah, diisi  lebih dari 50 pasang indukan produktif. Anakan yang sudah dihasilkan hinga saat ini sudah mencapai ring yang ke 1.500 sejak sepuluh tahun silam dia memulai ternak. Bagi para peminat  harus rela antri untuk inden anakannya.

Kiat Suksesanya

Apa saja kiat suksesnya, yang membuat produknya banyak  moncer di lapangan sehingga banyak diminati? Menurutnya, kunci seorang peternak, harus pandai memilih calon indukan betina dan jantan yang berkualitas. Dan yang terpenting seorang peternak juga harus sabar, tekun dan inovatif. Alasannya, dengan ketiga kriteria tersebut biasanya akan selalu eksis.

Selain itu baginya pelayanan kepada pelanggannya juga menjadi salah satu faktornya.  Untuk itu dia juga tidak segan-segan berbagi ilmu dari hasil pengalamannya sebagai peternak kepada calon pembeli atau peternak pemula. Jadi pembeli tidak hanya mendapatkan burung berkualitas, tapi juga dibekali ilmu yang lengkap tentang teknis breeding dan perawatannya.

Breeding Murai Batu Arco-Kapuk BF Serang Banten,
Anakan dalam masa pembesaran disendirikan dan dikerodong

Misalnya, dia kerap mengingatkan bila ingin menangkar murai batu salah satu kuncinya ya materi indukannya, terutama indukan betina. Jadi tidak hanya cukup mengandalkan indukan pejantan hebat saja, tapi pemilihan calon pasangan indukan betina juga harus diperhatikan, terutama indukan betina dari dari peternak yang menggunakan trah pilihan. Kalau seorang peternak sudah memiliki calon induk pejantan bagus, harus pilihkan calon pasangan indukan betina pilihan yang berkualitas juga.  “Sehingga anakan yang dihasilkan nantinya sesuai harapan, hasilnya berkualitas,” katanya.

Dengan indukan betina pilihan dari peternak, akan mengalir darah dari trah jawara pada anak-anakannya. Hasilnya, dan terbukti di Arco-Kapuk BF, idnukan betinanya lebih banyak menggunakan indukan hasil ternakan sendiri alias trah Arco BF. Ini yang membuat anak-anakannya berkualitas bagus.

Bahkan tidak hanya di kota Banten saja,produknya juga banyak yang moncer di Jabodetabek hingga Jawa Tengah dan Jawa Timur bahkan Sumatera dna kota-kota besar tanah air.

Breeding Murai Batu Arco-Kapuk BF Serang Banten,
Pasca Panen Anakan

Selain itu, agar menghasilkan anakan-anakan terbaik, regenerasi indukan terus dlakukan dengan mengganti materi-materi terbaru. Sementara indukan lama istirahat sambil menunggu masa mabung, indukan baru dimasukan, dengan cara bergiliran. Setidaknya, dalam satu kandangnya dia harus menyiapkan 5 ekor calon indukan betina untuk 1 ekor pejantan. Dalam produksnya nanti secara bergiliran. Setelah 3 kali produksi indukan betina diistirahatkan, diganti dengan betina yang lain.

Calon indukan betina yang dipersiapkan untuk dijadikan induk diusahakan burung sudah memasuki umur diatas 1 tahun.  Sedangkan indukan pejantan sudah menginjak di atas umur 2 tahun. Dari pengalamannya, kalau indukannya dibawah umur tersebut hasilnya kurang maksimal.

Penangkaran di Arco biasanya memanen anakan sejak umur 1 minggu, pasca panen  dibesarkan diloloh perawat ditempatkan di bok inkubator penghangat.  Memasuki usia di atas 1 bulan anakan trotolan dipisah di sangkar masing-masing dengan cara ditutup menggunakan krodong dalam kesehariannya sekalian dimaster. Selama masa ini anakan sudah diperkenalkan dengan suara masteran dasar, yakni isian celilin, tengkek, lovebird dan lainnya. Memasuki umur 2-3 bulan sudah bisa diambil pemesannya. *agrobur.

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.